9 Alasan Kita Harus Mengelola Keuangan dengan Baik

kelola keuangan

Keadaan keuangan seseorang menjadi hal yang sangat berpengaruh pada kehidupannya. Apabila keadaan keuangannya baik, pastinya kehidupan sehari-hari dapat berjalan baik. Tetapi, apabila keadaan keuangannya buruk, sudah pasti akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, khususnya untuk memenuhi kebutuhan. 

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan keadaan finansialnya bahkan mereka juga mengabaikannya. Padahal mengelola keuangan sangat penting, sebab masih jarang sekali informasi tentang pentingnya mengelola keuangan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan Anda informasi tentan 10 alasan penting mengelola keuangan. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

1. Membantu menemukan kesalahan

Membuat rencana keuangan dapat membantu Anda untuk menemukan kesalahan saat mengalokasikan keuangan yang dilakukan selama ini. Tidak dapat dipungkiri hingga saat ini masih banyak orang yang salah dalam mengelola keuangannya, misalnya terlalu banyak nongkrong, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan lainnya. Setelah mengetahui kesalahan tersebut, maka Anda dapat mengalokasikan keuangan pada kebutuhan yang penting, 

2. Membantu meraih tujuan hidup 

Semua orang pastinya mempunyai tujuan hidup atau impian, misalnya di 20 tahun kedepan anda ingin mempunyai rumah atau mobil dari uang hasil jerih payah. Untuk itu, apabila Anda mengelola keuangan dengan baik dari sekarang, maka Anda dapat mewujudkan hal tersebut di masa depan. Anda harus mampu menyisihkan penghasilan untuk menabung selama beberapa tahun kedepan, sehingga Anda bisa mendapatkan hal yang sesuai dengan tujuan hidup Anda.

3. Dapat mempunyai dana darurat 

Semua orang bahkan tidak tahu secara finansial apa  yang akan dibutuhkan saat masa depan nanti. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar tidak bingung bila memerlukan sesuatu yang mendesak di kemudian hari. Ada baiknya Anda menyiapkan payung sebelum hujan. Mengelola keuangan yang tepat, Anda dapat mengalokasikan pendapatan ke dana darurat. 

Jadi, ketika Anda membutuhkannya di masa depan, Anda telah memilikinya. Misalnya, jika keluarga Anda tiba-tiba sakit, Anda bisa membiayainya dengan dana darurat agar beban tidak bertambah.

4. Mempunyai masa pensiun yang tenang 

Tentu setiap orang menginginkan pensiun yang nyaman. Sangat penting untuk mengelola keuangan Anda sejak dini agar Anda dapat menabung untuk masa pensiun. Jika Anda mengelola keuangan Anda dengan baik, Anda dapat mempersiapkan uang untuk berinvestasi, dan jika Anda mengelola keuangan Anda dengan baik dan hati-hati, Anda dapat merasakan masa pensiun dengan tenang. 

5. Meningkatkan cash flow 

Dengan mengelola keuangan Anda juga dapat memantau keuangan dan pendapatan serta pengeluaran Anda selama sebulan atau setahun. Ini benar-benar dapat membantu Anda membelanjakan uang Anda dengan bijak serta meningkatkan potensi tabungan Anda. Oleh karena itu, apabila Anda ingin meningkatkan arus kas sekaligus meningkatkan potensi tabungan Anda, mulailah mengelola keuangan Anda sekarang.

6. Mengetahui kebutuhan yang tidak penting 

​Kesalahan yang selalu dilakukan saat mengelola keuangan yaitu mereka tidak pernah mencatat apa yang sudah dibelanjakan. Saat tiba gajian, biasanya mereka langsung melunasi tanggungan misalnya, cicilan, hutang, memenuhi kebutuhan dan sisanya digunakan untuk menabung. 

Tetapi bila Anda mengelola keuangan Anda sejak dini, Anda dapat melihat berapa banyak yang Anda hasilkan, dan dari situ Anda akan menemukan bahwa Anda menghabiskan seluruh waktu dan membuang-buang uang Anda hanya akan menemukan hal yang tidak penting. Misalnya, Anda suka minum kopi di kedai kopi dan Anda akan menemukan bahwa itu menjadikan Anda boros. Mulai sekarang, jika Anda mengelola keuangan, maka hal tersebut sudah Anda hindari. 

7. Dapat menghemat 

Saat Anda mulai belajar mengelola keuangan, maka Anda akan tahu apa saja yang sudah dihasilkan dan yang dikeluarkan selama sebulan. Mungkin saat pertama kali mengelola keuangan Anda akan kaget sebab banyak hal yang dikeluarkan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Dengan mengelola keuangan dengan benar, maka Anda dapat menghemat juga. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda kelola keuangan Anda dengan baik agar dapat membantu untuk menghemat. 

8. Bisa berinvestasi

Tentunya bila Anda ingin berinvestasi, Anda juga membutuhkan uang investasi awal terlebih dahulu, bukan? Jika Anda tidak mengelola keuangan dengan baik, Anda bisa kesulitan memiliki “uang” untuk investasi nantinya. Oleh sebab itu, apabila Anda berencana untuk berinvestasi, Anda dapat memulai manajemen keuangan dari sini untuk mengamankan uang yang dapat Anda belanjakan untuk investasi.

9. Menjadi motivasi untuk menabung 

Jika gaji Anda dihabiskan untuk sesuatu yang tidak terlalu penting, Anda hanya akan gigit jari sebab uang habis dengan cepat. Apabila Anda menginginkan uang yang banyak, Anda harus menabung. Tentu saja, jika Anda tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, Anda sulit untuk menabung, bukan? Langkah mudah memotivasi diri sendiri untuk menyelamatkan diri yaitu dengan mengelola keuangan mulai sekarang. Jika Anda mengelola keuangan dengan baik, Anda dapat menyisihkan uang Anda untuk ditabung. 

Demikianlah ulasan mengenai mengelola keuangan dan semoga bisa menjadi motivasi Anda untuk mengatur keuangan dengan baik, ya. Selamat mencoba!