Biaya Haji Plus Beserta Perkiraan Masa Tunggunya

biaya haji plus di mekkah

Bagi umat muslim, menunaikan ibadah haji adalah hal yang sangat penting. Di mana ibadah haji tercantum dalam rukun islam ke lima, sehingga ibadah ini menjadi mimpi umat islam khususnya untuk masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri selalu mendapatkan kuota haji setiap tahunnya, di mana untuk bisa terdaftar Anda pun harus mengetahui besaran biaya haji plus dan juga regular. 

Perkiraan Biaya Haji Plus dan Waktu Tunggunya 

Biaya haji sendiri yang disediakan pemerintah ada beberapa kategori, di mana yang pertama adalah haji plus. Program yang satu ini sendiri adalah kenaikan haji yang diadakan adalah program yang diadakan oleh travel PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang telah terdaftar di kementrian agama. 

Untuk paket haji plus ini sendiri diberikan kepada masyarakat yang ingin menjalankan ibadah haji dalam waktu tunggu yang singkat. Biasanya paket ibadah haji plus ini membutuhkan waktu tunggu dari 7 hingga 9 tahun sebelum akhirnya bisa berangkat haji di tanggal yang sudah ditentukan. Lalu berapa besaran biaya yang diberikan?

Biaya paket haji plus ini sendiri biasanya terbilang lebih mahal, apalagi hotel yang digunakan saat melaksanakan haji juga bintang 5 dan berada di pusat kota Mekkah dan Madinah. Untuk paket biaya haji plus terdapat pilihan harga paket yaitu sebagai berikut ini: 

  • Paket perorangan 

Untuk paket perorangan adalah paket bagi Anda yang ingin berangkat sendiri dan rombongan, di mana besaran biayanya sekitar $11.000. 

  • Paket keluarga double 

Adapun paket double yang bisa dipilih untuk keberangkatan haji dengan keluarga, di mana besaran biayanya adalah sekitar $11.750.

  • Paket keluarga triple 

Lalu untuk paket keluarga triple yang besaran biayanya adalah sekitar $12.750. 

Dalam rupiah sendiri besaran biaya untuk haji plus adalah sekitar Rp. 150.000.000,- hingga Rp. 180.000.000,-. Tapi perlu Anda ketahui bahwa setiap travel haji plus sendiri memberikan harga yang berbeda-beda. Namun, haji plus memang pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan fasilitas terbaik ketika melaksanakan ibadah haji. 

Biaya Haji Reguler dan Masa Tunggunya 

Bagi Anda yang merasa masih mudah dan ingin mendapatkan biaya naik haji yang lebih murah, maka dapat memilih program haji regular. Namun, untuk waktu tunggu untuk bisa naik haji dengan paket yang satu ini terbilang lama sekitar dari 11 tahun hingga 29 tahun. Hal tersebut bisa terjadi karena kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia tidak terlalu banyak. Di mana ini menjadi ketidakseimbangan yang memang harus bisa dipahami oleh masyarakat. 

Fasilitas yang diberikan untuk paket haji regular tentu berbeda dengan yang plus, di mana biasanya ada beberapa perbedaan termasuk dari penginapannya. Jika pada haji plus, peserta haji akan menginap di hotel bintang 5 serta dekat dengan Madinah ataupun Mekkah. Maka, untuk haji regular penginapannya akan dibagi berdasarkan kloter dan wilayah yang biasanya jaraknya lebih jauh. 

Untuk perkiraan biaya dari haji regular ini adalah adalah sekitar Rp. 44.300.000,- per orangnya. Namun, perlu Anda pahami bahwa biaya ini bisa saja berubah tergantung dari embarkasi yang memberangkatkan Anda untuk ibadah haji. 

Biaya Haji Furoda dan Masa Tunggunya 

Untuk program haji Furoda ini sendiri berbeda dari kedua program yang diadakan oleh pemerintah Indonesia. Program Haji Furoda adalah program yang diadakan bagi masyarakat tanpa perlu menunggu kuota. Kenapa? Karena paket Haji Furoda adalah undangan langsung dari pemerintah Arab Saudi, sehingga pesertanya bisa berangkat langsung tanpa harus menunggu. 

biaya haji plus

Tapi, tidak semua orang bisa mendaftar haji Furoda ini, karena yang bisa berangkat adalah yang sudah dipiih langsung oleh pemerintah Arab Saudi. Sehingga nantinya peserta tidak perlu antri untuk bisa berangkat menjalankan ibadah haji. Terlebih lagi visa yang digunakan pun adalah visa undangan dari Pemerintah Arab. Untuk besaran biayanya sendiri adalah sekitar Rp. 24.000.000 hingga Rp. 42.000.000.

Pertimbangan dalam Menghitung Biaya Naik Haji 

setelah Anda mengetahui besaran biaya dan lama masa tunggu untuk melaksanakan haji, maka Anda harus mengetahui beberapa pertimbangan menghitung biaya naik haji. Berikut ini adalah pertimbangannya: 

  • Jangka waktu tunggu 

Pertimbangan pertama adalah dari jangka waktu tunggunya. Di mana lama jangka waktu tunggunya dapat mempengaruhi kenaikan biaya haji. Masa tunggu dari haji plus adalah sekitar 7 tahun hingga 9 tahun. 

  • Kenaikan kurs dollar 

Karena perhitungan untuk paket naik haji plus adalah dengan kurs dollar, maka ada kemungkinan biaya akan naik bergantung dari kurs dollar yang sedang terjadi. Karena bisa saja kurs dollar akan mengalami kenaikan selama masa tunggu. 

Itulah penjelasan tentang biaya haji plus, regular dan furoda. Di mana untuk dapat menjalankan ibadah haji memang harus mempertimbangkan banyak hal termasuk dalam biaya bahkan jangka waktu yang dipilih.