Apa yang Dimaksud Intensif Beserta Jenisnya dan Manfaatnya

Bisa dikatakan, pengaruh intensif sendiri akan cukup besar terhadap karyawan. Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa salah satu jenis daripada komisi adalah intensif. Pada umumnya, intensif akan diberikan dari pihak perusahaan terhadap karyawannya, namun konsepnya berbeda dengan bonus. 

Intensif beda dengan bonus yang akan diberikan kepada karyawan atas dasar keuntungan dari bisnisnya, tetapi karena kontribusi dari karyawan yang sudah menjalankan tugas dengan baik dan dari tugas tersebut berhasil mendapatkan profit ataupun non profit, misalnya pelatihan, kemudian saat kepanitiaan suatu acara dari perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Untuk uang intensif sendiri terdapat manfaat yang cukup banyak, yakni untuk karyawan dan juga perusahaan itu sendiri. Jika terdapat suatu intensif maka, karyawan akan jadi memiliki motivasi untuk bekerja dengan lebih maksimal.

Tidak hanya itu saja, bahkan akan mengerjakan tugas di luar job nya sendiri. Mungkin kamu yang masih awam belum tahu bagaimana manfaat dari intensif dan juga jenisnya, bisa simak ulasannya!

Maksud dari Intensif

Jika berdasarkan KBBI, maksud dari intensif atau artinya adalah tambahan pemasukan yang bukan gaji dan didapatkan karyawan atas dasar suatu tugas yang dilakukan. Jadi bisa dikatakan intensif merupakan kompensasi yang diberikan perusahaan terhadap karyawan atau tenaga kerja dengan maksud sebagai tambahan penghasilan yang di luar dari gaji ataupun upah yang biasanya diberikan setiap bulan, dengan tujuan agar menghargai jerih payah karyawan selama bekerja.

Jenis-Jenis dari Intensif

Pada umumnya, intensif pada setiap perusahaan cukup berbeda satu sama lain. Berikut ini merupakan jenis-jenis daripada intensif. Intip yuk!

Intensif Finansial

Jenis intensif finansial adalah intensif yang diberi dari pihak perusahaan terhadap karyawan dalam bentuk uang digital atau pun kas/tunai. Tentu saja diberikan di luar gaji bulanan dan pada umumnya didapatkan oleh karyawan saat mendapatkan upah.

Intensif Non-Finansial

Sebagaimana dari namanya, jenis yang satu ini adalah intensif yang diberikan dari perusahaan terhadap karyawan yang bukan uang, namun ada hal lain.  Misalnya diberi fasilitas rumah, mobil, pelatihan, jaminan terhadap kesehatan, dana untuk pensiun, dan lain-lain.

Intensif Sosial

Jenis yang satu ini adalh intensif yang termasuk tidak sering disadari para karyawan. Misalnya, intensif dalam menjalin hubungan yang jauh lebih baik antara karyawan, pimpinan kerja sampai dengan klien di perusahaan.

Manfaat Intensif Untuk Karyawan dan Perusahaan

Berikut ini adalah manfaat dari adanya intensif yang bisa didapatkan bagi karyawan. Intip yuk!

  1. Motivasi Kerja Jadi Lebih Meningkat

Manfaat yang bisa didapatkan dari adanya intensif bagi karyawan adalah meningkatkan kinerja demi perusahaan, karena sudah termotivasi untuk bekerja dan menerima tugas dengan optimal. 

  1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Luar Gaji Bulanan

Selanjutnya adalah intensif yang diterima merupakan penghasilan tambahan di luar daripada gaji bulanan. Tentu akan membantu karyawan yang sedang butuh dana lebih.

  1. Tumbuh Rasa Dihargai

Jika karyawan mendapatkan intensif, tentu karyawan akan merasa dihargai atas jerih payah yang selama ini diupayakan untuk perusahaan. Bisa dikatakan juga bahwa, intensif yang diberikan merupakan tanda sebagai ucapan terima kasih terhadap kinerja yang sudah dikerjakan dan diterima oleh karyawan. Sebab dari usahanya itulah karyawan mendapatkan penilaian secara kualitatif maupun kuantitatifnya setelah mendapatkan intensif.

Setelah tahu apa saja manfaat intensif bagi karyawan, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja manfaat intensif bagi perusahaan. Berikut ini manfaat intensif bagi perusahaan yang harus kamu ketahui. Simak yuk!

  1. Kinerja dari Karyawan Semakin Memuaskan

Bisa dikatakan memberikan intensif sama saja dengan memberikan motivasi terhadap karyawan agar mereka bisa mengupayakan kinerja yang maksimal. Dengan memberikan intensif tersebut, diharapkan bahwa karyawan dapat motivasi bekerja dan meningkatkan citra baik perusahaan.

  1. Pimpinan Semakin Dihormati Karyawan

Manfaat selanjutnya adalah, memberikan intensif terhadap karyawan juga akan memberikan dampak mengenai karyawan jadi lebih menghormati pimpinan. Karena, karyawan sudah merasa dihargai atas kinerjanya dan diberikan intensif, maka akan menimbulkan rasa menghormati pimpinan.

  1. Perasaan Memiliki Karyawan Pada Perusahaan Jadi Semakin Besar

Memberikan intensif atas dasar memberikan apresiasi terhadap kinerja karyawan juga sama dengan memiliki rasa kepemilikan karyawan terhadap perusahaan yang cukup besar dan semakin membesar. Pihak dari perusahaan pun tidak memberikan tuntutan harus kerja paksa namun, tentang keterkaitan kerjasama yang terjalin antara karyawan dan juga perusahaan.

  1. Turnover Karyawan Rendah

Perusahaan dengan memberikan intensif terhadap karyawan tentu akan jadi lebih nyaman, khususnya karyawan terhadap perusahaan. Maka, akan ada turnover karyawan jadi turun bersamaan dengan semakin banyak karyawan yang tidak memutus kerja.

  1. Motivasi Karyawan Bisa Kerja di Luar Job desk

Pada poin terakhir, dengan adanya intensif terhadap karyawan tentu akan membangun adanya motivasi karyawan yang semakin rajin. Bahkan, karyawan jadi bisa menerima tugas yang bahkan di luar job desk nya sendiri.