Besaran Pajak untuk Plat Nomor Cantik hingga Cara Membuatnya

pajak plat nomor cantik

Sebagian dari masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi sering kali mempertanyakan berapa pajak plat nomor cantik. Bagi Anda yang memiliki minat untuk menggunakan plat nomor cantik, ada beberapa prosedur resmi yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Mengingat dari pemilik kendaraan tidak hanya perlu memikirkan tentang pajak dari plat nomor cantik, akan tetapi juga harus mematuhi aturan serta biaya tambahan yang harus dibayarkan. Pemerintah dan juga Polri telah menetapkan biaya resmi dalam pembuatan plat pilihan atau nomor cantik tersebut.

Plat nomor cantik tersebut dapat digunakan pada kendaraan baru atau juga ganti NRKB biasa ke pilihan ataupun sebaliknya. Perbedaan tarif atau pajak plat nomor cantik tersebut tergantung pada penggunaan angka serta huruf yang dipakai. Biasanya untuk biaya yang dikenakan mulai dari 5 juta hingga 20 juta.

Pemilik kendaraan tersebut harus membayarkan pajak dari plat nomor cantik serta memilih angka dan huruf yang akan digunakan. Besaran tarif untuk plat nomor cantik tersebut yaitu:

Besaran Pajak atau Tarif dari Plat Nomor Cantik

  • NRKB 1 angka yaitu sebesar 15 juta yang memiliki huruf di belakang jika tidak memiliki huruf sebesar 20 juta
  • NRKB 2 angka yaitu sebesar 10 juta yang memiliki huruf di belakang jika tidak memiliki huruf sebesar 15 juta
  • NRKB 3 angka yaitu sebesar 7,5 juta yang memiliki huruf di belakang jika tidak memiliki huruf sebesar 10 juta
  • NRKB 4 angka yaitu sebesar 5 juta yang memiliki huruf di belakang jika tidak memiliki huruf sebesar 7,5 juta

Aturan penggunaan untuk Plat nomor pilihan

Tidak hanya harus mengetahui besaran tarif atau pajak dari plat nomor pilihan tersebut, akan tetapi pemilik kendaraan tersebut harus memahami aturan yang berlaku dalam penggunaan plat nomor cantik itu.

bayar pajak bumi dan bangunan

Dijelaskan pada peraturan terdapat sebanyak 6 poin yang mengatur plat nomor pilihan tersebut dan wajib untuk diketahui bagi seluruh masyarakat. Kemudian juga ada peraturan dalam penggunaan plat nomor cantik yaitu NRKB atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor pilihan tersebut berlaku sampai lima tahun dan juga dapat untuk diperpanjang lagi dengan kode wilayah sebelumnya.

Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor pilihan tersebut tidak berlaku jika pemilik kendaraan dipindahtangankan ke pihak lain maupun mutasi luar wilayah. Kemudian NRKB pilihan akan tetap berlaku jika pemilik kendaraan melakukan perubahan alamat, warna hingga mesin pada kode wilayah sama.

Masa berlaku dari  NRKB pilihan telah tercantum pada surat keterangan NRKB yang dikeluarkan dari Ditlantas Polda. Memperpanjang NRKB pilihan dapat dilakukan secara bersamaan perpanjang STNK yang nantinya masa berlaku akan disamakan dengan STNK.

Jika kendaraan dipindah tangan sebelum NRKB pilihan tersebut jatuh tempo, maka sisa masa berlaku tersebut tetap akan habis sedangkan untuk penerbitan STNK baru serta penerbitan NRKB pilihan baru dalam waktu lima tahun.

Cara untuk membuat plat nomor pilihan melalui Samsat atau secara Online

Membahas pajak plat nomor pilihan atau nomor cantik serta cara mengurusnya, bagi setiap pemilik kendaraan harus mengingat plat nomor cantik tersebut juga merupakan NRKB pilihan atau berdasarkan permintaan dari pemilik kendaraan.

NRKB adalah tanda atau juga simbol yang berupa angka dan huruf atau kombinasi keduanya dan memuat kode wilayah serta nomor registrasi berfungsi untuk identitas kendaraan bermotor tersebut.

Dalam proses mengurus NRKB pilihan secara resmi, sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu lagi untuk menggunakan jasa calo atau memesan melalui tempat pencetakan plat yang non-resmi yang biasa terlihat di pinggir jalan raya.

Agar dapat memesan atau membuat plat nomor cantik tersebut, dapat dilakukan menggunakan dua cara, yaitu dengan langsung mendatang Samsat atau juga secara online melalui Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional atau ROPILNAS.

Sebelum membuat plat nomor cantik tersebut, terlebih dahulu siapkan beberapa dokumen yang akan digunakan dalam persyaratan pembuatannya mulai dari BPKB, STNK hingga bukti pembelian kendaraan tersebut dari dealernya.

Syarat untuk mengurus NRKB pilihan secara Online

Setelah memahami besaran pajak pada plat nomor cantik/pilihan, Anda dapat mengurus pembuatannya secara online dan caranya juga cukup mudah dilakukan. Untuk gambarannya apabila Anda ingin mengurus NRKB tersebut dapat dilakukan dengan mendatangi dealer mobil maupun kantor pelayanan BPKB.

Kemudian Anda dapat menggunakan alat maupun kios ROPILNAS yang telah tersedia pada lokasi tersebut. Para pemohon dapat memilih nomor polisi yang mereka inginkan dengan menyesuaikan domisili.

Apabila nomor pilihan belum digunakan, pemohon dapat langsung mengisi e-form pada alat ROPILNAS. Kemudian Anda dapat mengisikan data diri mulai dari NIK, nomor telepon hingga alamat email.

Pemohon juga memperoleh kode booking nomor virtual account dan nomor polisi untuk melakukan pembayaran melalui bank. Bank yang telah menyediakan layanan pembayaran tersebut yaitu Bank BNI. Anda juga dapat melakukan pembayaran dari berbagai layanan yang disediakan oleh bank, mulai dari mobile banking, SMS banking, outlet BNI, ATM dan teller.

Itulah tadi penjelasan mengenai berapa besaran pajak plat nomor cantik, cara membuatnya, aturan penggunaannya hingga syarat untuk mengurus NRKB tersebut.