Biaya Kuliah Selama Di Universitas Terbuka Samarinda

universitas terbuka Samarinda

Mungkin beberapa orang ada yang memilih langsung bekerja setelah lulus sekolah menengah atas dan yang selalu menjadi alasannya yaitu karena faktor ekonomi. Jika Anda menjadi salah satu diantaranya, tidak perlu sedih karena sekarang Anda bisa berkuliah sambil bekerja dengan biaya yang murah. 

Anda dapat berkuliah di Universitas Terbuka (UT) untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Lalu, apakah Universitas Terbuka itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Apa itu UT? 

UT didirikan sebagai Universitas Negeri ke-45 pada 4 September 1984, berdasarkan Perintah Eksekutif No. 41 Tahun 1984. Saat ini, UT terdiri dari empat fakultas dengan 33 program gelar dan enam program magister, dengan 320.000 mahasiswa hampir di seluruh Indonesia dan di 36 negara. 

UT sepenuhnya memakai model pembelajaran online. UT bersifat fleksibel dan fokus membantu masyarakat yang tidak dapat mendaftar langsung ke sistem pendidikan tinggi  sebab banyak keterbatasan seperti sumber daya yang terbatas, tempat tinggal yang terpencil dan terluar, dan jam kerja yang penuh.

UT terus tumbuh dan berkembang dalam hal sistem pendidikan dan pembelajaran, manajemen dan layanan pendukung untuk  mahasiswa. Posisi UT sekarang bukan  sekedar menjadi cermin untuk perkembangan dan pencapaian masa lalu, namun juga untuk masa depan.

Menjadi perguruan tinggi negeri, UT sudah mengalami banyak sekali tahapan perubahan dan pertumbuhan yang diakibatkan oleh faktor eksternal dan internal. Secara internal, dari sisi pelatihan, UT selalu mengalami perubahan, perbaikan dan berinovasi.

Keunggulan Kuliah di Universitas Terbuka 

1. Kuliah dengan waktu yang fleksibel 

Ada sejumlah universitas yang memilih untuk membuka kelas malam untuk memberikan kesempatan kepada para pekerja untuk bisa melanjutkan pendidikannya. Dengan kelas seperti itu tetap saja Anda harus datang ke kampus karena pembelajaran dilakukan secara offline atau tatap muka. 

Namun, berbeda dengan Universitas Terbuka yang memberikan dua layanan tutorial kepada mahasiswa nya yaitu kelas online dan tatap muka sehingga membantu mahasiswanya yang tidak memiliki waktu luang untuk ke kampus. 

Rata-rata mahasiswa juga memilih pembelajaran online sebab dapat mengelola sendiri waktu untuk belajar dan juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

2. Menjadi pionir pembelajaran jarak jauh 

Universitas Terbuka menawarkan mahasiswanya banyak kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Terutama untuk mereka yang tinggal di  daerah terluar, tertinggal dan adanya kesulitan mengakses pendidikan. Universitas Terbuka sudah mempelopori inovasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan mengembangkan tutorial online dan webinar, serta sukses mengembangkan ujian  online terawasi.

3. Memiliki banyak prestasi 

Agar tidak tertinggal dengan universitas lain, UT telah menorehkan banyak sekali prestasi bergengsi, termasuk jumlah lulusan terbanyak yang lulus CPNS 2019. Universitas Terbuka menjadi salah satu dari 100  kampus terpopuler di Indonesia versi Webometrics dan juga menempati peringkat 20 besar Green Campus versi Greenmetric UI serta menempati peringkat kedua Lembaga Kearsipan tingkat perguruan tinggi di Indonesia. 

4. Mandiri Teknologi 

Untuk Anda yang ingin berkuliah di Universitas Terbuka diharuskan dapat menggunakan teknologi dengan baik. Sebab Pembelajaran di Universitas Terbuka tidak selalu  dengan tatap muka, melainkan karena menggunakan media baik cetak maupun non cetak seperti modul. Audio/video, internet, radio dan televisi digunakan sebagai media  yang tidak dapat dicetak. Untuk itu, mahasiswa Universitas Terbuka perlu belajar dengan mandiri. Jadi , siswa sangat diharapkan belajar karena ada inisiatif dari diri sendiri. 

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Samarinda 

SIPAS Plus 

  • Registrasi karil: Rp 200 ribu. 
  • Uang kuliah: Rp 2.400.000 ribu per semester. 
  • Registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, TAP: disesuaikan dengan tarif dari program studi yang diambil. 

Sipas Penuh

  • Registrasi karil: Rp 200 ribu.
  • Registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, TAP: disesuaikan dengan tarif dari program studi yang Anda pilih. 
  • Uang kuliah untuk program D-II dan D-IV kearsipan: Rp 2.200.000 per semesternya. 
  • Uang kuliah untuk program Sarjana: Rp 2.000.000 per semester. 

SIPAS Semi 1 

  • Program Sarjana 
  • Uang kuliah sebesar Rp 1.750.000 per semester. 
  • Registrasi karil Rp 200 ribu. 
  • Registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, TAP: disesuaikan dengan tarif dari program studi yang sudah di pilih. 
  • Program studi D-II Perpustakaan dan D-IV Kearsipan
  • Registrasi untuk ujian ulang Rp 38 ribu per sks. 
  • Uang kuliah Rp1.600.000 ribu per semester. 
  • Registrasi praktik ulang Rp 450 ribu per mata kuliah. 
  • Khusus D-IV Kearsipan, registrasi TAP Rp 38 ribu per sks. 
  • Program sarjana lainnya 
  • Registrasi karil Rp 200 ribu. 
  • Uang kuliah Rp 1.300.000 ribu per semester. 
  • Registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, TAP: disesuaikan dengan tarif dari program studi yang sudah dipilih.