Biaya Kuliah ITB Untuk Jurusan Teknik Hingga Bisnis

biaya kuliah ITB

ITB atau Institut Teknik Bandung adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. ITB sendiri memiliki jenjang pendidikan dimulai dari program diploma hingga doctoral. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, sudah pasti banyak sekali peminat yang akan mendaftar ingin mengetahui biaya kuliah ITB dari seluruh jurusan. 

Jalur Masuk ITB 

Sebelum membahas biaya yang perlu dibayarkan ketika berkuliah di ITB, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jalur masuknya. Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya yang mempunyai beberapa jalur yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa: 

  • SNMPTN 

Jalur pertama yang bisa diikuti oleh para lulusan SMA sederajat adalah SNMPTN, di mana jalur yang satu ini adalah jalur undangan bagi para siswa SMA yang mempunyai prestasi. 

  • SBMPTN 

Jalur selanjutnya yang bisa diikuti adalah SBMPTN. Jalur yang satu ini sendiri adalah ujian test tertulis yang diadakan secara nasional. Di mana nantinya siswa yang lolos akan otomatis menjadi mahasiswa di jurusan yang telah dipilih. 

  • Jalur Bidikmisi 

Untuk jalur yang satu ini sendiri diperuntukan bagi siswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi, di mana nantinya siswa yang diterima di jalur ini tidak perlu membayar uang kuliah sepeser pun. Namun, tentu saja ada syarat yang harus diserahkan agar bisa masuk melalui jalur ini.

  • Jalur mandiri 

Jalur selanjutnya yang bisa diikuti oleh siswa adalah jalur mandiri. Di mana di jalur ini nantinya siswa akan ditest secara tertulis oleh pihak ITB. 

Jalur di atas adalah jalur masuk untuk Anda yang ingin berkuliah di jenjang pendidikan S1 di ITB. Sedangkan untuk jenjang pendidikan diploma maupun pascasarjana pun akan ada test tertulis yang harus diikuti. 

Biaya Kuliah ITB untuk Seluruh Jurusan 

ITB saat ini memberikan sistem pembayaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal, di mana sistem ini sendiri memang disamakan dengan sistem lain yang ada di perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. UKT ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori dari UKT 1 hingga UKT 5. Tapi, ada bebrapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan sistem yang ada di ITB. 

ITB membagi biaya antara SBM dan Non SBM, di mana SBM adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen. Untuk biaya UKT SBM ini, ITB tidak memberikan program subsidi, terkecuali Anda adalah penerima program bidikmisi. 

UKT program pendidikan SBM sendiri dikenakan sebesar Rp. 20.000.000 per semester, sedangkan untuk Non SBM adalah Rp. 10.000.000,- per semester. Biaya tersebut adalah untuk fakultas regular, sedangkan untuk SBM dan non SBM kategori international, biaya UKT masing-masing adalah Rp. 30.000.000,- per semester dan Rp. 40.000.000,-. 

biaya kuliah ITB

Untuk program pendidikan atau fakultas Non SBM, Anda bisa mengajukan keringanan biaya selain dari bidikmisi, di mana memang terbukti bahwa Anda tidak mempu membayar biaya UKT sebesar 10 juta rupiah. Karena ITB memberikan subsidi biaya pendidikan hingga 100% untuk beberapa siswa yang memang tidak mampu. 

Peraturan baru yang ada di ITB adalah biaya UKT ditetapkan sama, sedangkan bagi siswa yang memegang Kartu Indonesia Pintar tidak akan dikenakan biaya. Lalu, bagi Anda yang masuk melalui jalur mandiri sekiranya tidak mampu membayar biaya yang sudah ditetapkan, ITB akan memberikan pilihan biaya dimulai dari Rp. 1.000.000,-. Namun, untuk jalur mandiri terdapat biaya pengembangan insitusi sebesar Rp. 40.000.000 untuk SBM dan Rp. 30.000.000 untuk non SBM. 

Adapun syarat yang diperlukan bagi Anda yang ingin mengajukan keringanan biaya kuliah dari ITB. Berikut ini adalah syaratnya: 

  1. Menuliskan surat permohonan kepada Rektor ITB, di mana nantinya surat tersebut adalah tembusan kepada Wakil Rektor bagian Akademik dan Kepala Kemahasiswaan. Isi dari surat permohonan adalah meminta keringanan biaya dengan dijelaskan secara terbuka masalah keuangan terjadi, bahkan jika memang memiliki hutang. Surat ini ditulis sendiri oleh mahasiswa. 
  2. Surat penguat dari orang tua mengapa keberatan dengan biaya yang bebankan (tidak wajib) 

Adapun beberapa surat lain yang bisa dilampirkan dalam surat permohonan keringanan biaya seperti: 

  1. Fotocopy dari KSM 
  2. Fotocopy dari KTP 
  3. Fotocopy dari orang tua atau wali 
  4. Fotocopy KK 
  5. Slip gaji dari kedua orang tua apabila bekerja
  6. Fotocopy struck pembayaran listrik 
  7. Fotocopy struck pembayaran PAM 
  8. Surat pinjaman atau hutang jika ada dan hutang dengan tujuan apa. 
  9. Print surat kelulusan dari SNBPTN atau SNMPTN
  10. Print keterangan berapa besaran UKT yang didapatkan 
  11. SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang ditandatangani RT, RW dan Kelurahan atau Kepala Desa. 

Itulah penjelasan berapa besaran biaya kuliah ITB pada tahun 2021. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa ITB memberikan jumlah biaya yang sama, di mana yang membedakan adalah sekolah bisnis manajemen ataupun non sekolah bisnis manajemen. Misal Anda diterima di fakultas teknik, maka Anda adalah mahasiswa non SBM. Namun, jika Anda diterima di fakultas bisnis, maka Anda adalah mahasiswa SBM.