Biaya Haji Plus Beserta Perkiraan Masa Tunggunya

tabungan haji

Perlu diketahui biaya haji plus lebih mahal dibandingkan haji reguler, akan tetapi tetap menjadi incaran banyak orang. Walaupun Indonesia tidak memberangkatkan Jamaah untuk beribadah ke tanah suci pada kondisi Corona tersebut, Mengetahui berapa besar ongkos naik haji akan tetap membantu Anda suatu saat nanti.

Bisa dikatakan biaya haji plus ini mahal dikarenakan terdapat fasilitas yang lengkap untuk bisa membuat para Jamaah haji dari Indonesia merasa nyaman sebab tidak perlu menunggu waktu yang lama.

Sebagai informasi,hari reguler diadakan oleh pemerintah, sementara haji plus diadakan oleh swasta atau seperti travel agent dan biasa dikenal sebagai PIHK.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena penyelenggara ONH Plus atau haji plus tetap berada dibawah pengawasan kementerian Agama.

Masa tunggu haji plus perlu menunggu waktu yang lama sampai 15 tahun jika memakai jasa layanan dari haji plus ini. Selain biayanya yang jauh lebih mahal, yaitu sekitar 160 juta, masa waktu di Tanah Suci memakai jasa haji plus juga akan lebih singkat, yakni 25 sampai 27 hari. Sedangkan menggunakan layanan haji reguler bisa mencapai 40 hari lamanya.

Ongkos naik haji yang mahal ini turut sebanding oleh fasilitas yang Anda dapatkan nantinya, contohnya daftar tunggu lebih cepat, menginap di hotel bintang  di Madinah dan Makkah, Ketika melakukan wukuf di Arafah Anda juga dapat menempati Maktab VIP, serta mendapatkan makan hingga 3 kali sehari.

Kelebihan Menggunakan Layanan Haji Plus

  •         Jadwal keberangkatannya jauh lebih cepat
  •         Temat menginap dengan jasa ONH Plus tersebut akan lebih dekat sementara Haji reguler umumnya berada sekitar 3 sampai 5 Kilometer dari Masjidil Haram
  •         Hotel ONH Plus memiliki fasilitas lebih lengkap
  •         Seluruh kebutuhan serta konsumsi Jamaah Haji Plus akan ditanggung oleh penyelenggara. Sedangkan konsumsi para Jemaah Haji Reguler merupakan tanggungan sendiri.
  •         Para Jemaah akan memperoleh bimbingan haji lebih eksklusif dan intensif

Tidak hanya itu saja, biaya ONH Plus serta reguler juga dipengaruhi oleh lokasi awal keberangkatan. Kondisi ini dipengaruhi biaya keberangkatan memakai pesawat.

Jika menggunakan haj reguler, sesuai daerah di Indonesia yang paling dekat jaraknya dengan Tanah Suci, yakni Aceh mempunyai biaya rendah daripada wilayah lain, yakni 31 jutaan untuk ongkos naik haji. Sedangkan tarif paling mahal untuk wilayah Makassar yakni sebesar 38 jutaan

Sedangkan untuk tarif ONH Plus bakal dipengaruhi oleh jarak, fasilitas hotel serta jumlah orang yang ada di dalam kamar. Besaran biaya ongkos naik haji yang dikenakan sekitar 155 juta sampai 311 juta.

Persyaratan Haji Khusus atau Haji ONH Plus :

  •         Pemeluk agama Islam
  •         Mempunyai kemampuan keuangan untuk melunasi setoran BPIH yang sudah ditetapkan Kementerian Agama
  •         Surat keterangan dari rumah sakit atau dokter
  •         Memiliki KTP yang aktif
  •         Menyiapkan Kartu Keluarga
  •         Menyiapkan akte kelahiran jika tidak Anda juga bisa menggunakan kutipan akta nikah
  •         Surat Keterangan dari biro perjalanan atau PIHK
  •         Menyiapkan pas foto berwarna dan latar belakang warna putih

biaya haji plus

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus (ONH Plus)

1.   Biaya Haji

Jika berbicara perbedaan, tentu perbedaan paling mencolok antara haji khusus dan haji reguler yakni dari sisi ongkos. Dimana ongkos haji reguler jauh lebih kecil yakni sekitar 35 jutaan untuk satu Jamaah. Sementara Haji Khusus biayanya lumayan mahal yakni 114 jutaan.

2.   Masa Tunggu

Masa tunggu haji plus lebih pendek dari haji reguler yakni 6 sampai 7 tahun saja, sedangkan haji reguler bisa mencapai 18 tahun. Masa tunggu haji plus tentu lebih singkat namun biayanya pun lebih mahal.

3.   Penanggung Jawab

Haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan untuk haji khusus diselenggarakan oleh pihak swasta namun tetap dibawah naungan Kementrian Agama.

4.   Jarak Hotel

Jarak hotel atau penginapan dengan Haji Khusus pastinya sangat dekat dengan Masjidil Haram, maka bisa dengan berjalan kaki lalu sampai ke lokasi, namun hal sebaliknya jika menggunakan haji reguler, letak hotel bisa sampai 5 km dari Masjidil Haram.

5.   Fasilitas Kamar

Layanan dari Haji Khusus yakni dengan kelar hotel bintang 5 dan dapat diisi sekitar 4 orang, dan fasilitas kamar pun sangat lengkap. Sedangkan haji reguler fasilitas lebih terbatas.

6.   Penerbangan

Dari segi transportasi penerbangan untuk ONH Plus bisa tanpa transit atau sedikitnya satu kali transit. Sedangkan untuk haji reguler akan melakukan lebih banyak transit. Seperti transit di Kota Madinah atau di Jeddah. Hal ini juga didasari oleh biaya haji plus atau ONH Plus jauh lebih mahal dibandingkan dengan Haji Reguler dari pemerintah. Maka dari itu, terlihat perbedaan mencolok antara kedua jenis layanan paket haji tersebut.