Berikut Deretan Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

Anda merupakan siswa kelas 12 dan sedang mencari jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA? Tidak perlu bingung, Anda dapat mencari rekomendasi jurusan kuliah untuk anak IPA disini.

Tentu saja, menentukan jurusan untuk masuk di perkuliahan tidaklah sembarangan memilih. Karena jurusan tersebut akan anda jalani dan juga menjadi penentu masa depan serta karir Anda nantinya. Khusus anak IPA, di bawah ini terdapat rekomendasi jurusan kuliah yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan Anda.

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

1.     Pendidikan dokter

Peminat di jurusan ini tentu saja sangat ramai setiap tahunnya. Anda bisa bekerja di Puskesmas, rumah sakit, klinik sendiri, dan kementerian kesehatan. Bila dihitung dari mulai kuliah, kok as dan magang, anda memerlukan tujuh tahun guna mendapatkan STR atau izin praktek.

Pastinya sangat lama, namun sebanding  dengan gaji yang nantinya Anda peroleh. Apalagi, bila anda berniat untuk menempuh Pendidikan lebih lanjut ke spesialis. Tidak hanya dapat menolong pasien saja, tetapi anda pun bisa mendapatkan gaji puluhan juta perbulan.

2.     Kedokteran gigi

Jurusan berikutnya yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu kedokteran gigi. Kesehatan mulut tentu saja penting seperti organ tubuh lainnya. Tidak menjadi rahasia lagi bila jumlah siswa yang ingin masuk ke jurusan ini hingga ribuan.

Mirip dengan jurusan kedokteran, Anda wajib mengenyam Pendidikan hingga tujuh tahun. Apabila anda ingin mengambil spesialis pun boleh. Seperti spesialis konservasi gigi yang berfokus untuk estetika gigi contohnya scaling atau bleaching.

3.     Kedokteran hewan

Masih di dunia kedokteran. Apakah Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Tidak hanya anjing atau kucing saja, kuliah di jurusan yang satu ini pun anda akan mempelajari seluruh penanganan dari satu air hingga unggas. Untuk durasi kuliahnya sendiri selama enam tahun, mulai dari preklinik hingga profesi.

Selain itu, menjadi dokter hewan dapat membuat dan membuka klinik sendiri, Lembaga konservasi, kebun binatang, dan puskeswan. Apakah Anda berminat menjadi mahasiswa di jurusan ini?

4.     Farmasi

Apakah anda menyukai mata pelajaran biologi, fisika, atau kimia? Tentu saja jurusan yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Di jurusan farmasi, anda akan belajar mengenai formula senyawa untuk kosmetik, minuman, dan makanan.

Itulah mengapa, lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di mana saja, tidak harus menjadi apoteker. Selain itu, peluang kerjanya pun sangat luas, Anda dapat menjadi peneliti, quality control, dosen, produk developer pada perusahaan skin care dan lainnya.

5.     Kesehatan masyarakat (Kesmas)

Jangan dulu salah paham tentang jurusan ini, tidak untuk mengobati pasien tetapi tindakan pencegahan orang sehat supaya tidak terkena penyakit. Sebab berhubungan dengan masyarakat, Anda dapat bekerja pada organisasi dunia misalnya who, kementerian sosial dan kementerian kesehatan. Jurusan yang satu ini pun bisa Anda temui di UI, USU, Unnes, Undip, Unhas, dan Unair.

6.     Kebidanan

Jurusan yang satu ini sangat mulia karena anda akan menolong nyawa bayi dan ibunya. Tidak hanya mempelajari tentang persalinan saja, Anda pun akan memperoleh mata kuliah seperti pranikah, konsep remaja, dan asuhan balita hingga perencanaan keluarga. Bukankah hal tersebut menarik? Jurusan ini pun menyediakan jenjang S1, D4 dan D3. Jurusan kebidanan bisa di Politeknik, Akademi, ataupun universitas. Sesudah anda lulus, anda akan mendapatkan gelar S.Keb.

7.     Keperawatan

Jika Anda memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi dan juga memiliki Empati untuk sesame, jurusan yang satu ini tentu saja cocok untuk Anda. Lain dengan dokter yang tugasnya menganalisis penyakit, keperawatan memiliki tugas untuk memberikan pelayanan pada pasien yang sakit sampai sembuh. Cekatan, terampil, dan dapat berkomunikasi merupakan skill yang wajib dimiliki. Anda pun wajib menjalankan Pendidikan profesi Ners agar dapat bekerja.

8.     Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Jurusan yang satu ini masih jarang peminatnya padahal peluang kerjanya sangat bagus sekali. Anda dapat bekerja di sebuah perusahaan konstruksi menjadi Engineer, environment spesialis ataupun safety manager. Anda pasti tahu angka pembangunan di Indonesia terus meningkat per tahunnya. Oleh karena itu jurusan yang satu ini cocok untuk Anda yang peduli akan keselamatan orang lain.

9.     Ilmu gizi

Jurusan ilmu gizi merupakan Bkt yang nantinya akan mempelajari mengenai pola makan yang memiliki pengaruh pada kesehatan manusia. Mata kuliahnya seperti gizi olahraga, manajemen jasa makanan, ekonomi pangan, dan biokimia. Sesudah lulus, Anda dapat bekerja menjadi pengusaha kuliner, PNS, quality control, staff BPOM dan ahli gizi.

10.  Teknik kimia

Jurusan ini menggabungkan ilmu alam dan eksperimen fisika, biologi, kimia, ekonomi, matematika, hingga design. Tentunya memusingkan bukan? Namun, apabila anda senang bereksperimen, Anda dapat mencoba jurusan ini. Sesudah lulus, anda bisa menjadi ahli pangan, ahli pertambangan, Ahli Perminyakan, dan sebagainya.