Beli Rumah atau Bangun Rumah? Mana yang Lebih Untung

Tentu saja mempunyai rumah menjadi impian untuk semua orang. Tetapi untuk mewujudkan impian tersebut, pastinya bukan menjadi hal yang mudah. Selagi memerlukan biaya yang sangat banyak, beberapa orang merasa bingung antara ingin membangun rumah dari nol atau membeli rumah yang sudah jadi.

Sesudah berpikir beberapa lama anda belum juga menemukan jawaban tersebut, ada bakarnya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan membangun rumah atau membeli rumah jadi pada penjelasan di bawah ini yang sudah dirangkum.

Kelebihan membeli rumah yang sudah jadi

  • Tidak repot membangun

Biasanya kunci rumah akan diberikan saat anda telah membayar DP pada developer. Pada waktu itu juga, Anda pun dapat menempati langsung rumah tanpa harus mengurus hal hal lain lagi. Jadi, Anda terima bersihnya saja

Pasti, membeli rumah yang sudah jadi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang telah menikah maupun yang telah memiliki anak dibandingkan harus mengontrak atau kos dengan keluarga.

Memang untuk harga dari satu rumah yang telah jadi ini sangat mahal, namun bisa lebih mahal lagi bila anda menunda membelinya. Karena, setiap tahunnya harga rumah akan selalu naik hingga harganya tidak masuk akal. 

  • Ada kesempatan untuk menabung

Ingin anda bayar cicil maupun tunai, membeli rumah jadi tetap saja akan menguras seluruh isi tabungan Anda. Tetapi, pesan tersebut terjadi hanya satu kali saja selama hidup anda sebab Anda tidak harus mengeluarkan biaya apapun setelah itu. Sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menabung.

Lumayan bukan? Tabungan tersebut dapat anda pakai untuk kepentingan lain di masa mendatang misalnya membeli perabotan baru, merenovasi ataupun anda membeli rumah lagi. Sementara untuk jumlah tabungan, masing masing orang tentunya berbeda sesuaikan dengan pengeluaran dan pendapatan Anda setiap bulannya sehingga mengetahui berapa nominal yang tepat untuk dapat di tabung.

Kekurangan membeli rumah jadi

  • Tidak sesuai selera

Sesuai dengan Namanya yaitu rumah jadi, berarti anda membayar nya dan langsung menempati rumah tersebut. Anda tidak bisa memberikan masukan tentang design maupun konsep pada developer, sebab semua hal tersebut telah ditentukan oleh pihak yang memegang tanggung jawab tersebut.

Biasanya untuk rumah yang ada di komplek, dapat dipastikan konsep rumahnya. Bahkan terdapat kemungkinan jika perabotan dalam rumah tersebut juga sama. Kecuali jika luas bangunan dari rumah tersebut berbeda, bisa saja design maupun konsepnya akan berubah sedikit.

Untuk Anda yang ingin membuat rumah sesuai dengan selera Anda, maka Anda tidak disarankan untuk membeli rumah jadi karena pastinya ada beberapa selera yang tidak anda sukai.

  • Bunga nya besar

Membeli rumah jadi ini dengan cara KPR ataupun kredit, maka pastinya Anda harus membayar angsuran pokok ditambah juga dengan bunga yang diberikan setiap bulannya. Lalu, apabila dihitung hitung hingga pembayaran lunas, Anda harus membayar kan bunga pinjaman yang sangat besar meskipun persentase bunga tersebut hanyalah 0,5% saja.

Ini menjadi hal wajar jika developer akan mengambil keuntungan sebab pembelian anda sangat beresiko. Jika pembayaran tidak lunas atau terlambat, maka developer sendiri yang harus membayar cicilan tersebut kepada bank. Tidak hanya Anda, namun pembeli lain yang bermasalah pun harus dibayar oleh developer.

Kelebihan membangun rumah

  • Bisa sesuai selera

Anda sebagai pemilik rumah, tentunya Anda dapat membangun rumah sesuai selera Anda. Mulai dari desain, ukuran, konsep sampai perabotan yang akan anda taruh di dalam rumah pun dapat Anda tentukan sesuai dengan selera. Ada pula tidak harus berurusan dengan para developer, tetapi Anda harus menggunakan arsitek, desain interior dan membayar tukang untuk membuat rumah Anda menjadi bagus.

Untuk hasil yang bagusnya, Anda dapat mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan anda sebelum mulai membangun. Atau Anda pun dapat mencari referensi nya di internet supaya anda bisa membangun rumah sesuai dengan keinginan.

  • Lahan dapat dimanfaatkan

Sebelum Anda membangun rumah, rumah merupakan lahan yang kosong dan tidak terurus. Namun sebelum rumah, Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk mengembangkan beberapa bisnis yang anda miliki misalnya beternak, berkebun, maupun kuliner demi menambah pemasukan untuk modal membangun rumah.

Kekurangan membangun rumah

  1. Mengeluarkan banyak biaya

Untuk membuat rumah dari lahan kosong, Anda pastinya harus menyiapkan dana yang besar sebab biaya pembangunan tersebut sangat mahal. Belum lagi ada harus membeli perabotan serta membayar jasa desain interior serta jasa arsitek yang jumlahnya bisa ratusan juta. 

  1. Kurang praktis

Dari sisi praktisi, pastinya sudah sangat dari praktis. Harus merancang konsep mencari dan tukang sampai mengurus dokumen untuk kepemilikan rumah, Anda lah sendiri yang harus mengurusnya. Hal tersebut pastinya menguras tenaga, biaya, dan waktu yang tidak sebentar.

Nah, itu tadi ulasan mengenai membeli rumah atau membangun rumah yang bisa menjadi pencerahan untuk Anda yang masih bingung.