3 Cara Agar Dapat Menabung Dengan Benar

cara menabung

Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya menabung dan berinvestasi dengan cara menyisihkan penghasilannya agar bisa merasakan financial freedom dimasa depan.

Namun, walau begitu. Ternyata dalam penerapannya tidak semudah yang dibayangkan, karena memang membutuhkan kedisiplinan, komitmen dan tekad yang kuat agar berhasil menabung.

3 Cara Untuk Menabung

Seperti yang Anda tahu, bahwa sudah banyak sekali ajakan menabung untuk masa depan yang lebih baik pada iklan-iklan milik lembaga keuangan di Indonesia. Bahkan bila Anda ingat, dulu juga ada satu lagu anak-anak tentang menabung.

Terus bagaimana caranya agar bisa menabung secara rutin? Mari simak 3 cara di bawah ini :

1. Buatlah perencanaan untuk menabung

Agar kegiatan menabung sukses, Anda harus membuat perencanaan terlebih dahulu secara detail. Tujuan pembuatan rencana ini lebih kepada, mengetahui digunakan untuk apa saja uang pendapatan yang Anda miliki tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui kemana saja arus uang tersebut, tentunya akan lebih mudah menyisihkan 10% dari pendapatan bulanan Anda untuk di tabung sebagai dana darurat atau untuk tujuan lainnya, misal membeli kendaraan atau rumah.

Normalnya, Anda harus menyisihkan 3x lipat dari pengeluaran bulanan untuk dijadikan sebagai dana darurat. Jadi misalnya dalam sebulan pengeluaran rutin Anda adalah sebesar 2 juta rupiah, maka yang harus ditabung adalah sekitar 6 juta rupiah setiap bulannya.

2. Sisihkan 10% dari penghasilan

Dalam sistem pengelolaan keuangan, budget untuk menabung itu paling kecil adalah 10% dari penghasilan bulanan. Namun, bisa saja lebih besar, misal 20% atau 30% tentu akan lebih baik, tetapi semua itu tetap harus ada perhitungannya.

Karena disini Anda baru akan belajar, maka akan lebih baik dimulai dengan angka terkecil dahulu yaitu 10%. Lakukanlah hal tersebut secara rutin terlebih dulu. Apabila gaji Anda dalam sebulan sebesar 2,8 juta rupiah, maka 10% dari nominal tersebut yang harus disisihkan adalah Rp 280.000.

Lakukan setiap awal Anda menerima gaji, karena bila tidak begitu bisa-bisa Anda tidak jadi menabung. Sebab uangnya telah digunakan untuk hal lainnya.

3. Buka rekening khusus untuk dana darurat

Ada baiknya jika Anda memiliki rekening tersendiri guna dana darurat atau menabung. Jangan dijadikan satu dengan rekening bulanan yang biasa digunakan. Anda bisa memilih jenis tabungan yang tidak dikenakan potongan bulanan.

Misalnya membuka tabungan syariah atau produk tabungan lain seperti TabunganKu. Kedua jenis simpanan tersebut mempunyai nominal setoran awal yang kecil, yaitu 50 ribu rupiah saja. Selain itu membuka rekening akan jauh lebih aman dibandingkan menyimpannya di celengan dan di taruh di rumah.

Anda juga bisa meminta kepada pihak bank, untuk mensetting rekening utama agar secara otomatis mentransfer sejumlah uang dengan nominal tertentu ke rekening tabungan khusus yang Anda miliki tersebut. Jadi, sudah tidak ada alasan bagi Anda untuk lupa menyisihkan uang.

Tips Menabung Supaya Berhasil dan Sukses

Setelah Anda mengetahui cara menabung yang efektif seperti di atas, berikut di bawah ini adalah tips agar kegiatan menabung Anda bisa berhasil dan sukses.

Jangan sampai melebihi anggaran bulanan

Kurangi keinginan untuk nongkrong-nongkrong tidak jelas di kafe atau resto, karena seperti yang Anda tahu. Ketika Anda melakukan kegiatan tersebut, maka uang yang keluar tentu tidak sedikit.

Nah, Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Lakukan tantangan menabung (saving challenge), dimana Anda menantang diri sendiri agar dapat menyisihkan penghasilan bulanan sebesar 20% setiap bulan.
  • Buatlah pengingat, mengapa Anda menabung. Bisa dengan mencatatnya pada sticky note dan ditempel pada plan board atau jadikan wallpaper pada ponsel, supaya Anda selalu ingat.
  • Berkomitmenlah, walau agak susah namun bukannya tidak mungkin. Intinya Anda harus benar-benar memantapkan hati dan memiliki tekad yang kuat.

Hilangkan sifat konsumtif

Cara tercepat agar tabungan Anda bisa segera terkumpul adalah dengan menekan keinginan berbelanja dan nongkrong secara bertahap. Anda harus dapat membedakan mana keinginan dan kebutuhan.

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan, jangan mudah tergoda dengan diskon atau iklan promosi produk apapun. Misalnya gadget keluaran terbaru dengan spesifikasi lebih bagus dari yang sedang Anda pakai. Jika memang smartphone atau laptop Anda masih berfungsi dengan baik, sebaiknya jangan dulu diganti karena memang bukan hal yang urgent.

Mencari penghasilan tambahan

Anda pasti ingin dapat meraih cita-cita setinggi mungkin, namun impian yang besar membutuhkan modal yang tidak sedikit. Karena itu, agar bisa menggapainya Anda harus memiliki penghasilan, tetapi jika pendapatan tersebut tidak mencukupi. Maka, tidak ada salahnya mencari pemasukan tambahan.

Nah, demikianlah 3 cara yang bisa Anda gunakan apabila memiliki niat untuk mulai menabung. Ingat untuk menguatkan tekad dan mulai pahami diri sendiri, apakah Anda memiliki kebiasaan lapar mata dan membeli apapun padahal tidak diperlukan. Jika iya, maka berhentilah melakukan hal tersebut.