3 Manfaat Dari Menabung di Bank

menabung di bank

Kesuksesan Anda itu tidak hanya dilihat dari seberapa besar penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya atau setinggi apa jabatan yang Anda tempati saat ini. Karena terkadang mereka yang mempunyai pendapatan besar serta posisi tinggi juga belum tentu bisa mempertahankannya dan merasakan kenyamanan dalam hidup.

Mengapa? Karena bisa saja mereka mempunyai banyak masalah dalam hal kesehatan finansial. Sesungguhnya sekecil atau sebesar apapun pendapatan Anda setiap bulannya, tetapi masih memiliki urusan dengan yang namanya cicilan atau hutang. Hidup tidak akan pernah nyaman.

Manfaat menabung di bank

Karenanya, sekarang ini banyak orang yang sedang berusaha untuk meraih financial freedom dalam hidupnya. Usaha pertama yang paling direkomendasikan, yaitu menabung. Kegiatan ini memang bisa dilakukan di rumah, namun akan lebih maksimal bila Anda mempercayakannya pada bank.

Menabung memang mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya adalah melatih kesabaran. Anda akan belajar untuk bisa menahan diri supaya tidak membeli produk yang tidak terlalu dibutuhkan. Selain belajar sabar, tentu ada manfaat lain seperti berikut :

1. Mencegah atau mengurangi kebiasaan berhutang

Manfaat pertama adalah mencegah Anda untuk berhutang, karena bila Anda memiliki kecenderungan selalu meminjam entah itu pada keluarga, teman atau lembaga keuangan. Tentu saja ini menjadi beban yang harus Anda tanggung dalam waktu lama.

Jadi, bila memiliki tabungan diharapkan Anda tidak berpikiran untuk berhutang untuk memenuhi kebutuhan atau ketika ingin membeli sesuatu. Anda hanya tinggal menggunakan uang yang ada di tabungan tanpa dibebani hutang.

2. Memiliki dana darurat

Manfaat kedua adalah Anda jadi memiliki dana darurat dengan jumlah yang akan terus bertambah. Seperti yang Anda ketahui bahwa dana ini merupakan salah satu hal penting yang memang harus dimiliki.

Karena dana darurat ini nantinya akan menjadi bantuan penting ketika Anda menemui kendala yang berhubungan dengan keuangan, misalnya seperti kecelakaan, operasi, atau diberhentikan dari pekerjaan.

3. Pantai mengatur keuangan

Manfaat ketiga adalah Anda menjadi pandai dalam mengatur keuangan apalagi bila Anda sudah melakukan hal ini sejak usia muda. Tentunya akan sangat bermanfaat di masa mendatang, dengan menjadi ahli pada bidang ini Anda bisa meraih segala mimpi dan mewujudkan serta bisa mencapai financial freedom.

Keuntungan menabung di bank

Selain manfaat dari menabung, tentunya bila Anda menyimpan uang di bank akan mendapatkan berbagai keuntungan. Berikut di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan :

Dapat memperoleh bunga

Keuntungan pertama, yaitu bisa memperoleh bunga. Bila Anda memilih untuk menabung di celengan atau di bawah tempat tidur, tentunya uang Anda tidak akan bertambah dan malah akan berkurang. Namun, bila Anda memilih untuk menyimpan uang di bank maka berhak mendapatkan bunga.

Namun, perlu diingat bila setiap bank mempunyai peraturan yang berbeda-beda dalam hal besaran bunga. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung bertanya pada pihak bank dimana Anda akan menabung.

Lebih aman

Walau sebenarnya masih banyak orang yang memiliki keraguan ketika menyerahkan uangnya untuk disimpan di bank, namun Anda harus percaya bila bank merupakan tempat penyimpanan teraman bila dibandingkan menyimpan uang di rumah.

Keamanan uang Anda sangat terjamin bila menabung di bank, bahkan bila dibandingkan dulu. Teknologi yang digunakan untuk menjaga uang Anda sudah semakin canggih dan double protection.

Praktis dan mudah

Selanjutnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah praktis dan mudah. Anda tidak akan direpotkan dengan catatan pengeluaran serta tidak harus mengingat seberapa banyak yang disimpan. Karena secara otomatis akan dicatat oleh sistem, apabila Anda ingin mengetahui arus keuangan. Cukup meminta teler untuk mencetak pada buku tabungan.

Alternatif Investasi

Selanjutnya, memilih menyimpan uang di bank juga bisa menjadi alternatif investasi. Untuk jenis ini tabungan yang dipergunakan bukan yang biasanya, namun menggunakan deposito berjangka. Anda bisa memilih akan berapa lama menabungkan uang tersebut.

Untuk deposito berjangka ini, biasanya pihak bank akan menawarkan tempo mulai 3 bulan hingga 2 tahun. Jadi Anda bisa menentukannya sendiri berapa lama ingin menabungkannya, bunga yang didapatkan juga jauh lebih besar dari tabungan biasa.

Hanya saja, bila Anda memilih tabungan deposito. Anda harus mematuhi peraturan yang ada, salah satunya adalah tidak boleh menarik dana sebelum jatuh tempo. Apabila Anda menarik semua tabungan tersebut, nantinya pihak bank akan memberikan penalti atau denda.

Dapat mengambil dana kapan saja

Terakhir, Anda bisa menarik dana tabungan kapan saja dengan memanfaatkan kartu debit yang merupakan fasilitas dari bank. Anda tinggal pergi ke mesin ATM sesuai dengan bank tempat menabung dan menarik sejumlah uang yang dibutuhkan.

Demikianlah informasi mengenai 3 manfaat serta keuntungan bila Anda menabung di bank. Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat diperoleh karena pada dasarnya bank akan selalu memberikan yang terbaik bagi nasabahnya.