4 Langkah dan Cara Buka Rekening Saham

Atur Duit – Simak 4 langkah dan cara buka rekening saham dengan mudah, di sini.

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), membuka rekening saham dapat dilakukan melalui perusahaan sekuritas.

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang memiliki izin dari OJK untuk melakukan jual beli efek berupa saham.

Saat ini, membuka rekening saham di perusahaan sekuritas dapat dilakukan dengan mendatangi kantor sekuritas atau secara online melalui website dan platform online trading milik perusahaan sekuritas.

Apabila anda ingin berinvestasi saham, perlu mencari tahu perusahaan sekuritas atau platfom online trading yang sesuai dengan kebutuhan anda

Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

  • Pertama, legalitas dari perusahaan sekuritas atau platform online trading. Perusahaan sekuritas harus memiliki izin dari OJK dan Bursa Efek Indonesia. Saat ini platform online trading melakukan diversifikasi produk, di mana platform tersebut tidak hanya menjual saham, namun juga reksa dana, obligasi, emas, bahkan kripto. Untuk itu, anda perlu memeriksa legalitas berdasarkan produk yang anda pilih.
  • Kedua, pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Reputasi dapat dilihat dari analis yang kompeten dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Hal ini penting untuk memastikan dana yang anda investasikan dikelola oleh pihak yang tepat.
  • Ketiga, fasilitas/layanan yang ditawarkan seperti proses transaksi, materi edukasi, rekomendasi dan analisis market update. Anda perlu memilih perusahaan yang menawarkan fasilitas/layanan yang dapat mempermudah dalam berinvestasi.
  • Keempat, biaya transaksi, pilihlah perusahaan yang menawarkan banyak fasilitas dengan biaya terendah.

Jika sudah paham perusahaan atau platform yang akan anda pilih, ikuti cara mendaftar rekening saham:

1. Mengisi formulir pembukaan secara lengkap.

Terdapat dua formulir pembukaan yang perlu dilengkapi yaitu, pertama, perlu membuka rekening saham yaitu rekening di perusahaan sekuritas dan juga akan digunakan sebagai data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Kedua, Rekening Dana Nasabah (RDN) yaitu rekening atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham atau instrumen investasi lain di pasar modal. Beberapa sekuritas menyebut RDN sebagai Rekening Dana Investasi (RDI)

2. Menyampaikan kelengkapan dokumen seperti KTP, NPWP (bila ada), bukti kepemilikan rekening tabungan.

Anda juga perlu menyiapkan minimal 2 meterai Rp10.000, jika pembukaan secara online, saldo rekening anda akan terpotong secara otomatis.

Menerima nomor SID (Single Investor Identification) dan nomor RDN. SID merupakan identitas anda dalam berinvestasi, layaknya KTP anda hanya akan memiliki satu SID.

4. Setelah punya RDN anda harus mengisi rekening tersebut untuk membeli saham.

Nominal minimal untuk deposit awal berbeda pada setiap perusahaan sekuritas. Saat ini, deposit minimal dapat dimulai dari Rp100.000

Saat ini membuka rekening saham hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk verifikasi. Demikian penjelasan mengenai cara buka rekening saham.

Itulah 4 langkah dan cara buka rekening saham dengan mudah.***