Alasan untuk Memiliki Rekening Tabungan Lebih dari Satu

Sebagian besar orang bisa dipastikan memiliki rekening tabungan. Sebab menyimpan dana di bank tergolong lebih aman daripada menyimpannya sendiri dirumah dalam bentuk tunai. Seiring bertambahnya kebutuhan hidup serta tujuan, tidak akan mungkin seseorang hanya memerlukan satu rekening saja. Tentunya bisa saja memiliki hanya satu rekening, namun ditakutkan apabila nanti tidak bisa di manajemen dengan optimal.

Seperti contoh, dana pengeluaran pokok sama dengan dana darurat. Sedangkan dana darurat sendiri tidak boleh diganggu, kecuali bila kamu dalam kondisi terdesak, dan pengeluaran pokok ini pasti akan ditarik setiap kamu membutuhkannya. Jika keduanya digabung, besar kemungkinan dana darurat akan terpakai tanpa kamu sadar ataupun tidak. Nah, agar kamu semakin paham, berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa perlu mempunyai rekening tabungan lebih dari satu, antara lain:

1.       Mempunyai berbagai tujuan keuangan

Dengan membuka rekening tabungan lebih dari satu, tentunya akan wajib bila kamu mempunyai tujuan keuangan. Umumnya tujuan keuangan ini tidak hanya satu, ada beberapa dan menyesuaikan kebutuhan dari setiap orang.

Misalnya, kamu membutuhkan rekening yang berbeda untuk keperluan membeli kendaraan, membeli property, hingga menyiapkan tabungan untuk Pendidikan anak. Agar tujuan ini cepat tercapai, maka tidak ada salahnya untuk kamu membuka lagi rekening tabungan lebih dari satu sesuai tujuan keuangan kamu. Tabungan khusus pendidik anak, tabungan khusus untuk membeli rumah, dan berbagai kebutuhan lainnya. Dengan begitu, setiap tujuan keuangan ini sudah ada posnya sendiri-sendiri, dan dapat kamu kelola dengan benar.

2.       Kamu memerlukan tabungan yang tidak boleh diganggu

Dana darurat sangatlah penting agar bisa memastikan keuangan kamu dalam kondisi genting. Maka dari itu, dana darurat ini tidak boleh kamu gunakan kecuali dalam kondisi terdesak, seperti mengalami kecelakaan, sakit parah, atau berbagai macam musibah lainnya yang datang tidak terduga.

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus memisahkan rekening tabungan biasa dengan rekening khusus untuk menyimpan dana darurat. Jika tetap digabungkan, kemungkinan besar dana darurat yang kamu simpan akan terpakai baik sengaja maupun tidak. Dengan demikian, kamu wajib menghindari kemungkinan ini agar kondisi finansial kamu tetap sehat dan stabil.

saldo rekening bank Mandiir

3.       Kamu mempunyai pendapatan lebih dari satu sumber

Alasan berikutnya adalah apabila kamu mempunyai penghasilan lebih dari satu sumber, kamu pun bisa saja memisahkannya agar memperoleh potongan bunga yang lebih kecil. Misalnya pendapatan dari pekerjaan kamu tetap di Bank A, namun penghasilan untuk pekerjaan sampingannya di Bank B sebab potongan bunganya sedikit lebih rendah serta banyak klien kamu yang memakai bank terkait.

Dengan memisahkan rekening bank yang menyimpan uang dari penghasilan utama dan sampingan, bisa membuat kamu lebih mudah untuk memanajemen keuanganmu sendiri. Dari sana kamu akan mengetahui seberapa layak keuangan yang kamu miliki untuk perencanaan kedepannya.

4.       Mempunyai usaha sendiri

Apabila kamu mempunyai bisnis atau usaha sendiri, jauh lebih baik jika kamu pisahkan rekening bisnis dengan rekening yang digunakan sehari-hari. Penting untuk kamu memisahkan keduanya, sebab jika digabung potensi untuk uang usaha terpakai akan sangat besar, dan bisnis kamu pun bisa gulung tikar alias bangkrut, yang mana kesalahannya pun muncul karena ulahmu sendiri.

Sementara, apabila kamu mempunyai usaha, tentu keuangan bisnis ini sangat amat diperhatikan, baik itu pengeluaran dan pemasukannya agar bisa menjadi bahan evaluasi. Hal ini sangat berpengaruh bagi usaha yang kamu jalankan. Jika urusan keuangan saja berantakan maka bagaimana bisa bisnis kamu dapat berkembang semakin besar.

5.       Demi mengoptimalkan penawaran menarik dari bank

Umumnya masing-masing bank akan memberikan nasabahnya penawaran menarik. Misalnya ada bank yang memberikan fasilitas dapat menarik uang hingga saldo 0 rupiah atau bebas transfer ke berbagai bank lainnya hingga tanpa dikenakan biaya admin.

Nah, bagi kamu yang mempunyai tujuan keuangan yang bermacam-macam, tentunya fasilitas-fasilitas atau layanan yang ditawarkan oleh bank ini akan sangat berpengaruh dan menguntungkan apabila disesuaikan oleh kebutuhan dari masing-masing individu.

6.       Rencana menabung akan lebih terukur

Walaupun terlihat mudah tapi pada prosesnya menabung ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Kamu membutuhkan tekad, niat, konsisten dan harus memiliki komitmen untuk bisa melakukannya. Memiliki rekening tabungan yang terpisah untuk keperluan menabung serta pengeluaran akan begitu membantu untuk kamu bisa lebih konsisten saat menabung. Dengan demikian upaya kamu untuk menabung akan lebih teratur dan target pun akan mudah tercapai.

Itulah beberapa alasan yang paling masuk akan soal mengapa seseorang perlu mempunyai rekening tabungan lebih dari satu. Pada intinya ini semua untuk tujuan yang paling positif agar kondisi finansial  serta masa depan kamu akan lebih terjamin. Jika kamu masih belum memisahkan rekening tabungan, kamu bisa memulainya saat ini juga.