4 Tips Pemula yang Ingin Investasi ke Pasar Modal

tips investor pemula

Banyak masyarakat mulai melirik dan mencari bentuk investasi yang menguntungkan, harapan agar bisa meraih kebebasan keuangan yang semakin lebih baik kedepannya. Tapi, perlu Anda pahami terlebih dahulu apabila investasi bentuk proses yang panjang dan membutuhkan pengalaman yang jelas supaya mampu bertahan dan mendapatkan profit. 

Jika Anda mengenal dan memperhatikan konsepnya, investasi adalah proyeksi keuangan jangka panjang. Apabila Anda menganggap investasi mendapatkan keuntungan dalam waktu dekat, rasanya Anda harus mulai memahami dan memperhatikannya. Nah, sebelum Anda terjebak dan merasa dirugikan, kami akan beri pemahaman dasar sebelum ke pasar modal. 

Investasi Untuk Pemula

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum langsung investasi ke pasar modal yang lebih luas. Jika Anda tidak ada pengetahuan dan pemahaman terkait dunia investasi, maka perlu untuk mempelajarinya terlebih dahulu agar tidak terjebak dan merasakan kerugian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, simak selengkapnya. 

1. Menentukan dan Memilih Broker Tepat

Jika Anda ingin memulai investasi ke pasar modal, maka pihak yang Anda butuhkan adalah broker. Saat ini memang ada banyak broker yang bisa Anda jadikan sebagai platform atau tempat untuk berinvestasi. Tapi, pastikan Anda mencari dan memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan kedepannya. 

Ada beberapa hal yang harus Anda pertanyakan terlebih dahulu, mulai dari biaya yang harus dikeluarkan ketika proses perdagangan dimulai, jumlah akun yang akan dimiliki, dan tidak lupa melakukan riset terkait broker yang Anda pilih tersebut. Dengan begitu, semuanya harus Anda lihat dan seleksi secara cermat agar menemukan yang tepat dan terpercaya. 

Saran terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai mencari dan melakukan proses broker yang berdasarkan saham online terlebih dahulu. Karena, melalui platform tersebut Anda akan jauh lebih untuk mengenal dan memahaminya, sebab tidak terlalu banyak kurva dan lebih mudah dalam mengertinya secara keseluruhan. 

2. Mencoba Reksa Dana 

Kenapa menyarankan untuk memilih reksa dana? Bentuk investasi satu ini memang memberikan keuntungan yang relatif lebih kompetitif dan resiko yang dihadapi tidak terlalu besar. Untuk mengetahuinya pun relatif mudah, karena tinggal memasukkan dana indeksnya saja dan Anda akan melihat potensi yang dihadirkan.

Secara sederhananya ketika Anda memilih reksa dana adalah proses investasi yang dilakukan kepada banyak pilihan saham yang diinginkan. Secara tidak langsung tindakan tersebut ampuh dalam memberikan keuntungan dan resiko yang muncul tidak terlalu besar. Bahkan, cara tepat untuk diversifikasi walaupun Anda tidak mempunyai cukup modal. 

Bagi Anda yang sudah lama bergelut dalam dunia investasi, reksa dana memang bukan pilihan yang paling menarik. Namun, untuk pemula yang baru masuk ke pasar modal yang besar, rasanya ini pilihan paling tepat dan aman untuk dilakukan. Dibandingkan Anda harus mencari dan mengukurnya secara personal, reksa dana akan memberikan hasil yang jelas. 

3. Skill Skeptis

Jangan terlalu mudah percaya dengan beberapa informasi yang diberikan oleh orang lain atau beberapa buku yang sedang Anda baca terkait dunia investasi. Tentunya Anda harus memandang semuanya secara lebih luas dan lengkap. Utamakan skill skeptis terlebih dahulu, dalam artian untuk mengantisipasi kerugian yang akan terjadi. 

Apabila ini pengalaman pertama kali dalam investasi ke pasar modal, hindari untuk berpikiran akan cepat kaya dan mendapatkan semuanya dengan mudah. Bahkan, untuk memangkas waktu yang ada Anda menggunakan jalan pintas dengan harapan akan membawa keuntungan besar untuk didapatkan, padahal tindakan tersebut hanya mitos belaka. 

Tanamkan dalam diri Anda, kalau investasi itu perkara waktu dan kemampuan. Apabila Anda sudah mempelajari dan merencanakan semuanya akan berdampak hasil yang tepat dan jelas kedepannya. Hindari mencari sesuatu pembenaran dengan harapan cuan besar, tapi hasilnya hanya membuang waktu yang tidak penting dan menghabiskan uang saja.

4. Hindari Emosi yang Mengendalikan Semuanya 

Mungkin Anda akan kaget dengan pasar yang naik turun dan tidak stabil. Sehingga, membuat Anda frustasi dan emosi melihat keadaan yang terjadi. Banyak investor pemula terjebak dan mengalami permasalahan tersebut. Sehingga mengalami kepanikan dan tiba-tiba langsung cutlost yang hanya merugikan dan tidak mendapatkan keuntungan apapun. 

Apabila Anda memahami konsep investasi, rasanya Anda akan menerima banyak keuntungan yang akan diberikan. Jangka waktu yang panjang bagian dari perjalanan yang harus Anda nikmati, hindari untuk panik berlebih. Terutama emosi yang mengendalikan semuanya, karena hanya akan memberikan banyak kerugian. 

Pahami tidak ada yang instan, semuanya harus berdasarkan proses dan perjalanan yang panjang. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu untuk memperhatikannya dan tidak sembarangan dalam bertindak. Hadapi semuanya dan lakukan secara konsisten agar bisa mendapatkan keuntungan dalam investasi. 

 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai tips pemula yang baru terjun dalam dunia investasi, apalagi langsung terjun ke pasar modal.