Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit Jabodetabek

biaya kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu tindakan medis yang diperlukan untuk meringankan suatu penyakit. Di mana prosedur ini sendiri akrab dijalankan oleh penderita kanker. Hampir seluruh rumah sakit di Jabodetabek melayani terapi yang satu ini. Lalu sebenarnya berapa besaran biaya kemoterapi di rumah sakit yang ada di wilayah Jabodetabek? Simak ulasan berikut ini. 

Tujuan dari Kemoterapi

Sebelum masuk ke berapa besaran biaya untuk kemoterapi, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tujuan dari dilakukannya kemoterapi ini. Di mana memang prosedur ini sendiri diharapkan dapat meringankan beberapa gejala dari penderita yang membutuhkannya. Berikut ini adalah tujuan dari kemoterapi:

  1. Diharapkan dapat menyembuhkan kanker secara keseluruhan
  2. Supaya kanker tidak menyebar ke area organ lain
  3. Diharapkan pertumbuhan sel kanker akan melambat
  4. Membunuh sel-sel kanker yang sudah menyebar ke beberapa bagian tubuh
  5. Diharapkan bisa meringankan gejala dari kanker yang diderita

Tujuan kemoterapi tersebut memang diharapkan bisa menyembuhkan kanker yang diderita pasien. Di mana kemoterapi sendiri harus dilakukan secara bertahap dan harus diimbangi dengan pemeriksaan lebih lanjut. 

Efek Samping Kemoterapi 

Walaupun prosedur kemoterapi terbilang sangat efektif untuk membunuh sel kanker, namun pasien yang menjalani prosedur ini mendapatkan beberapa efek yang cukup membuat pasien merasa sangat sakit. Berikut ini adalah beberapa efek dari kemoterapi: 

  1. Merasa lebih cepat lelah ataupun lemah 
  2. Seperti yang sudah disebutkan, kemoterapi juga dapat membuat pasien merasa sakit
  3. Kerontokan rambut dari sedang hingga berat, bahkan disarankan pasien kanker yang menjalankan kemoterapi untuk memangkas habis seluruh rambut. Bahkan tidak hanya rambut kepala saja yang rontok, alis pun bisa mengalami kerontokan saat menjalani kemoterapi
  4. Mulut selalu terasa kering, menderita sariawan bahkan infeksi
  5. Warna pada kulit dan kuku bisa berubah menjadi lebih gelap, gatal serta kering
  6. Mengalami anemia yang dapat menyebabkan kesulitan bernafas serta gangguan jantung
  7. Kemoterapi juga dapat mempengaruhi mood pasien, memori serta kognitif. 
  8. Merasa mual bahkan muntah
  9. Tidak ada hasrat berhubungan seksual 
  10. Berat badan bisa turun drastis
  11. Nafsu makan bisa berkurang
  12. Gusi berdarah 
  13. Kesulitan tidur 
  14. Mengalami diare ataupun sembelit

Tidak seluruh pasien yang menjalani prosedur kemoterapi merasakan seluruh efek tersebut. Ada yang hanya mendapatkan efek minimal dan tidak terlalu mengganggu, tapi juga ada yang merasakan efek samping yang cukup hebat. Apabila pasien menerima efek samping yang cukup hebat, biasanya dokter akan memberikan obat untuk meredakannya.

Cara Aplikasi Kemoterapi 

biaya kemoterapi

Kemoterapi memiliki beberapa cara pengaplikasian yang berbeda-beda. Di mana biasanya pengaplikasiannya sendiri disesuaikan dengan jenis kanker yang menyerang. Berikut ini adalah cara pengaplikasian kemoterapi: 

  • Topical

Cara yang satu ini adalah dengan memberikan krim atau gel yang dioleskan pada kulit. Untuk metode ini sendiri biasanya diberikan kepada pasien penderita kanker kulit. 

  • Oral 

Beberapa kemoterapi juga diberikan secara oral dengan cara meminum obat dalam bentuk kapsul atau pil, bahkan cairan.

  • Suntik 

Metode selanjutnya untuk kemoterapi adalah suntik, di mana nantinya obat kemoterapi pada otot atau lapisan lemak di perut, paha ataupun lengan. 

  • Interaperitoneal 

Untuk metode ini, kemoterapi akan melalui prosedur operasi atau menggunakan selang yang dimasukan ke bagian dalam perut yang terdapat organ dalam seperti lambung, hati ataupun usus. 

  • Intravena 

Untuk cara kemoterapi yang satu ini adalah melalui infus yang dimasukan langsung ke pembuluh vena. 

  • Intraarterial 

Sedangkan prosedur kemoterapi intra arteri adalah memasukannya langsung ke pembuluh arteri. 

Itulah beberapa prosedur atau cara untuk kemoterapi. Di mana biasanya metodenya sendiri akan dipertimbangkan oleh dokter. Karena kanker sendiri banyak sekali jenis dan juga memiliki beberapa tingkat keparahan yang memerlukan metode kemoterapi yang tepat serta efektif. 

Biaya Kemoterapi Di RS Jabodetabek 

Setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang kemoterapi, maka Anda harus mengetahui berapa besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk prosedur ini. Kisaran biaya untuk kemoterapi setiap rumah sakit di Jabodetabek berbeda-beda, di mana biayanya sekitar Rp. 500.000,- hingga Rp. 4.000.000,-. Di mana biaya tersebut tentu bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan rumah sakit masing-masing. 

Untuk meringankan biaya prosedur kemoterapi, Anda bisa menggunakan asuransi termasuk BPJS. Namun, agar bisa mendapatkan pengobatan gratis untuk kemoterapi, pastikan bahwa kartu BPJS Anda masih aktif dan tidak pernah menunggak. Ada dua rumah sakit di Indonesia yang menjadi rujukan pasien kanker yang akan menjalani kemoterapi yaitu RSCM dan RS Dharmais. 

Itulah kisaran biaya kemoterapi yang ada di rumah sakit sekitaran Jabodetabek. Di mana agar Anda tidak terbebani dengan biaya yang terlalu mahal, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan seperti BPJS atau Kartu Indonesia Sehat. Namun, perlu diperhatikan bahwa prosedur kemoterapi sendiri dapat berjalan dalam waktu yang lama, sehingga Anda harus tetap selalu semangat dan tidak boleh menyerah.