Apa Keuntungan Berwirausaha Tanaman Hias

Dengan adanya pandemi yang melanda, kini banyak para usahawan yang mulai melirik area bisnis yang berhubungan dengan hobi. Karena adanya aturan yang mengharuskan orang-orang untuk lebih banyak tinggal dan menghabiskan waktu di rumah membuat hal-hal yang berbau hobi rumahan menjadi salah satu sumber uang yang cukup menjanjikan. Banyak hal yang berhubungan dengan hobi menjadi produk yang sangat laris dijual mulai dari game, alat masak, hingga hewan peliharaan dan juga tanaman hias. 

Sebagai upaya untuk tetap produktif walaupun pada masa pendemi ini, berwirausaha bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Kita bisa mencoba berwirausaha dengan skill yang kita miliki. Kita juga bisa mencoba usaha-usaha yang berbasis hobi yang juga sedang naik daun di masa pandemi ini. Salah satu yang sedang cukup viral dan menghasilkan banyak uang adalah berwirausaha tanaman hias.

Bisnis tanaman hias adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Datangnya pandemi malah membuat bisnis ini jadi semakin naik karena  semakin besar peminatnya. Hal ini juga didukung dengan adanya lomba-lomba dan juga pameran tanaman hias yang sejak sebelum pandemi sudah sering digelar sehingga tanaman hias kini jadi semakin banyak peminatnya. 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari berwirausaha tanaman hias. Selain mendapatkan uang sebagai penghasilan, banyak hal lain yang cukup menguntungkan yang menyertainya. Apa saja keuntungan berwirausaha tanaman hias? Yuk mari disimak keuntungan berwirausaha tanaman hias di bawah ini. 

keuntungan berwirausaha tanaman hias

  • Memfasilitasi hobi

Bagi yang mempunyai hobi merawat tanaman hias, berwirausaha tanaman hias pasti akan jadi sangat mengasyikkan karena hobi yang dijalankan bisa memberi penghasilan. Dengan melakukan bisnis yang sejalan dengan hobi, kita bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis tersebut dan tetap bisa mempertahankan motivasi ketika kondisi bisnis sedang menurun. Selain itu dengan membangun bisnis yang sesuai dengan hobi, kita bis bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sejalan dan bisa saling berbagi informasi mengenai hobi yang sama-sama diminati. 

  • Banyak peminat

Walaupun harga tanaman hias sangat bergantung pada tren,  tanaman hias selalu ada peminat walaupun bukan jenis tanaman yang sedang tren di waktu itu. Hampir setiap rumah selalu memiliki tanaman hias dan juga selalu ada kemungkinan untuk menambah koleksi tanaman hiasnya sehingga peluang dari bisnis tanaman hias pasti selalu besar. Terlebih lagi setelah datangnya pandemi covid-19 yang melanda dan membuat orang-orang harus lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah. Pada pandemi ini anyak sekali hobi-hobi rumahan yang akhirnya menjadi tren salah satunya adalah tanaman hias dan mengangkat harga-harga dari tanaman hias ini menjadi jauh lebih menjanjikan.

  • Bisnis yang Menguntungkan

Berwirausaha tanaman hias adalah bisnis cukup menguntungkan karena selain banyak peminatnya, kita juga bisa menjual banyak sekali produk lain yang mendukung hobi tanaman hias. Produk-produk lain yang juga sangat laris diperjual belikan adalah pot, media tanam hingga pupuk dan juga alat-alat berkebun. Banyak sekali pilihan ukuran dan jenis pot, berbagai merk pupuk dari yang alami, kimia, cair dan juga padat serta berbagai jenis media tanam yang berbeda-beda bagi beberapa jenis tanaman hias bisa menjadi produk turunan yang bisa dijual mendampingi tanaman hias yang menjadi produk utama yang kita jual. Dengan banyaknya produk yang bisa dijadikan ladang uang, tanaman hias bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. 

  • Membantu penghijauan

Seperti yang kita ketahui, tanaman adalah penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh semua mahkluk hidup. Dengan berbisnis tanaman hias kita sudah ikut membantu dalam menghijaukan dunia dan memperbanyak penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan di dunia. Walaupun tanaman hias cenderung kecil, tapi oksigen yang dihasilkan cukup berdampak bagi lingkungan sekitarnya. Belum lagi kemampuan tanaman untuk menyerap zat-zat berbahaya lain yang ada di udara sangat membantu bagi manusia dan mahkluk lain yang hidup disekitarnya.

  • Perawatan mudah

Salah satu keuntungan dari berwirausaha tanaman hias adalah karena perawatan tanaman hias cenderung mudah. Dibandingkan hewan, tanaman hias lebih mudah dalam perawatannya. yang pasti diperlukan adalah sinar matahari dan disiram ketika media tanamnya kering yang itupun tidak harus dilakukan setiap hari. Kebutuhan lain yang harus dipersiapkan adalah pupuk rutin yang bisa diberikan minimal seminggu sekali dan juga prunning apabila tanaman tumbuh terlalu banyak daun. Tanaman hias pun lebih tahan terhadap cuaca dan musim walaupun diletakkan pada area outdoor. Selain itu tanaman hias tidak memerlukan waktu yang lama untuk perawatannya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapat dari berwirausaha tanaman hias. Berbekal hobi dan juga pengetahuan, tanaman hias bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menghasilkan terutama bagi mereka yang bisa mengikuti tren pasti bisa memaksimalkan laba yang bisa didapatkan.