20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Indonesia

universitas terbaik

Apakah Anda berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Indonesia setelah lulus sekolah menengah atas? Tidak perlu khawatir jika belum memiliki tujuan, karena kami punya daftar 20 kampus terpopuler di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. Tidak hanya perguruan tinggi negeri tapi juga swasta, apa saja?

  1.     Universitas Indonesia

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama kampus satu ini.  Bagaimana tidak, selain populer Universitas Indonesia atau yang singkat dengan UI juga berhasil menjadi kampus terbaik di tanah air. Tidak semua orang bisa berkuliah di UI. Dari ratusan ribu calon mahasiswa yang mendaftar setiap tahunnya, yang diterima hanya 10 ribu saja.

  1.     Universitas Gadjah Mada

Kampus ini ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi salah satu kampus tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak awal periode kemerdekaan. Tentu banyak pelajar ingin kuliah di UGM, melihat rekam jejak kampus yang bagus.

  1.     Institut Teknologi Bandung

Lebih dikenal dengan nama ITB yang selalu diperebutkan banyak pelajar SMA. ITB merupakan salah satu kampus terpopuler di Indonesia yang menyediakan banyak jurusan kuliah. Terkait jalur masuknya, kampus ini membuka seleksi penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

  1.     Universitas Telkom

Seperti pencapaian serta keunggulannya, Universitas Telkom berhasil masuk dalam 10 besar kampus terbaik di Indonesia. Meskipun swasta, kampus ini menyediakan banyak beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Fasilitas kampus juga memadai, mulai dari perpustakaan yang nyaman, internet cepat, hingga punya Career Development Center (CDC) yang mumpuni.

  1.     Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara merupakan kampus swasta Indonesia yang telah diakui secara internasional. Yang kerennya lagi, dalam sepuluh besar perguruan tinggi terpilih, BINUS juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang saat ini menyandang predikat 4 star.

  1.     Universitas Airlangga

Meskipun tidak mudah masuknya, Universitas Airlangga layak dijadikan pilihan pertama. Perguruan tinggi ini sudah menjadi kiblat kemajuan pendidikan di Surabaya karena telah mencetak lulusan terbaik yang menjadi tokoh besar di tanah air. Unair tidak pernah berhenti mencetak prestasi sejak disahkan sebagai perguruan tinggi negeri pada tahun 1951 lalu.

  1.     Universitas Padjajaran Bandung

Universitas yang berdiri pada 11 September 1957 tentunya memiliki keunggulan yang patut dipertimbangkan sebagai tempat kuliah. Bagaimana tidak, kampusnya saja sudah mendapat akreditasi A dan berbagai penghargaan internasional, lho.

  1.     Universitas Sebelas Maret

Satu-satunya universitas negeri di kota Solo. Meskipun tidak sepopuler UGM dan UNAIR, UNS pernah menempati peringkat ke 3 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU.

  1.     Universitas Gunadarma

Nama kampus ini memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena memiliki segudang penghargaan sebagai kampus dengan jurusan ilmu komputer terbaik. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan teknologi, maka tepat memilih kampus ini sebagai tempat menimba ilmu.  

  1. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Semarang. Saat ini Universitas Diponegoro telah mengantongi akreditasi A oleh BAN-PT. Tentu fasilitas yang dimilikinya sangat lengkap, baik untuk menunjang kegiatan akademik maupun non-akademik.

  1. Universitas Islam Indonesia

Ada banyak program studi yang dapat Anda pilih ketika kuliah di UII. Kampus ini menyediakan fasilitas super lengkap dan diketahui punya tenaga pengajar profesional yang ahli di bidangnya.

  1. Universitas Syiah Kuala

Biaya kuliah di Universitas Syiah Kuala relatif rendah. Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas yang menunjang proses perkuliahan dengan bebas. Selain itu, kampus yang ada di Aceh ini juga menyediakan banyak beasiswa.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

UMY termasuk kampus swasta yang memiliki akreditasi dan kualitas terbaik. Di dalamnya ada berbagai jurusan kuliah yang bisa disesuaikan minat dan bakat. UMY juga membantu memperluas koneksi dan jaringan mahasiswa melalui program pertukaran pelajar internasional.

  1. Universitas Hasanuddin

Kampus yang namanya diambil dari nama Sultan Hasanuddin ini masuk daftar 500 kampus terbaik di dunia. Telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT yang membuatnya banyak diperebutkan calon mahasiswa baru.

  1. Universitas Kristen Satya Wacana

Merupakan salah satu kampus swasta yang berada di kota Salatiga dan tertua yang sudah banyak meluluskan orang-orang sukses. UKSW memiliki banyak fakultas yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat Anda.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang guru, maka tepat memilih UPI sebagai tempat kuliah. Fasilitas yang ada sangat menunjang kegiatan mahasiswa di kampus ini. Mulai dari gedung perkuliahan, sampai dengan sarana olahraga.

  1. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma termasuk kampus keguruan terbaik yang telah berhasil menciptakan guru-guru kompeten dan berkualitas. Terdapat 32 program studi yang bisa dipilih, mulai dari S1, S2, hingga S3.

  1. Universitas Muhammadiyah Malang

UMM memiliki segudang prestasi yang menjadikannya sebagai kampus swasta terbaik di Jawa Timur. Biaya kuliah lebih murah dibanding kampus lain dengan peringkat setara.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

UNY memiliki banyak mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia sehingga disebut sebagai kampus multikultural. Para lulusan UNY yang terkenal oleh kualitasnya yang baik, dan tentu ini berkat kerja keras para dosen handal dan berkompeten.

  1. Universitas Andalas

Menurut Kemenristek Dikti tahun 2018, Universitas Andalas termasuk ke dalam 10 kampus terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Terdapat 15 fakultas dan kesemuanya mempunyai kualitas yang baik.