6 Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Terbaik

Kamu kesulitan membuat laporan keuangan? Jangan bingung, karena sekarang banyak tersedia aplikasi pembukuan laporan keuangan yang akan mempermudah. Sebagian aplikasi berbayar, namun juga ada beberapa diantaranya yang bisa digunakan secara gratis. Dengan bantuan aplikasi pembukuan laporan keuangan, para pengusaha pemula tidak akan kesusahan.

Menyusun pembukuan hingga menghitung banyak jurnal menjadi lebih mudah. Kalau terjadi kesalahan, kamu hanya perlu menghapus error data dalam satu klik. Sangat efisien dan memudahkan pekerjaan, berikut ada 6 aplikasi pembukuan laporan keuangan terbaik untuk usaha. Silahkan dicoba.

Daftar Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan untuk Usaha 2022

Pencatatan keuangan sebenarnya dapat dilakukan secara manual. Misal memakai buku besar atau untuk lebih cepatnya menggunakan excel. Hanya saja tidak semua orang mengerti cara menggunakan rumus-rumus excel, kalaupun dilakukan secara manual pasti sering terjadi kesalahan pencatatan. Kini kamu bisa mengelola keuangan usaha dengan lebih baik. Gunakan aplikasi pembukuan yang kami rekomendasikan berikut ini:

1.      Akuntansi UKM (Money Manager)

Coba unduh aplikasi Akuntansi UKM (Money Manager) di hp kalau membutuhkan aplikasi laporan keuangan gratis. Kamu dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadi maupun usaha. Aplikasi ini menjadi solusi pembukuan yang didesain sesuai kebutuhan pengguna. Mulai dari usaha kecil, menengah, hingga besar tetap dapat memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya.

Bahkan banyak pengguna menjadikan Akuntansi UKM (Money Manager sebagai aplikasi keuangan pribadi). Yang menarik adalah kamu dapat mencatat keuangan tanpa batasan waktu. Selain itu, kamu pun dapat menjalankan Akuntansi UKM (Money Manager) secara offline alias tidak memerlukan internet. Harus segera dicoba!

2.      Catatan Keuangan

Aplikasi pembukuan laporan keuangan terbaik yang kedua jatuh pada Catatan Keuangan. Desainnya simple menyesuaikan keperluan pengguna. Aplikasi Catatan Keuangan yang dibuat oleh Chad Verbruggen ini akan mencatat pengeluaran sehari-hari dan pendapatan kamu. Bukan hanya menginformasikan laporan bulanan bulanan dan harian saja, namun juga menunjukkan grafik per kelompok.

Jadi kamu dapat melihat kategori pengeluaran hingga pemasukan terbesar. Kamu tidak harus mendownload aplikasi pembukuan laporan keuangan excel ketika membutuhkan data kas secara excel. Karena dalam aplikasi Catatan Keuangan sudah tersedia fitur yang bisa diekspor menjadi file excel, pdf, scv, hingga doc.

3.      Teman Bisnis

Aplikasi Android Teman Bisnis mungkin bisa memudahkan kamu dalam mencatat laporan keuangan usaha. Cocok bagi para pemilik online shop, usaha kecil-kecilan, produksi, reseller, atau pengusaha yang tidak punya pengetahuan terkait akuntansi. Aplikasi Teman Bisnis bisa diunduh dan digunakan tanpa biaya tambahan (gratis).

Kamu bahkan bisa mengintegrasikannya secara langsung dengan marketplace. Sehingga tidak harus lagi mencatat setiap transaksi dari marketplace yang masuk. Kalau penasaran silahkan coba instal di hp.

4.      QuickBooks

QuickBooks merupakan aplikasi pembukuan laporan keuangan terbaik untuk usaha dengan fitur super lengkap. Aplikasi ini akan menunjang kebutuhan bisnis dengan memberikan laporan penjualan, laba rugi, neraca, dana pembelian, dan lain-lain. Kamu pun dapat mengkategorikan setiap transaksi sesuai kategori yang sudah dibuat. Tentunya aplikasi QuickBooks akan mempermudah kamu dalam mengerjakan perhitungan kerugian dan keuntungan usaha.

Selain itu, kamu dapat menambahkan gambar atau foto dalam setiap pencatatan keuangan. Fitur tersebut sangat membantu kamu menyimpan berbagai bukti transaksi keuangan sehari-hari. Sehingga hanya perlu mendokumentasikan kuitansi, nota, atau struk belanja, lalu disimpan dalam catatan pengeluaran aplikasi QuickBooks.

5.      FreshBooks

FreshBooks merupakan aplikasi pembukuan bisnis online yang tepat bagi pengguna cloud. Aplikasi dengan simbol daun ini didesain spesial supaya terhubung dengan penyimpanan tersebut. Bukan hanya menyediakan fitur pencatatan keuangan dan pemasukan saja, karena pun ada fitur pelacak pemasukan otomatis, report, time tracking, invoice, faktur pajak, hingga pengingat tagihan yang harus dibayar.

Aplikasi pembukuan laporan keuangan terbaik Freshbook berbeda dari aplikasi lainnya. Perangkat lunak buatan negeri Paman Sam ini pun dapat membantu para pengguna mengelola keuangan dari sumber penghasilan lain. Misal, mencatat pemasukan sebagai wiraswasta, freelancer, karyawan, dan bisnis sampingan lainnya.

6.      Sage One

Keenam adalah aplikasi pembukuan gratis dari Newcastle, Inggris, yang dinamakan Sage One. Dasar pengelolaan menggunakan penyimpanan cloud, sehingga kamu dapat menghubungkan keuangan sesuai keperluan. Kamu tidak harus mempunyai pemahaman mendetail terkait akuntansi, karena aplikasi Sage One akan membantu pengelolaan keuangan usaha.

Dalam Sage One terdapat banyak fitur-fitur unggulan, diantaranya pembuatan dan pengiriman invoice, pengelolaan kas keuangan, pengelolaan payroll, penerimaan pembayaran, kemudahan akses di semua perangkat, tersedia pembayaran pajak, terhubung dengan aplikasi keuangan lain, dan dapat dibagikan pada device lain.

Itulah 6 aplikasi pembukuan laporan keuangan terbaik untuk usaha yang kami rekomendasikan. Sekarang juga bisa kamu coba. Masing-masing aplikasi di atas tentu punya skala pemakaian, kekurangan, kelebihan, serta fitur spesifiknya tersendiri. Jadi sebelum dipakai, silahkan pilih sesuai kebutuhanmu.