4 Tips Penting Untuk Pemula Memulai Investasi Reksa Dana

Reksa dana termasuk instrumen investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat, karena memberikan banyak keuntungan dan faktor risiko yang dihadapi tidak begitu besar. Hal inilah yang membuat, reksa dana sendiri benar-benar menjadi pilihan untuk banyak orang. Apalagi di tengah maraknya trend investasi, membuat seseorang mulai tertarik untuk berinvestasi. 

Bahkan, generasi muda pun mulai melirik dan investasi pada bagian reksa dana tersebut. Karena pada prosesnya berbeda dengan saham, namun kamu tetap memperhatikan beberapa bagian agar tidak salah langkah dan mengalami kerugian. Nah, pada tahap ini kami akan menjelaskan mengenai pentingnya tips investasi pada reksa dana, mari kita bahas. 

Memahami dan Mengenal Investasi Reksa Dana 

1. Kenali Jenis Investasinya 

Sebenarnya, reksa dana itu memiliki beberapa jenis yang harus kamu pahami dan ketahui secara menyeluruh. Di Indonesia sendiri ada 4 jenis investasi reksa dana yang sering digunakan dan dilakukan, semuanya berdasarkan pada perhitungan pada keuntungan yang besar dan campuran serta kombinasi dari beberapa kebutuhan yang ada. 

Namun, ada juga yang fokusnya berdasarkan pada penghasilan tetap dan reksa dana pasar uang yang bisa kamu pilih dan tentukan sesuai kebutuhan yang ada. Dalam tahap ini, apabila kamu ingin terhindar dari banyak permasalahan dan risiko yang kecil bisa disesuaikan dari pilihan yang ada tersebut. 

Dengan mengenali jenis investasi yang ada tersebut, membuat kamu akan terhindar dari banyak permasalahan dan bisa kamu sesuaikan. Karena investasi itu berdekatan langsung dengan seseorang yang menjalankannya. Untuk itulah, kamu harus jelas dan tepat dalam melakukannya agar terhindar dari permasalahan. 

2. Memahami Tujuan Investasi 

Langkah berikutnya yang harus kamu pahami mengenai tujuan dalam menjalankan investasi reksa dana tersebut. Hal ini harus kamu tanyakan kepada diri sendiri mengenai kebutuhan dan target yang ingin dicapai dalam memulai investasi pada reksa dana tersebut. Apabila kamu tidak mempunyai tujuan yang jelas, maka bagian ini hanya membuang uangmu saja. 

Bukan hanya itu saja, waktu yang kamu habiskan tidak akan terbayar jika tidak mempunyai dasar dan alasan yang tepat. Semuanya harus jelas dan lengkap, sehingga ketika kamu sudah memulai sudah mendapatkan tujuan dan lebih fokus untuk menjalankannya. Kondisi ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga bisa menerima banyak keuntungan. 

Apalagi memulai investasi reksa dana sendiri ada faktor risiko yang harus dihadapi, sehingga membuat kamu harus menerima dan siap menghadapinya dengan jelas. Jangan sampai kamu tidak mengenal dan hanya ingin keuntungan semata. Oleh karena itu, pastikan semuanya secara menyeluruh dan pahami tujuannya. 

3. Kenali Cara Kerja Reksa Dana 

Sebagai seorang pemula yang baru terjun dalam dunia investasi reksa dana akan sangat lucu apabila kamu sendiri tidak bisa mengenal cara kerja yang ada. Bagian ini hampir sama ketika kamu ingin membeli produk, tapi tanpa melihat ulasan yang ada. Hasil akhirnya membuat kamu akan mengalami permasalahan dan produk yang datang bisa saja tidak sesuai harapan. 

Untuk kamu yang baru memulai dan terjun dalam dunia investasi, penting sekali untuk memahami ritme dan proses kerja yang ada. Hindari untuk pasrah dan menerima semuanya dengan lapang dada tanpa paham apapun itu. Menjadi gambaran saja, investasi pada reksa dana itu melibatkan beberapa perusahaan dan bukan hanya satu perusahaan semata. 

Dalam prosesnya, nantinya kamu akan dipandu atau dijalankan oleh seorang manajer investasi yang mengatur serta mengelola semuanya secara menyeluruh. Bagian inilah yang membuat kamu sebenarnya bisa lebih mudah untuk investasi, tapi bukan berarti sudah ada yang mengatur kamu tidak memahaminya sama sekali, karena akan memberikan banyak kerugian. 

4. Menentukan Jangka Waktu 

Layaknya menjalankan investasi, maka kamu harus menentukan jangka waktu yang tepat untuk melakukan investasi reksa dana tersebut. Pilih dan tentukan waktu yang pas, supaya dapat membantu untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada. Semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan keinginan yang ingin dicapai. 

Dalam dunia investasi reksa dana sendiri ada beberapa jangka waktu yang harus dilihat, ada jangka waktu pendek dan panjang. Untuk jangka pendek sendiri rentan waktunya antara 1 – 3 tahun dan jangka panjang sendiri lebih dari 5 tahun. Namun, apabila kamu tidak ingin terlalu cepat dan lama, mungkin bisa memilih rentan waktu menengah dari 1 – 5 tahun. 

Apabila kamu masih kebingungan dan belum menemukan waktu yang tepat untuk menentukannya, maka tidak ada salahnya mencoba berkonsultasi dengan manajer keuangan kamu yang ada. Nantinya sang manajer akan membantu kamu untuk menentukan jangka waktunya dan menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. 

 

Itulah beberapa tips untuk pemula yang baru terjun dalam dunia investasi reksa dana. Semoga pembahasan di atas dapat membantu.