13 Pilihan Karier dan Situs Kerja untuk Freelance Indonesia

Situs Freelance

Penghasilan dari pekerjaan tetap tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup? Tidak perlu risau karena Anda dapat mencari penghasilan tambahan sebagai freelancer. Kerja freelance dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena fleksibel. Bahkan tak sedikit dari generasi milenial yang memutuskan untuk bekerja sebagai full freelance karena dinilai lebih praktis, tanpa jarak kerja dan efisien waktu.

Jika tertarik, Anda dapat memilih salah satu atau beberapa pilihan karier freelance berikut ini.

  1.     Content Writer

Apakah Anda punya hobi dalam bidang tulis menulis? Jika iya maka manfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang tambahan. Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk mengisi konten social media atau websitenya. Pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja, dan untuk masalah bayaran biasanya dihitung per artikel atau per bulan.

  1.     Editor

Bekerja sebagai editor dapat dilakukan di rumah karena online. Bayarannya cukup besar lho, apalagi jika dapat banyak proyek. Sayangnya masih belum banyak orang tahu bahwa pekerjaan ini sangat menjanjikan bila dijalani dengan sungguh-sungguh.  

  1.     SEO Specialist

Ahli SEO sangat dibutuhkan perusahaan karena dapat membantu mereka bersaing dalam era bisnis digital. Biasanya para pemilik situs web berani membayar mahal agar situsnya mudah terbaca oleh Google dan pengguna internet. Biasanya seorang SEO Specialist akan dibayar sekitar 12 juta rupiah per projek. Jadi, jangan anggap remeh pekerjaan ini.

  1.     Data Entry

Pilihan karier sebagai freelance selanjutnya adala data entry. Pekerjaan ini cukup mudah dilakukan karena hanya diberi tugas menginputkan data ke database melalui form online yang disediakan pihak pemberi kerja. Hanya saja kekurangannya itu bayaran yang tidak terlalu besar.

  1.     Analisis dan Konsultan Bisnis

Mengumpulkan dan menganalisis data dari permasalahan bisnis adalah tugas dari seorang analis dan konsultan bisnis. Anda harus mengidentifikasikan masalah dan memberi solusi agar bisnis ke depan dapat memenuhi target yang diinginkan perusahaan. Dengan tugas tersebut, tentu gaji bagian freelance ini cukup besar.

  1.     Content Creator

Jasa seorang content creator semakin banyak dibutuhkan perusahaan setelah dunia digital berkembang pesat. Bisnis freelance ini biasanya diminati oleh golongan milenial. Apa saja job desc nya? Yakni mengumpulkan data, menemukan ide, serta meriset sebuah konsep yang berkaitan dengan promosi produk atau jasa.

  1.     Social Media Officer

Di tahun 2021 dan beberapa waktu yang akan datang sepertinya pemasaran produk dan jasa akan lebih sering mengarah pada sosial media. Saat ini, pengaruh platform jejaring sosial tersebut sangatlah besar, hampir setiap orang menggunakannya. Contohnya saja Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Keempat sosial media ini paling banyak mempengaruhi hasil penjualan. Maka dari itu, keahlian social media officer sangat dibutuhkan.

  1.     Fotografer

Punya hobi di bidang fotografi? Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan lho. Caranya mudah, ambil foto lalu upload ke situs yang menjualnya. Anda akan diberikan sejumlah uang jika ada yang membelinya.

  1.     Web Designer

Selain SEO Specialist, keahlian dalam mendesain website juga banyak diperlukan saat ini. Anda yang memiliki keahlian dalam penguasaan JavaScript, HTML, dan CSS dapat menekuni karir sebagai web designer di situs freelance Indonesia. Namun ingat, tuntutan pekerjaan ini cukup tinggi, namun itu sepadan dengan bayaran yang diberikan.

  1. Data Scientist

Pekerjaan freelance ini berkaitan dengan angka-angka. Tugas yang diemban seorang data scientist adalah membuat algoritma untuk menemukan data yang relevan, menganalisisnya, kemudian menyajikan informasi akhir dalam bentuk laporan. Gajinya sangat menggiurkan, tidak heran bila banyak yang tertarik menekuni bidang ini.

  1. Translator

Jika menguasai beberapa bahasa tertentu seperti Inggris, Perancis, China, Korea, Jerman, dan sebagainya maka pekerjaan freelance sebagai translator cocok untuk Anda. Pekerjaan ini dapat dilakukan secara fleksibel dengan penghasilan yang bisa diandalkan untuk menyambung hidup. Translator dapat mengembangkan jaringan bisnisnya seluas mungkin di era informasi ini.

  1. Guru Les Privat

Menjadi guru les privat merupakan suatu pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa menguras banyak waktu dan tenaga. Sehingga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang dikerjakan di sela-sela waktu senggang. Biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh para mahasiswa yang berada di semester empat ke atas.

  1. Voice Over

Voice over merupakan salah satu bidang karir yang belakangan ini mengalami peningkatan drastis. Jika dulunya sering dikaitkan dengan serial TV atau film, maka saat ini voice over juga dibutuhkan oleh media audio visual seperti dokumenter, telepon otomatis, hingga buku audio. Anda membutuhkan skill dan jam terbang tinggi untuk menjadi seorang voice over professional.

13 Situs Kerja untuk Freelance Indonesia

Berikut ini daftar situs freelance yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa mencoba salah satunya bila ingin menjadi pekerja freelance:

  1.       Sribulancer
  2.       Fastwork
  3.       Fiverr
  4.       Envato Studio
  5.       Projects.co.id
  6.       Upwork
  7.       Toptal
  8.       Gobann
  9.       99Designs
  10.   Crowded
  11.   PeoplePerHour
  12.   Aquent
  13.   SimplyHired

Sekian informasi tentang 13 pilihan karier dan situs kerja untuk freelance Indonesia. Sekarang Anda dapat segera mencari penghasilan tambahan yang menjanjikan. Semoga sukses, ya.