Agar Tagihan Tidak Membengkak, Begini Cara Menghemat Air

cara hemat air

Tahukah Anda kalau setiap tahunnya keberadaan air bersih semakin berkurang? Tidak bisa dipungkiri, air merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hidup setiap orang. Hal inilah yang membuat kita harus menjaga ketersediaan air bersih di masa mendatang. Jadi, sudah sepantasnya bila setiap orang mengerti cara menghemat air.

Keberadaan air bersih yang setiap tahun terus menyusut tentu membuat kita harus ekstra waspada terhadap persediaan atau stoknya. Anda mau tidak mau memang harus melakukan penghematan untuk memastikan agar stok air bersih tetap tersedia. Lalu, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih?

tips hemat air

1.      Memantau Penggunaan Air

Sekarang sudah ada beberapa pihak baik dari organisasi maupun kalangan personal yang mengkampanyekan budaya hemat energi dan air. Hal ini sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap alam dan untuk menjaga kelestariannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air adalah memantau penggunaannya di rumah.

Jika tidak memantau penggunaan air di rumah, bisa-bisa air keran sudah meluber di bak penampungan atau di kamar mandi. Pemantauan air bersih seharusnya dapat dikendalikan dengan baik, dengan tujuan menjaga sumber daya ini tidak habis atau terbuang percuma. Oleh sebab itu, lakukan pemantauan dan pengendalian selama menggunakan air. Supaya tidak terlalu boros, Anda bisa memasang meteran air untuk memantau penggunaan ataupun memudahkan identifikasi saat terjadi kebocoran.

2.      Mengurangi Siraman          

Cara selanjutnya dalam melakukan penghematan air adalah dengan mengurangi siraman pada aktivitas yang memakai teknik siraman air. Seperti aktivitas menyiram toilet duduk, menyiram halaman atau tanaman, maupun mencuci kendaran yang biasa dilakukan manusia. Pastikan untuk tidak memakai air secara berlebihan selama melakukan aktivitas tersebut.

Gunakan air dengan sebaik-baiknya pada teknik penyiraman ini dan sesuai keperluan saja. Anda tidak perlu membersihkan kendaraan saat masih dalam keadaan bersih. Atau tidak perlu menyiram tanaman saat sudah terkena air hujan. Inilah tips hemat air yang mudah dipraktekkan dan dapat membantu Anda mengurangi penggunaan energi secara berlebihan.

3.      Memperbaiki Kebocoran pada Pipa Penyaluran  

Kebocoran bisa saja terjadi pada pipa pipa yang menyalurkan air di rumah Anda. Nah, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan ada tidaknya kebocoran pada saluran-saluran air tersebut, dengan begitu baru bisa hemat energi dan air. Jika menemukan kebocoran, Anda harus bergegas memperbaikinya.

4.      Matikan Keran Saat Tidak Digunakan

Lupa mematikan keran air adalah kebiasaan buruk yang dapat membuat sumber air terbuang sia-sia. Saat keran air terbuka, tentu akan terjadi pemborosan air. Air yang sudah memenuhi bak atau tempat penampungan akan terbuang sia-sia. Anda juga hanya akan membuat tagihan listrik membengkak jika sering mengulangi kebiasaan buruk ini.

5.      Mandi dengan Air Secukupnya

Aktivitas yang satu ini memang dibutuhkan, karena tidak baik jika Anda boros air saat mandi. Bagi sebagian orang, mandi atau bersih-bersih adalah kegiatan paling menyenangkan dan menyegarkan. Maka saat itu, tidak sedikit pula orang yang lupa waktu dan bahkan menghabiskan banyak air di kamar mandi.

Saat air yang dihabiskan terlampau banyak dan Anda sering mengulangi kebiasaan ini, maka target hemat energi yang dijalankan pun tidak jadi terealisasi. Bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan mandi lama, mungkin bisa menggunakan shower untuk menghemat air semaksimal mungkin.

6.      Menggunakan Wadah Saat Mencuci Sayur dan Buah

Mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi dapat menghindari kuman dan kotoran yang menempel. Akan tetapi, seringkali kegiatan ini malah menghabiskan banyak sumber daya air. Supaya sumber air tidak terlalu terkuras, Anda harus tahu tips hemat air bersih saat mencuci buah dan sayuran. Yaitu dengan menggunakan wadah, kemudian isi dengan ai secukupnya untuk mencuci keduanya. Cara ini sangat penting diterapkan karena membantu merealisasikan budaya hemat air bersih.

7.      Mengurangi Penggunaan Botol Plastik

Menghindari penggunaan botol plastik adalah cara efektif dalam melakukan penghematan air di rumah. Botol plastik tidak hanya dinilai kurang efisien, tetapi juga menyebabkan kerusakan terhadap sumber-sumber air di dalam tanah. Hal ini dapat disebabkan oleh komponennya yang sulit terurai dalam tanah. Penguraian botol plastik membutuhkan waktu yang sangat lama, dan jika dibiarkan dapat mengkontaminasi dan meracuni sumber-sumber air yang ada. Oleh sebab itu, Anda dapat menghindari penggunaan botol sekali pakai dan menggantikannya dengan produk yang bisa digunakan berulang-ulang.

8.      Menggunakan Filter Air

Jika mengerti cara menggunakan filter air, Anda bisa mengurangi pembelian air kemasan. Anda bisa memfilter air dengan sebuah alat dan air keran di rumah. Mungkin di waktu pembelian awal memang memakan biaya cukup besar, akan tetapi Anda akan merasa lebih berhemat saat mengkalkulasi penggunaan air di masa mendatang. Inilah tips hemat air terakhir untuk Anda terapkan.

Beberapa cara menghemat air di atas dapat membantu Anda yang ingin melakukan penghematan di rumah. Hemat air tidak hanya mengurangi pengeluaran, tetapi juga menyelamatkan lingkungan di masa mendatang. Selamat mencoba!