Biaya Cek Darah di Rumah Sakit Jabodetabek

biaya cek darah

Dalam dunia medis, cek darah hal yang paling umum. Di mana cek darah ditujukan untuk banyak hal, apalagi jika Anda ingin menjalani cek kesehatan yang biasanya memang mengharuskan Anda untuk melakukan cek darah. Lalu berapakah biaya cek darah di rumah sakit untuk wilayah Jabodetabek? Ikuti terus artikel ini. 

Tujuan dari Cek Darah 

Sebelum membahas dari biaya untuk cek dara di rumah sakit, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja tujuan dari pengecekan ini sendiri. Berikut ini adalah tujuan dari cek darah yang dilakukan di rumah sakit: 

  • Mengetahui masalah kesehatan 

Tujuan pertama dilakukan cek darah adalah untuk mengetahui masalah kesehatan yang ada pada tubuh. Pengecekan darah untuk mencari masalah kesehatan sendiri belum tentu akan berujung pada diagnosis sebuah penyakit. Di mana prosedur ini sendiri dilakukan agar pasien dapat mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang sedang terjadi ataupun yang akan terjadi. 

Semisalnya pengecekan darah untuk mengetahui kadar gula atau kolesterol dalam tubuh. Di mana belum tentu pada saat melakukan pengecekan sudah pasti terkenda penyakit diabetes atau darah tinggi. Dengan cek darah yang dilakukan maka Anda bisa mengetahui apa saja yang terjadi dalam tubuh. 

  • Peradangan akut 

Tujuan dari cek darah selanjutnya adalah untuk mengetahui apakah ada peradangan akut yang terjadi pada tubuh. Tes untuk mengecek peradangan akut dalam tubuh sendiri disebut dengan Tes Uji Protein C – reaktif. 

Protein ini sendiri adalah jenis protein yang dihasilkan oleh hati, di mana jika angka C – reaktif lebih tinggi dari pada angka normal yang seharusnya, maka dapat diketahui bahwa tubu sedang terjadi peradangan. Dari sini nanti dokter akan melakukan pengecekan lebih lanjut serta memberikan penanganan yang tepat terhadap peradangan yang terjadi. 

  • Mengecek kondisi radang serta infeksi yang terjadi dalam tubuh 

Perlu sekali dilakukan cek darah jika memang ingin melihat kondisi radang serta infeksi yang terjadi dalam tubuh. Untuk pengecekan darah yang satu ini sendiri akan dilihat laju endapan darah dalam tubuh pasien. Di mana nanti akan terlihat seberapa parah peradangan serta infeksi kronis yang terjadi. 

Penyakit seperti tumor, kanker atau autoimun sendiri adalah jenis penyakit yang akan menyebabkan peradangan serta infeksi. Tes sendiri dilakukan dengan melihat seberapa cepat darah akan mengendap ke dasar tabung. Jika proses pengendapan berlangsung dengan sangat cepat, maka peradangan serta infeksi yang terjadi juga terbilang parah. 

  • Kandungan elektrolit serta mineral 

Selain itu, cek darah perlu dilakukan untuk mengetahui kandungan elektrolit serta mineral yang ada dalam tubuh. Di mana elektroit serta mineral ini mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan kebutuhan air sehat dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, mineral dan elektrolit juga ditujukan agar dapat memecah nutrisi serta mengirimkannya ke seluruh sel-sel tubuh. 

Tes ini sendiri diperuntukan bagi penderita seperti diabetes, gagal ginjal, dehidrasi, gangguan jantung dan lain sebagainya yang sedang menjalani pengobatan agar dapat mengetahui level atau kadar mineral yang ada dalam tubuh. 

  • Mengecek kinerja jantung 

Cek darah juga ditujukan untuk mengetahui kondisi serta kinerja jantung. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa pengecekan kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat penting dilakukan agar mengetahui kondisi jantung. Apabila kadar dari kolesterol jahat dalam darah berada diangka yang tidak normal, maka bisa dikatakan Anda harus segera melakukan penanganan atau perawatan agar resiko terkena penyakit jantung tidak semakin besar. 

biaya cek darah

Itulah beberapa tujuan dari cek darah, di mana cek darah tersebut adalah yang lengkap. Di mana ada beberapa cek darah untuk melakukan pengecekan kecil seperti golongan darah. Cek golongan darah sendiri biasanya ditujukan untuk tindakan medis seperti transfusi darah dan lain sebagainya. 

Biaya Cek Darah di RS Jabodetabek 

Lalu berapa besaran biaya yang dikenakan untuk cek darah di rumah sakit sekitar Jabodetabek. Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa setiap rumah sakit menetapkan biaya yang berbeda-beda. Lalu, perlu diingat cek darah apa yang akan dilakukan. 

Untuk cek darah lengkap kisaran biaya yang akan dikenakan adalah sekitar Rp. 80.000,- hingga Rp. 200.000,-. Di mana cek darah ini termasuk pengecekan untuk poin yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya. Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan untuk golongan darah adalah sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 90.000,-. 

Untuk cek darah lengkap dapat menggunakan BPJS yang nantunya tidak akan dikenakan biaya. Namun, penggunaan BPJS untuk pengecekan darah lengkap, Anda harus mengikuti prosedur yang berlaku. Tapi untuk pengecekan golongan darah sendiri, BPJS tidak akan menanggung biaya karena hal tersebut adalah keinginan sendiri. Kecuali, cek golongan darah tersebut bertujuan untuk tindakan medis seperti transfusi darah. 

Itulah perkiraan biaya cek darah di rumah sakit yang ada di sekitar Jabodetabek. Di mana jika Anda ingin melakukan cek darah harus terlebih dahulu mengetahui tujuannya agar dapat dilakukan pengecekan sesuai dengan kebutuhan.