Apakah Mobil Bekas Bisa Diasuransikan

asuransi mobil

Baik mobil baru ataupun bekas tentunya mempunyai perbedaan. Entah dari harga, kenyaman dan performa yang ditawarka ketika berkendara. Walau berbeda, minat untuk membeli kendaraan second tetaplah tinggi dan tentu saja walau hanya mobil bekas, tetap harus memiliki asuransi supaya tidak membebani ketika harus memperbaikinya.

Apakah mobil bekas boleh diasuransikan?

Tentu saja harus dan bisa diasuransikan. Hanya karena harga mobil bekas lebih rendah dari yang baru bukan berarti tidak bisa didaftarkan ke asuransi. Karena pada dasarnya tidak ada manusia yang mengetahui tentang musibah di masa mendatang.

Tentunya asuransi akan memberikan Anda keringanan dari sisi biaya apabila suatu hari nanti mengalami kecelakaan, kehilangan, rusak karena bencana alam dan lain sebagainya. Ketika semua hal itu terjadi, Anda tidak lagi perlu pusing sebab ada ganti rugi dari pihak asuransi.

Asuransi kendaraan terbagi menjadi dua, keduanya merupakan asuransi yang sering digunakan oleh para pemilik kendaraan untuk melindungi mobil mereka, yaitu TOL dan all risk.

Keuntungan dengan mengasuransikan mobil Anda

Sama seperti produk lainnya, asuransi mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan, berikut dibawah ini adalah manfaatnya :

  1. Biaya untuk perbaikan tidak banyak

Seperti yang Anda ketahui bila biaya untuk memperbaiki mobil itu jauh lebih mahal apabila dibandingkan harga satu motor. Tentunya dompet Anda bisa langsung kering dalam sekejap mata hanya untuk perbaikan mobil.

Namun, jika Anda mengasuransikan mobil Anda, tentunya beban untuk memperbaiki kendaraan akan jauh lebih ringan. Karena itu, asuransikan mobil Anda sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Memberikan perasaan aman ketika berkendara

Memfasilitasi kendaraan Anda dengan asuransi tentunya akan memberikan rasa aman dan lega luar biasa ketika sedang berkendara. Tidak lagi merasa takut bila kendaraan akan mengalami kerusakan parah karena terjadi insiden kecelakaan. Karena biaya perbaikannya ditanggung oleh asuransi.

Walau tidak bisa dicover secara keseluruhan, namun setidaknya uang yang nantinya akan diberikan oleh asuransi cukup untuk membantu. Belum lagi bila ternyata pihak penabrak juga ingin memberikan ganti rugi.

  1. Perencanaan keuangan lebih teratur

Dengan menggunakan asuransi, sudah bisa dipastikan bila keuangan Anda akan lebih teratur apabila dibandingkan dengan tidak mengasuransikan kendaraan Anda. Hal ini disebabkan, beban biaya untuk urusan mobil tidak 100% menjadi beban pribadi, namun juga dibantu oleh pihak asuransi.

Hal ini tentunya akan menyelamatkan laju finansial pribadi Anda dari pengeluaran yang berlebihan. Alhasil, pendapatan Anda tiap bulan tidak langsung habis dan bisa digunakan untuk hal lainnya yang lebih membutuhkan.

  1. Proteksi ketika mobil hilang

Siapa yang tidak pusing bila kendaraannya dicuri, walau nantinya pasti akan membeli yang baru. Namun, tetap saja Anda harus mengeluarkan uang yang besar untuk membeli kendaraan baru. Tetapi dengan Anda mengasuransikan mobil tersebut menggunakan TLO, Anda tidak lagi perlu merasa pusing.

Untuk melakukan pengajuan atau mengklaim asuransi, Anda harus melampirkan beberapa berkas serta bukti pendukung, misalnya cctv ketika kejadian. Nantinya bukti tersebut dapat dijadikan sebagai bahan laporan di pihak kepolisian.

  1. Manfaatnya bisa diperluas

Anda juga diperbolehkan untuk mengganti tipe asuransi dari TLO ke all risk bila memang dibutuhkan. Hal harus dilakukan hanyalah mengisi formulir, melengkapi berkas dan selanjutnya seluruh manfaat perlindungan bagi kendaraan menjadi semakin luas.

Namun, sebelum melakukan perluasan. Ada baiknya Anda mencermati persyaratan serta ketentuan yang diberikan oleh pihak asuransi. Jadi, bila ada pertanyaan-pertanyaan terkait asuransi bisa langsung ditanyakan.

Tentunya untuk melakukan perluasan, akan ada biaya tambahan dan nantinya akan diakumulasikan secara langsung kedalam premi. Pastinya harga yang harus Anda bayarkan di tahun berikut akan lebih mahal.

Kekurangan dari asuransi mobil

Tentunya dibalik semua manfaat yang didapatkan, tetap akan ada hal-hal yang dirasa kurang. Seperti berikut ini :

  • Walau secara keseluruhan mengasuransikan kendaraan memang mengurangi pengeluaran, namun Anda tetap harus mengalokasikan sejumlah dana untuk membayar iuran tahunan. Jumlahnya memang tidak besar, tetapi akan terasa berat ketika Anda harus membaginya dengan yang lain.
  • Tidak semua akan dicover oleh pihak asuransi. Bahkan untuk mengklaim asuransi TLO, kerusakan yang dialami harus mencapai 75 persen. Jika tidak, maka Anda harus memperbaiki kerusakan itu dengan uang pribadi.
  • Dalam proses pengklaiman tidaklah mudah, karena banyak prosedur yang harus dilengkapi. Misalnya mengisi formulir, berkas-berkas yang menunjukkan kerusakan atau cctv ketika mobil dicuri. Bahkan Anda juga harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan dana ganti rugi.

Pada umumnya asuransi akan memberikan banyak manfaat pada benda atau produk yang diasuransikan. Tetapi, alangkah baiknya bila Anda tetap teliti sebelum membeli asuransi dan mencermati segala persyaratan serta ketentuannya agar ketika akan melakukan klaim, tidak mendapatkan kendala.