7 Fungsi Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan dana yang dipergunakan ketika sudah tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan lagi. Dana pensiun ini wajib dimiliki oleh semua orang agar terhindar dari kekhawatiran mengenai finansial di masa tua. Dikumpulkan saat masih bekerja dan saat masih berada pada usia produktif. Semakin cepat menabung untuk dana pensiun makan akan semakin baik.  

Dana pensiun didapat dengan 2 cara, yaitu dalam suatu perusahaan tertentu biasanya  mereka telah menjamin dana pensiun karyawannya dan yang kedua kita bisa menabung secara mandiri. Jika perusahaan tempat kita bekerja tidak menjamin dana pensiun, tidak perlu khawatir karena dana pensiun tersebut dapat kita siapkan secara mandiri. 

Manfaat dari Dana Pensiun 

Untuk lebih memahami mengenai dana pensiun, berikut dijelaskan 7 manfaat dari dana pensiun.

  • Memberikan Rasa Aman Terhadap Karyawan

Pada umumnya tujuan  dari bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan tersebut terkadang hanya didapatkan ketika kita masih bekerja saja. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap para pekerja ketika nanti mereka sudah tidak bekerja lagi. Untuk itu banyak pekerja yang mencari pekerjaan pada perusahaan yang menyediakan dana untuk pensiun.

Dengan adanya dana pensiun ini para pekerja akan merasa aman dan tidak memiliki kekhawatiran ketika ia nanti sudah tidak bekerja lagi. Rasa aman ini merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang maupun karyawan pada suatu perusahaan.  Karyawan yang telah memiliki rasa aman akan lebih enjoy dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk perusahaan juga. Kinerja karyawan yang baik tentunya akan berdampak baik juga untuk perusahaan tersebut.

  • Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Jika seorang karyawan telah mendapatkan dana pensiun ketika ia sudah tidak bekerja lagi otomatis hal tersebut akan memberikan motivasi kepada karyawan tersebut. Karyawan tersebut akan berpikir bahwa perusahaan tempat ia bekerja telah memberikan apa yang seharusnya didapatkan kemudian dia akan memberikan juga apa yang seharusnya didapatkan oleh perusahaan tersebut dengan cara melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaannya. Motivasi untuk bekerja dengan baik adalah hal yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja yang baik oleh karyawan juga akan berdampak baik pada perusahaan.

  • Memberikan Penghargaan Terhadap Karyawan

Dana pensiun juga diberikan sebagai penghargaan bagi karyawan yang telah lama bekerja. Karyawan yang telah menghabiskan hidupnya untuk bekerja pada suatu perusahaan pantas mendapatkan hal ini sebagai rasa terimakasih dari perusahaan tersebut. Rasa terimakasih perusahaan itu diwujudkan dalam menyediakan dana pensiun atau jaminan hari tua bagi karyawannya. 

  • Memberikan Citra Baik Pada Suatu Perusahaan

Tidak dipungkiri bagi kebanyakan orang dana pensiun adakah hal yang dicari dalam mencari suatu pekerjaan. Hal ini memberikan citra yang baik bagi perusahan yang memberikan dana pensiun tersebut. Perusahaan yang memberikan dana pensiun akan menjadi incaran bagi setiap orang dan mendapatkan citra baik. Perusahan ini pastinya akan didamba dambakan oleh setiap pekerja. 

Jika suatu perusahaan telah memiliki citra yang baik otomatis pergerakan perusahaan tersebut akan semakin mudah. Mudah dalam artian mendapatkan kepercayaan terhadap calon klien kemudian banyak perusahaan lainnya yang mau bekerjasama dalam perusahaan tersebut. Bahkan citra baik suatu perusahaan dapat menjadi tolak ukur besar tidaknya perusahaan tersebut.

  • Tidak Memiliki Kekhawatiran Finansial di masa Tua

Bagi seseorang yang telah terjamin dana pensiunnya mereka tidak lagi memiliki kekhawatiran terhadap finansial di masa tua nanti. Karena pada masa tua dan usia sudah tidak produktif untuk bekerja seseorang akan merasa khawatir bagaimana cara melanjutkan kehidupan jika sudah tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan. Dana pensiun inilah yang menjadi solusi untuk dapat menghilangkan kekhawatiran tersebut.

  • Tidak Membebani Keluarga Di Masa Tua

Banyak orang yang memiliki sifat tidak enak kepada orang lain bahkan keluarga sendiri. Tetapi pada masa tua nanti hal hal tersebut dipungkiri sedikit banyak nya tidak dapat dipungkiri karena kondisi fisik kita yang sudah menurun dengan sendirinya. Tetapi sedikit banyaknya kita dapat mengurai beban keluarga pada masa tua secara finansial. Dana pensiun yang telah kita siapka sedari muda akan mengurangi beban bagi keluarga kita di masa tua nanti ketika kita sudah tidak memiliki penghasilan.

  • Memiliki Warisan Untuk Keluarga Ketika Orang Tersebut meninggal Dunia

Dana pensiun dapat diwariskan kepada keluarga ketika penerima atau pemilik sudah meninggal dunia. seseorang tidak perlu khawatir ketika sudah mengumpulkan dana pensiun tersebut tetapi malah terjadi hal diluar perkiraan seperti meninggal dunia. Dana tersebut tetap akan diterima oleh pihak keluarga atau orang yang telah ditetapkan untuk menerima dan pensiun sebagai warisan. Pada intinya dana yang telah dikumpulkan tidak hangus begitu saja ketika kita orang tersebut meninggal dunia.