4 Jenis Tabungan Umum yang Harus Kamu Pelajari

Penyebab dari stress dan kecemasan tentunya sangat beraneka ragam, salah satunya adalah uang. Padahal, stress dan kecemasan dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan mental maupun fisik. Cara untuk bisa mengurangi kondisi tersebut adalah mempunyai simpanan dana yang cukup dengan cara mengelola keuangan secara benar. Ada 4 macam tabungan yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Tabungan yang wajib dimiliki oleh setiap orang

Jenis-jenis simpanan di bawah ini merupakan tabungan yang memang harus dimiliki oleh siapapun, baik yang berpenghasilan rendah maupun tinggi. Alasan utamanya sudah pasti akan memberikan bantuan kepada Anda, apabila terjadi sesuatu di masa mendatang.

Tabungan untuk dana darurat

Pada umumnya, dana darurat merupakan sejumlah dana dan berfungsi khusus ketika ada kondisi tidak terduga maupun mendesak. Selain itu, dana darurat adalah pos penting di dalam keuangan bulanan Anda, tetapi faktanya memang masih banyak yang lupa atau tidak mampu untuk menyisihkan uangnya untuk menyimpan dana darurat.

Seperti namanya, simpanan ini hanya boleh dipakai ketika Anda berada dalam kondisi yang sifatnya darurat dan tidak dapat diatasi dengan dana pada tabungan biasanya. Apalagi memang tidak ada satupun yang bisa memprediksi kejadian di masa mendatang. Misalnya, kecelakaan, sakit, bencana alam atau terkena PHK.

Karenanya, dana darurat memang seharusnya dimasukkan pada simpanan jangka pendek, tabungan ini juga tidak rentan dengan fluktuasi. Dapat diakses secara mudah dimana dan kapan pun, serta sifatnya likuid yang mana itu berarti bisa dicairkan setiap kali dibutuhkan.

Lalu ada baiknya untuk tidak menyimpan dana darurat ini dalam bentuk investasi, karena untuk mencairkannya tentu tidak bisa sembarangan. Apalagi dalam keadaan yang terdesak, sebab investasi memang ditujukan bagi Anda yang ingin mempunyai tabungan masa depan.

Misalnya seperti deposito, dimana produk ini hanya dapat dicairkan dalam kurun waktu 1 tahun – 2 tahun tergantung kesepakatan Anda dengan pihak bank. Apabila Anda memutuskan untuk menarik dana sebelum waktunya, Anda bisa terkena sanksi dan juga denda.

Fungsi dari dana darurat :

  • Digunakan biaya berobat ketika sakit atau mengalami kecelakaan.
  • Sebagai dana cadangan ketika Anda kehilangan pekerjaan.
  • Dapat digunakan untuk merenovasi atau membenahi aset pribadi, misalnya rumah, kendaraan hingga gadget.
  • Agar tidak berhutang.

Tabungan pensiun atau hari tua

Simpanan ini adalah tabungan yang mempunyai tujuan sebagai dana masa depan dan dapat Anda gunakan ketika sudah tidak lagi bekerja atau pensiun. Lalu sebenarnya kapan saat yang tepat mengumpulkannya? Tabungan pensiun ini memang dikumpulkan selama Anda masih pada usia produksi dan aktif bekerja.

Untuk di negara ini, usia pensiun berdasarkan undang-undang adalah pada umur 57 tahun. Contohnya ketika Anda mulai bekerja di usia 25 tahun, maka waktu yang tersisa bagi Anda untuk mengumpulkan simpanan dana darurat adalah 32 tahun. Walau terkesan lama, sebenarnya waktu 32 tahun itu terbilang singkat untuk Anda mengumpulkannya.

Menurut OJK dari survei yang pernah mereka lakukan di tahun 2016, dari total narasumber yang telah disiapkan hanya sekitar 6,9% dari mereka yang telah mempersiapkan dana pensiun ini. Tentunya jumlah tersebut masih cukup kecil melihat pentingnya simpanan pensiun ini bagi banyak orang.

Fungsi dari simpanan pensiun atau hari tua :

  • Hidup Anda akan menjadi lebih nyaman di masa tua
  • Tidak perlu merasa khawatir akan menjadi beban bagi anak serta cucu
  • Dapat memberikan warisan bagi keluarga, misal anak atau cucu.

Tabungan untuk hal yang tidak rutin dilakukan

Tabungan ini sedikit berbeda dengan dana darurat, walaupun sama-sama tidak pasti akan digunakan tiap bulannya. Namun, simpanan yang satu ini lebih memiliki tujuan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, contohnya untuk berlibur, angpao, THR keponakan, membayar asuransi mobil atau sejenisnya.

Walau kesannya tidak penting, sebenarnya tabungan ini harus Anda miliki. Supaya saat waktu-waktu tersebut datang, Anda telah memiliki anggaran khusus dan tidak perlu menggunakan dana pada pos-pos finansial lainnya. Anda bisa menyisihkannya dari penghasilan bulanan sekitar 10 hingga 15 persen.

Tabungan untuk jangka pendek

Seperti namanya, investasi berjangka pendek adalah sebuah investasi dengan sifat sementara. Karena pada umumnya, investasi jenis ini mempunyai keuntungan serta penarikan dana yang bisa Anda dapatkan dalam jangka waktu lebih cepat.

Dimana keuntungan tersebut adalah contoh yang pada umumnya telah diketahui banyak orang. Dengan melakukan jenis investasi ini, tentunya akan memberikan Anda sebagai seorang investor kemudahan untuk bisa menetapkan waktu berinvestasi.

Untuk waktu yang diberikan oleh jenis investasi ini, berkisar antara 1 bulan sampai dengan 1 tahun. Walau sifatnya hanya sementara, namun pada kenyataannya investasi seperti ini juga tidak menutup kemungkinan bagi investornya memperoleh keuntungan besar, sebagaimana jika bermain pada instrumen lainnya.