Begini Cara Bikin Portofolio Menarik Untuk Freelancer Desain Grafis

Portofolio merupakan salah satu berkas yang penting bagi seseorang jika kamu akan melamar suatu pekerjaan. Portofolio akan membantu perusahaan untuk melihat apa dan bagaimana kemampuan yang kamu miliki sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Isi dari portofolio berupa beberapa kumpulan karya yang kamu miliki dan dilengkapi dengan identitas, pengalaman kerja, pencapaian dan seluruh informasi tentang diri kamu yang akan membantu mendapatkan pekerjaan yang kamu lamar. 

Tidak terkecuali untuk freelancer desain grafis, portofolio sangat dibutuhkan untuk dapat memuat semua hasil project desain yang kamu buat berupa logo, poster, desain packaging, desain website dan beberapa desain karya lainnya untuk mendukung pernyataan bahwa kamu mampu dan bisa menjadi seorang freelancer desain grafis yang mumpuni di bidangnya. Maka dari itu penting untuk kamu sebagai calon freelancer desain grafis memiliki portofolio yang menarik. 

Cara Bikin Portofolio Menarik

Untuk membuat portofolio yang menarik yaitu kamu harus membuat portofolio dengan sematang mungkin. Kamu harus membuat portofolio sebaik mungkin agar mudah dilirik oleh perusahaan dan menjadikan kamu sebagai dari bagian mereka. Adapun cara membuat portofolio yang menarik yaitu:

Mencari Contoh Portofolio Sebagai Informasi

Sebelum kamu membuat sebuah portofolio sebagai file pendukung untuk mendapatkan pekerjaan freelancer desain grafis, maka yang harus kamu lakukan adalah mencari berbagai contoh menarik dari portofolio yang isinya mengenai desain grafis. Kamu bisa temukan berbagai contoh portofolio menarik sebagai inspirasi dan ide untuk membuat portofolio kamu sendiri. 

Sangat mudah untuk mendapatkan ide membuat portofolio. Saat ini banyak sekali contoh portofolio desain grafis yang tersebar di hampir semua platform internet. Bisa di platform pembuatan portofolio, sosial media bahkan ada di website yang menyediakan contoh portofolio. 

Siapkan Isi yang Ada Dalam Portofolio dengan Lengkap

Perusahaan akan sangat tertarik bukan hanya desain portofolio yang menarik, tetapi juga pada isi dari portofolio itu yang juga menarik. Isi dari portofolio yang menarik yaitu meliputi kelengkapan data dan kelengkapan hasil karya desain grafis yang memenuhi persyaratan. Maka dari itu, ini dia beberapa hal yang harus disiapkan dalam portofolio desain grafis. 

Penjelasan Identitas

Identitas adalah hal yang paling penting dan wajib ada dalam sebuah portofolio. Sebaiknya pada bagian ini kamu dapat menjelaskan identitas diri kamu dengan singkat dan jelas. Beberapa hal yang harus ada pada bagian ini yaitu nama lengkap, kontak informasi seperti nomor telepon, alamat dan email. Selanjutnya akun sosial media, dan kamu bisa menambahkan sedikit saja deskripsi diri yang dibuat sejelas mungkin. 

Lengkapi Dengan Curriculum Vitae atau CV

Untuk menyajikan data informasi diri lebih jelas lagi, kamu bisa memasukkan CV atau Curriculum Vitae ke dalam portofolio desain grafis yang kamu buat. Curriculum vitae bisa membuat tentang pengalaman organisasi, pengalaman kerja dan informasi diri yang dapat menjelaskan seberapa penting untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Lengkapi dengan Hasil Desain Grafis yang Dimiliki

Pada portofolio isi yang harus kamu tonjolkan adalah hasil desain grafis yang kamu miliki. Ini adalah bagian terpenting dari kamu membuat portofolio. Hasil desain yang kamu buat akan sangat menentukan apakah kamu dapat layak bergabung dengan perusahaan tersebut, atau tidak. Maka kamu harus maksimal dalam pemilihan desain yang akan kamu simpan dalam portofolio sebagai freelancer desain grafis. 

Lengkapi dengan Pencapaian Diri

Selain mencantumkan hasil desain grafis yang kamu miliki, kamu juga bisa melengkapi portofolio dengan pencapaian diri kamu selama menjadi desain grafis. Misalnya kamu mendapatkan sertifikat penghargaan, sertifikat lomba desain grafis atau beberapa pencapaian yang dapat berkaitan dengan bidang desain grafis. 

Memilih Platform untuk Membuat Portofolio

Setelah menentukan apa saja isi yang harus kamu tulis dalam portofolio, maka kamu harus mulai memilih platform mana yang tepat untuk membuat portofolio desain grafis. Kamu bisa mencari platform yang terpercaya dan memiliki rating pembuatan portofolio yang bagus untuk dijadikan tempat kamu membuat portofolio yang menarik. 

Membuat Desain Menarik untuk Portofolio

Sebagai seorang desain grafis, tentu yang pertama kali dilihat dari portofoliomu adalah desain dari portofolio yang kamu bikin. Perusahaan akan melihat secara singkat apakah desain portofolio yang kamu miliki menarik atau tidak. Jika portofolio nya saja sudah menarik, berarti akan menjadi cerminan kemampuan yang kamu miliki. Sedangkan jika tidak menarik, pasti tidak akan membuat pembaca terkesan bahkan sebelum membaca isinya. 

Sebagai calon freelancer desain grafis, kamu harus memiliki portofolio yang menarik untuk dapat mengesankan suatu perusahaan untuk menggaet kamu sebagai salah satu desainer grafis mereka. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melamar kerja untuk menjadi seorang freelancer desainer harus membuat portofolio dengan baik agar menarik.