5 Tips Investasi di Masa Muda agar Tidak Merugi di Masa Tua

5 Tips Investasi di Masa Muda agar Tidak Merugi di Masa Tua(UNSPLASH/Carlos Muza)

Atur Duit – Simak tips investasi di masa muda agar tidak merugi di masa tua, di sini.

Investasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang yang saat ini mulai disadari oleh anak-anak muda di Indonesia.

Ada banyak sekali jenis investasi yang beredar di masyarakat, sehingga anak muda harus jernih memilihnya agar tidak rugi di masa tua.

Untuk memulai investasi, anak muda perlu melakukan sejumlah persiapan. Tentu saja selain memperoleh keuntungan, jika tidak memahami seluk beluk investasi itu sendiri, maka bisa jadi risiko yang perlu ditanggung juga besar.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tips investasi di masa muda agar tidak merugi di masa tua:

1. Tentukan tujuan dari investasi

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai investasi adalah menentukan tujuan dari investasi tersebut.
Hal ini bertujuan untuk membangun komitmen untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan sehingga kamu dapat mencapai hal tersebut dengan tekun berinvestasi.

2. Perhatikan kondisi keuangan

Setelah mengetahui tujuan dari investasi yang akan kamu lakukan, kamu perlu mengecek kondisi keuanganmu. Kamu harus menhitung pendapatan yang kamu terima, hutang piutang yang harus kamu lunasi, banyaknya kebutuhan yang harus kamu penuhi dan banyaknya ase yang kamu miliki.
3. Pelajari jenis dan seluk beluk investasi

Sudah menjadi kewajiban bagi para pemula untuk mempelajari jenis dan seluk beluk investasi hal ini untuk mengetahui hal-hal yang mungkin akan terjadi.

Kamu harus benar-benar mengetahui kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan risiko yang mungkin akan kamu dapatkan saat memilih jenis investas tersebut. Beberapa jenis investasi yang dapat dipilih pemula adalah Reksadana, Saham, Emas dan Properti.

4. Pilih produk investasi yang sesuai

Setelah menentukan tujuan dan mempelajari beragam investasi yang mendukung kamu mencapai tujuan tersebut, kamu dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Pastikan kamu tidak memilih jenis investasi hanya berdasarkan dari trend dan saran dari teman, kamu harus benar-benar memastikan investasi tersebut sesuai dengan dirimu.

5. Mulai dengan Investasi Kecil

Setelah memilih jenis atau produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu, kamu sebaiknya juga perlu untuk memulai investasi dengan modal yang sedikit.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri darimu dan pilihlah investasi yang sudah terjamin.

Itulah 5 tips investasi di masa muda agar tidak rugi di masa tua.***