10 Istilah dalam Asuransi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui 

Asuransi merupakan bagian penting yang harus dimilikinya oleh sebagian masyarakat, pentingnya asuransi tergantung pada apa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pihak asuransi kepada para nasabah. Salah satu produk asuransi yang banyak dipakai adalah asuransi kesehatan. 

Tetapi banyak yang belum mengetahui istilah dari asuransi padahal istilah tersebut sangat penting untuk diketahui. Nah ini dia 10 istilah dalam asuransi kesehatan yang harus kamu ketahui. 

1. Polis Dalam Asuransi

Dalam berbagai jenis asuransi yang ada seperti misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan lain sebagainya mungkin kamu tidak akan asing lagi dengan polis dalam asuransi. Polis ini merupakan kontrak kerja sama yang disepakati oleh nasabah sebagai pemegang dari polis atau kontrak tersebut dengan pihak asuransi yang menyediakan produk asuransi kepada nasabah. Karena polis ini bersifat penting maka kamu harus menyimpan nya sebaik mungkin. 

Polis ini berisi tentang dokumen penting, perjanjian antara nasabah dan pihak asuransi dan berbagai kekuatan hukum yang mendukung asuransi tersebut. Kamu akan membutuhkan polis ini untuk mengetahui semua hal termasuk manfaat, kesepakatan dan untuk klaim asuransi. 

2. Premi Dalam Asuransi

Selain polis, istilah yang sangat penting sekali kamu ketahui dalam dunia asuransi adalah premi. Premi sendiri berarti sejumlah nominal yang harus dibayar setiap bulan atau setiap waktu kesepakatan oleh pihak nasabah sebagai pemegang polis agar mendapatkan sejumlah fasilitas atau perlindungan dari pihak penyedia asuransi. Premi yang dibayarkan oleh setiap nasabah juga akan berbeda sesuai dengan tingkat keamanan yang didapatkan oleh pihak nasabah. 

Maka dari itu penting sekali bagi nasabah untuk senantiasa membayarkan premi setiap waktu yang ditentukan agar keamanan yang di dapat juga lebih maksimal. 

3. Tertanggung Dalam Asuransi

Setelah istilah polis dan premi dalam asuransi ada juga istilah lain yang penting untuk kamu ketahui, yaitu tertanggung dalam asuransi. Tertanggung ini merupakan istilah yang diberikan kepada seseorang yang nantinya akan mendapatkan uang kerugian jika pemegang polis mengalami kecelakaan atau meninggal Dunia. Tetapi harus kamu perhatikan dengan baik, bahwa tertanggung dengan pemegang polis merupakan dua hal yang berbeda. 

Jika tertanggung dalam asuransi jiwa adalah keluarga yang ditinggalkan oleh pemegang polis setelah meninggal dan namanya dituliskan dalam asuransi. Sedangkan tertanggung dalam asuransi kesehatan yang berhak mendapatkan uang sebagai tertanggung adalah kamu sebagai pemegang polis dan keluarga kamu yang ditulis dalam asuransi. 

4. Manfaat Dalam Asuransi

Manfaat dalam asuransi merupakan keterangan yang sangat jelas diberikan kepada pemilik polis atau nasabah oleh pihak asuransi. Biasanya manfaat asuransi ini akan tertera pada buku polis yang sudah disepakati sebelum nya. Manfaat dalam asuransi ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kamu ketahui bahkan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi. 

5. Klaim Dalam Asuransi

Klaim dalam istilah asuransi yaitu hak yang kamu minta kepada penyedia asuransi yang sebelumnya sudah menyanggupi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi hak yang harus didapatkan oleh nasabah ini harus sesuai dengan perjanjian dalam polis. Misalnya jika kamu membeli produk asuransi kesehatan yang isinya bisa membiayai kamu rawat inap dan pengobatan berarti hal itu lah yang bisa kamu klaim. 

6. Biaya Akuisisi Dalam Asuransi

Biaya akuisisi dalam asuransi ini adalah istilah yang merujuk pada pembelian polis asuransi di awal transaksi. Yaitu saat dimana pihak peme asuransi menyerahkan kontrak perjanjian asuransi kepada pihak nasabah yang akan membeli proey asuransi. 

7. Lapse Dalam Asuransi

Lapse dalam asuransi merupakan istilah yang mengharuskan pihak penyedia asuransi membatal seluruh perjanjian asuransi yang disepakati dikarenakan pihak nasabah sudah melewati masa tenggang dalam pembayaran premi yang seharusnya dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. 

8. Cash Value Dalam Asuransi

Cash value dalam asuransi atau yang sering kamu tahu sebagai nilai tunai adalah istilah yang akan didapatkan oleh para nasabah yang memil perjanjian kerja sama untuk mendapatkan uang tunai dalam waktu berkala yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya seperti asuransi pendidikan yang dapat di klaim setiap ajaran baru untuk keperluan pendidikan. 

9. Rider Dalam Asuransi

Rider dalam asuransi merupakan istilah yang bisa muncul ketika pihak nasabah menginginkan nya. Maksimal adalah rider ini merupakan sebutan untuk nasabah yang ingin menambah fasilitas dari fasilitas utama yang sudah ada sebelumnya. 

10. Premium Holiday Dalam Asuransi

Jika kamu ingin berhenti dulu sejenak dalam rutinitas pembayaran premi pada waktu tertentu tanpa harus membuat asuransi kamu hangus, maka kamu bisa menggunakan istilah ini yaitu premium holiday atau cuti dalam membayar premi. 

Nah itu dia 10 istilah dalam asuransi kesehatan yang harus kamu ketahui, semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat.