Biaya Operasi Katarak di Rumah Sakit Jabodetabek

biaya operasi katarak

Katarak adalah jenis dari penyakit pada mata. Di mana katarak ini menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pengelihatan seperti berawan atau keruh. Sehingga penderita akan kesulitan untuk melihat baik itu jarak jauh maupun dekat. Untuk mengatasi penyakit ini sendiri harus dilakukan prosedur operasi, di mana tentu saja akan ada biaya operasi katarak yang akan dikenakan. Lalu berapa besaran biayanya? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Gejala Katarak

Sebelum masuk ke dalam pembahasan biaya yang dibutuhkan untuk operasi katarak, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja gejalanya. Sebenarnya katarak sendiri dapat dideteksi dini, di mana dengan mengenali gejalanya maka penyembuhannya pun dapat lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa gejala dari mata katarak: 

  • Pengelihatan terasa buram atau bahkan tidak dapat melihat total. 
  • Sensitive terhadap cahaya yang masuk ke dalam mata. 
  • Sering melakukan perubahan terhadap kaca mata atau lensa kontak dalam kurun waktu tertentu. 
  • Pandangan terasa lebih silau pada saat banyak cahaya atau tempat cerah. 
  • Pengelihatan lebih jelas di tempat yang kurang cahaya atau remang-remang. 
  • Pengelihatan kurang jelas atau pada saat melihat sesuatu seperti berbayang. 

Apabila Anda merasakan ada salah satu gejala tersebut, tidak ada salahnya mengecek terlebih lanjut karena semakin cepat katarak ditangani, maka semakin cepat pula mata akan kembali sehat. 

Penyebab Katarak 

Selain gejala, adapun beberapa penyabab yang bisa membuat seseorang terkena penyakit katarak ini. Berikut ini adalah penyebabnya: 

  • Umur sudah lanjut usia 

Penyebab pertama seseorang terkena katarak adalah dari umur yang sudah semakin tua atau lanjut usia. Bisa dikatakan katarak ini disebabkan oleh proses penuaan, di mana sel-sel dan protein yang menumpuk di lensa mata akan menyebabkan gumpalan putih dan membuat pandangan menjadi berkabut. Sehingga akan membuat penderitanya mengalami kesulitan ketika melihat. 

  • Diabetes 

Seseorang yang juga sudah divonis menderita diabetes juga memiliki kesempatan besar untuk terkena penyakit yang satu ini. Di mana kadar gula yang tinggi dan dalam waktu lama akan menyebabkan pembengkakan di area lensa mata, sehingga akhirnya katarak akan keluar. 

  • Merokok 

Apabila Anda memiliki kebiasaan merokok, maka kesempatan terkena katarak juga sangatlah besar. Kebiasaan merokok akan menyebabkan mata kekurangan antioksidan, sehingga akan timbul oksidasi pada organ pengelihatan tersebut. Selain itu, merokok juga akan menyebabkan terjadinya penumpukan logam berat, contohnya adalah cadmium di mata. Kedua hal tersebutlah yang akan membuat mata terkena katarak. 

  • Trauma 

Trauma dalam poin ini adalah dalam hal fisik. Di mana jika terjadi trauma fisik seperti mata tertusuk atau terluka akan menyebabkan kapsul yang melindungi lensa pada mata akan rusak. Apabila kapsul pelindung tersebut telah rusak, maka akan terjadi pembengkakan dan membuat keruh area yang terkena trauma fisik tersebut. Sehingga sudah jelas mata akan terkena katarak. 

  • Bawaan sejak lahir 

Katarak yang memang bawaan ini sendiri sudah terbentuk sebelum bayi berumur 1 tahun. Di mana bayi yang terkena katarak bawaan ini biasanya tidak akan dapat melihat atau tidak dapat melakukan control gerakan mata. Bayi yang terkena katarak bawaan biasanya karena lahir premature, infeksi yang diderita si ibu ketika masa kehamilan dan juga keturunan dari keluarga yang juga mempunyai katarak bawaan. 

biaya operasi katarak

Katarak yang bukan bawaan sendiri biasanya bisa dicegah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Seperti selalu memakan makanan yang sehat untuk tubuh, olahraga, tidak merokok dan menghindari minuman beralkohol. Walaupun tidak bisa menjamin tidak akan terkena, namun setidaknya dapat mengurangi resiko terkena katarak. 

Biaya Operasi Katarak di RS Jabodetabek 

Setelah mengetahui apa saja gejala dan penyebab katarak, maka Anda yang memang sudah membutuhkan penanganan harus mengetahui besaran biaya yang diperlukan untuk menjalani operasi katarak ini. 

Bagi Anda yang menjalani operasi katarak melalui jalur mandiri atau umum, maka besar biaya yang biasanya dikenakan oleh rumah sakit sekitar Jabodetabek adalah Rp. 6.500.000,00 hingga Rp. 16.000.000,00. Di mana memang jika tidak mempunyai asuransi, beban biaya yang dikenakan cukup besar. Biaya tersebut pun biasanya tidak termasuk biaya perawatan, kamar, obat dan biaya lainnya. 

Sedangkan bagi Anda yang sudah menjadi perserta BPJS, tidak akan ada biaya yang dikenakan apabila memilih kelas kesehatan yang sesuai dengan keanggotaan yang dibayarkan tiap bulannya. Perlu diingat, bahwa operasi tidak akan dikenakan biaya apabila Anda tidak pernah menunggak ataupun BPJS masih dalam keadaan aktif. Biaya yang juga ditanggung BPJS juga sudah termasuk dengan obat bahkan perawatannya. 

Itulah beberapa penjelasan tentang katarak, mulai dari gejala dan penyebabnya. Untuk biaya operasi katarak sendiri biasanya setiap rumah sakit akan membebankan biaya yang berbeda-beda, tergantung dari kelas dan operasi katarak jenis apa. Apabila tidak ingin dikenakan biaya yang membengkak, maka Anda perlu memiliki asuransi seperti BPJS yang dapat mengcover seluruh biaya operasi.