Alasan Penting Kenapa Harus Punya Dana Darurat

Tahukah kamu apa itu dana darurat? Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan untuk mengantisipasi suatu kejadian yang tidak diinginkan. Dana darurat atau emergency funds memiliki banyak manfaat salah satunya dapat membantu kita saat terjadi keadaan mendesak dan harus mengeluarkan uang yang banyak. 

Lalu bagaimana perhitungannya? Berdasarkan situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dana darurat memiliki perhitungan yang berbeda antara orang yang tidak mempunyai tanggungan dengan orang yang mempunyai tanggungan/berkeluarga. 

Perhitungan bagi orang yang tidak memiliki tanggungan yaitu sebesar 3 hingga 6 kali setiap bulannya. Sedangkan untuk orang yang sudah berkeluarga, besaran dana darurat yang diperlukan sebesar 6 hingga 12 kali per bulan dengan mempertimbangan jumlah pendapatan masing-masing individu. 

Alasan harus memiliki dana darurat

Dalam mengelola keuangan, sebaiknya kita memiliki pos dana darurat yang dimana dana tersebut dapat digunakan pada saat dibutuhkan. Terdapat beberapa metode untuk mengumpulkan dana darurat, salah satunya dengan menyisihkan pendapatan dan membaginya kedalam beberapa pos pengeluaran. Setelah dana darurat sudah terpenuhi, maka sisa pengeluaran dapat dipindahkan ke pos yang lain.

Adapun beberapa alasan penting mengapa kita perlu mempersiapkan dana darurat yaitu sebagai berikut : 

1.  Mengatasi situasi mendesak

Situasi mendesak dapat terjadi kapan saja dan dimana saja seperti jatuh sakit, kendaraan rusak, bencana, kerusakan rumah dan banyak lagi yang lainnya. Saat hal tersebut terjadi, kita dapat menggunakan dana darurat untuk mengatasinya. Dana darurat yang ada dapat digunakan untuk membayar rumah sakit, memperbaiki kendaraan, hingga membeli peralatan sedang dibutuhkan. 

2.  Menghindari hutang/pinjaman online

Mempersiapkan dana darurat juga dapat membantu kita menghindari hutang maupun pinjaman online karena melalui dana darurat, uang yang kita punya sudah terkelola dengan baik dan jika dibutuhkan kita dapat mengambilnya kapan saja. Dengan dana tersebut, kita tidak perlu mencari-cari pinjaman online yang nantinya akan merugikan diri kita sendiri.

3.  Sebagai dana untuk masa depan

Dana darurat dapat membantu kita dalam mempersiapkan keuangan untuk masa depan contohnya jika beberapa tahun kedepan kamu ada keperluan penting dan harus mengeluarkan uang yang cukup banyak, kamu dapat mengambil dana darurat tersebut dan menggunakannya.

4.  Membantu saat tidak ada penghasilan

Saat ini, mencari pekerjaan sangatlah sulit apalagi di zaman yang sudah mengandalkan teknologi. Bagi kamu yang saat ini masih bekerja, wajib untuk mempersiapkan dana darurat karena jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti adanya PHK dan kamu tidak memiliki penghasilan lagi, kamu dapat menggunakan dana darurat tersebut untuk menghidupi diri kamu dan keluarga dalam beberapa waktu sembari mencari pekerjaan baru.

5.  Membuat pikiran menjadi tenang

Adanya dana darurat yang cukup dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang karena kita tidak perlu mengkhawatirkan keadaan finansial kita kedepannya. Jika sewaktu-waktu terdapat pengeluaran yang tak terduga, kita dapat menggunakan dana darurat tersebut. 

6.  Dapat mengurangi belanja konsumtif

Adanya kebiasaan menabung untuk dana darurat ternyata dapat mengurangi kebiasaan belanja yang berlebihan. Jika kita memiliki orientasi untuk menabung, pasti kita tidak akan tergoda untuk berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan dan lebih memilih untuk menginvestasikan uang tersebut ke dana darurat

Investasi yang bisa dijadikan dana darurat

Dana darurat yang sudah dipersiapkan tentunya perlu kita simpan dalam suatu tempat yang aman. Adapun beberapa jenis investasi yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan dana darurat yaitu : 

1.  Rekening Bank

Salah satu tempat yang paling aman untuk menyimpan dana darurat adalah bank. Selain aman, dengan menyimpan dana darurat di bank dapat memudahkan kita dalam proses pengambilannya.

2.  Emas

Selain bank, kamu dapat menyimpan dana darurat dalam bentuk emas batangan atau logam mulia. Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan emas sebagai sarana untuk menyimpan dana darurat karena salah satu kelebihannya adalah bertahan terhadap inflasi. Selain itu, cara penukarannya juga cukup mudah, ketika kamu memerlukan dana darurat kamu dapat menjual emas tersebut.

3.  Deposito

Salah satu produk perbankan yang dapat digunakan untuk menyimpan dana darurat selain tabungan adalah deposito. Selain rendah resiko, hasil keuntungan yang diterima dari deposito dapat digunakan untuk menambah dana darurat yang kamu miliki.  

4.  Reksadana 

Reksadana juga dapat menjadi pilihan untuk menyimpan dana darurat karena  keuntungannya lebih besar dibandingkan dengan deposito. Selain itu, resiko reksadana juga tergolong rendah dan mudah untuk dijual kembali.

Itulah beberapa alasan penting mengapa kamu harus mempunyai dana darurat. Dana darurat dapat menjadi penyelamat ketika kita sedang berada dalam keadaaan mendesak. Oleh karena itu, mulailah untuk mempersiapkan dana darurat untuk masa depan.