5 Langkah Cerdas Menyusun Anggaran Uang Saku untuk Anak

Ketika kita sudah berkeluarga dan menjadi orang tua pada umumnya akan menyusun anggaran keuangan uang saku kepada anaknya. Meskipun memilih untuk memberikan uang saku kepada anaknya itu harian tentu juga harus di susun secara kolektif bersama dalam bulanan. Sebelum anda sebagai orang tua memberikan uang saku kepada anak terdapat 5 langkah cerdas dalam menyusun anggaran keuangan tersebut. Apa sajakah langkah cerdas menyusun anggaran tersebut ? Mari bersama – sama kita simak 5 langkah cerdas di masa kini untuk menyusun anggaran untuk uang saku kepada anak kita.

  • Mempertimbangkan Tingkat Usia Anak

Kita tentunya tahu sebagai orang tua perkembangan kecerdasan anak kita dari tahun  ke tahun untuk itu kita pertimbangkan secara matang tingkat usia dalam kecerdasan anak kita. Sebab jika si anak belum mengerti kebutuhan dari uang saku maka si anak pun akan menggunakan uang saku tersebut dengan sesuka hati mereka. Sebaliknya jika si anak sudah mampu untuk mengerti kegunaan dari uang saku yang di berikan mereka dari orang tuanya maka hasilnya akan berbeda pula. Si anak akan secara sadar akan bertanggungjawab atas uang saku mereka dan tidak sembarang untuk digunakan sebagai uang jajan saja malah bisa jadi si anak dapat menabung dengan menyisakan uang saku yang dipunyai setiap hari. Sebab semakin bertumbuh besar serta tingkat usia dan kecerdasan si anak berkembang tentunya makin bertambah pula kebutuhan uang saku yang harus diberikan kepada mereka.

  • Mengajarkan Untuk Menyimpan dan Berbagi Terhadap Sesama

Langkah cerdas selanjutnya yang diperhatikan adalah memberi pengajaran pada anak untuk berhemat terhadap uang saku yang diberikan kepadanya. Biasakan anak kita mampu menyisihkan uang saku untuk mereka tabung dan didiklah mereka untuk suatu saat membeli barang yang mereka inginkan dari hasil uang yang diberikan kepada mereka. Untuk tahap awal belikanlah mereka celengan sebuah wadah atau tempat untuk mereka menabung uang mereka. Jika anak tersebut sudah dewasa kenalkanlah anak kita pada pentingnya pengelolaan financial keuangan, sehingga mereka mampu berinvestasi secara dini dari uang saku yang ia peroleh tiap hari dari kita sebagai orang tuanya. Selain pentingnya menabung serta menyimpan uang juga perlunya kita didik supaya anak kita mampu berbagi apa yang kita miliki dalam hal ini uang saku terhadap kepentingan – kepentingan sosial seperti acara solidaritas, menjajakan teman mereka dengan uang saku mereka. Hal tersebut untuk melatih kepekaan anak pada sisi kemanusiaan dan kepekaan sosial sehingga dapat memberikan manfaat bagi anak kita kedepan yang manfaat itu bisa dirasakan di kemudian harinya.

  • Berilah Sebentuk Penghargaan

Apabila kita memberikan uang saku terhadap anak kita secara terus menerus dan sifatnya adalah sebuah percobaan yang bisa berhasil baik dan tidak baik dan terus akan kita lakukan sampai anak bisa mencari uang sendiri. Nah langkah cerdas yang dapat kita hindari apabila si anak cenderung salah menggunakan uang saku adalah salah satunya dengan memberikan sebentuk penghargaan kepada mereka. Penghargaan dapat berupa macam – macam, bisa bersifat hanya lisan saja memberikan komentar yang positif dan baik terhadap anak dan juga memberikan pelajaran dan hikmah dari kesalahan pengelolaan keungan mereka. Juga penghargaan yang bersifat materi misalnya jika si anak ini mampu menabung uang saku mereka dengan cukup banyak, sesekali kita kasih penghargaan dengan membelikan barang yang mereka sukai atas berhasilnya si anak dalam mengelola keuangan mereka.

  • Mengajak Anak Untuk Membantu Pekerjaan Rumah dan Membantu Orang Tua Bekerja

Salah satu langkah cerdas selanjutnya adalah mengajak anak untuk membantu orang tua  dalam pekerjaan rumah sehari – hari jika diperlukan dan mampu menguasai berilah sebagian pekerjaan orang tua kepada si anak guna melatih mereka merespon tanggung jawab ketika mereka nanti bekerja mencari uang sendiri. Sebab mencari uang tidaklah segampang membalikan telapak tangan, dengan kita melatih dan mendidik anak sedemikian dini nya maka si anak akan terlatih kepekaannya terhadap orang tua dikala orang tua harus berkeringat hebat dalam mencari rejeki. Hasil dari pekerjaannya nanti kita berikan uang saku di tambah dengan bantuan yang diberikan anak terhadap orang tua. Hal tersebut dapat melegakan baik orang tua dan mampu membuat si anak riang gembira dengan tambahan yang diberikan.

  • Berdiskusi Dengan Anak

Uang saku yang diberikan orang tua kepada anak sangat berkaitan dengan kebutuhan yang diperlukan bagi si anak, untuk itu langkah cerdas yang dapat kita lakukan sebagai orang tua adalah mengajak anak berdiskusi tentang pemahaman penggunaan uang saku sesuai kebutuhannya dari waktu ke waktu karena si anak akan terus berkembang dan bertumbuh umurnya sehingga bertumbuh pula kebutuhannya.