Biaya CT Scan di Rumah Sakit Jabodetabek

biaya CT scan

Dunia medis memang sangatlah kompleks, di mana sudah banyak sekali tercipta alat untuk mendukung prosedur medis yang dilakukan salah satunya adalah CT scan. Alat yang juga disebut dengan Computerized Tomography ini, diciptakan pada tahun 1970an awal dan menjadi salah satu pemindai dalam dunia medis yang sering digunakan. Lalu berapa biaya CT scan di rumah sakit Jabodetabek? Simak terus artikel ini. 

Tentang CT Scan

Sebelum membahas tentang biaya yang akan dikenakan ketika Anda melakukan CT scan, ada baiknya mengenali sebenarnya apakah CT scan ini. Bisa dikatakan CT scan adalah salah satu teknologi medis yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam terhadap organ tubuh manusia. Di mana teknologi ini menggabungkan antara komputer dan sinar X. 

Dengan menggunakan CT scan, ahli medis dapat melihat secara lebih detail dari bagian kepala, tulang belakang, bahu, lutut, jantung, perut hingga bagian dada pasien. Alat ini sendiri berbentuk seperti terowongan, di mana terdapat tempat pasien berbaring dan nantinya pasien akan melewati mesin CT scan tersebut untuk dilakukan pemindaian. Orang yang mengoperasikan alat ini sendiri disebut sebagai CT Radiographer. 

Fungsi dari CT Scan  

Setelah mengetahu penjelasan singkat tentang CT scan, maka sudah pasti Anda perlu mengetahui fungsi dan tujuan dilakukannya prosedur pemeriksaan yang satu ini. CT scan sendiri tidak hanya dilakukan kepada orang dewasa saja, prosedur ini juga dilakukan kepada anak-anak. Di bawah ini adalah fungsi dari CT scan: 

  • Untuk melakukan diagnose terhadap gangguan otot dan tulang.
  • Menentukan di mana lokasi adanya tumor dalam tubuh pasien.
  • Menjadi salah satu prosedur tambahan untuk dilakukannya biopsy, operasi bedah ataupun terapi radiasi. 
  • Memantau atau mendeteksi penyakit tertentu. 
  • Mengawasi keefektifan suatu pengobatan. 
  • Untuk mencari tahu atau mendeteksi adanya pendarahan atau cedera pada bagian dalam tubuh.

Dari penjelasan di atas, maka dapat dilihat bahwa fungsi CT scan adalah untuk melakukan pengecekan lebih dalam pada bagian dalam tubuh pasien. 

Biaya CT Scan Di RS Jabodetabek 

biaya CT scan

Bagi Anda yang ingin melakukan prosedur CT scan, tentu saja ingin tahu mengenai berapa biaya yang akan dikenakan. Perlu Anda ingat bahwa setiap rumah sakit sendiri menentukan harga yang berbeda-beda, tergantung dari rumah sakit yang dipilih. Untuk pasien umum yang memeriksakan diri di rumah sakit swasta, kisaran biayanya adalah sekitar Rp. 800.000,- hingga Rp. 3.500.000,-. 

Berbeda jika Anda adalah peserta BPJS yang memerlukan prosedur CT scan, maka biaya yang dibebankan adalah 0 rupiah alias gratis. Namun, tentu saja dengan mengikuti ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan oleh BPJS dan pihak rumah sakit. 

Bagi Anda yang memang tidak ingin terbebani dengan biaya yang besar, ada baiknya mendaftar sebagai peserta BPJS. Mengingat bahwa biaya untuk prosedur CT scan ini sendiri terbilang mahal. Apalagi jika Anda melakukannya di rumah sakit swasta yang sudah jelas memasang harga yang tinggi. 

Efek dari CT Scan 

Setelah mengetahui dengan jelas berapa biaya yang dikenakan untuk prosedur CT Scan di rumah sakit Jabodetabek, maka selanjutnya harus mengetahui apa saja efek samping prosedur ini. Berikut ini adalah efek sampingnya: 

  • Adanya paparan radiasi 

Ketika dilakukan prosedur CT scan, maka pasien akan terkena paparan radiasi. Tentu saja tidak terlalu lama pasien akan terkena paparan ini. Namun, tetap saja kadar radiasi dari CT scan ini lebih tinggi dari ronsen. Tapi perlu Anda ketahui, bahwa jumlah radiasi yang ada tidaklah besar bahkan cenderung tidak membahayakan bagi tubuh pasien. Apabila Anda ragu melakukan pemeriksaan CT scan karena adanya efek ini, maka Anda bisa berbicara kepada dokter untuk bisa mendapatkan solusi atau penjelasan lebh dalam. 

  • Gangguan bagi janin 

Bagi ibu hamil, pemeriksaan CT scan sendiri perlu sekali berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Maka, jika memang Anda dalam keadaan hamil lebih baik berbicara kepada dokter. Walaupun sinar radiasi tidak akan berbahaya kepada janin, namun tentu saja tetap terpapar radiasi. Jika memang ada solusi lain pemeriksaan lebih dalam di dalam organ tubuh dapat menggunakan USG atau MRI. 

  • Reaksi cairan kontras 

Untuk efek yang satu ini sendiri sangatlah jarang terjadi, namun tetap ada resiko yang bisa dirasakan oleh pasien. Apabila cairan kontras ini masuk ke dalam tubuh sebelum prosedur CT scan dilakukan, maka ada kemungkinan menyebabkan ruam ataupun gatal pada kulit. Resiko nyeri dan juga sakit akan dirasakan apabila terjadi kebocoran cairan kontras dalam tubuh. 

Itulah beberapa penjelasan tentang CT scan, dimulai dari biaya hingga efek sampingnya. Perlu sekali Anda ingat, jika biaya CT scan di seluruh rumah sakit yang ada di Jabodetabek tidaklah sama. Terlebih tidak semua rumah sakit memiliki alat pemindai yang satu ini. Jadi, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu rumah sakit mana saja yang mempunyai prosedur CT scan ini.