Biaya Pernikahan Sederhana

Membuat perencanaan guna melaksanakan sebuah acara pernikahan yang sederhana saat ini bukan lagi suatu hal aneh untuk dibicarakan. Hanya saja jangan lupa, bila esensi pernikahan ada pada prosesi pemberkatan atau ijab kabulnya.

Setelahnya, terserah pada Anda. Apakah akan melakukan resepsi dan acara adat lainnya atau tidak. Semua kembali kepada budget yang Anda persiapkan. Tetapi bila Anda ingin menggelar acara pernikahan yang sederhana dan tetap meriah.

Anda cukup mempersiapkan dana setidaknya 10 juta rupiah saja, pasti Anda tidak percaya bukan? Ya, dengan budget sebesar itu Anda sudah bisa menggelar acara pernikahan. Berikut dibawah ini adalag tips dan triknya.

  • Bila ingin mengadakan resepsi, tidak perlu menyewa gedung

Sebenarnya acara paling penting dalam sebuah pernikahan adalah akad. Jika sudah selesai maka Anda dan pasangan sudah resmi sebagai suami istri. Namun, ada kalanya orang tua tetap ingin mengadakan pesta kecil sekedar kumpul.

Untuk hal ini, Anda bisa melakukannya di rumah dan tidak harus menyewa gedung karena pasti biayanya akan sangat mahal. Lalu, bila rumah Anda tidak terlalu besar, maka dapat menggunakan metode bergilir. Misal pagi setelah akad hanya acara untuk keluarga dan orang terdekat saja, saat malam digunakan untuk rekan kerja atau kenalan.

  • Dibandingkan katering, sebaiknya memasak sendiri

Walau sedikit merepotkan, namun memasak makanan sendiri untuk acara pernikahan merupakan salah satu cara untuk menekan pengeluaran. Karena pada bagian inilah yang biasanya mengeluarkan biaya paling besar.

Untuk kegiatan ini, Anda bisa meminta tolong kepada saudara, teman, kerabat bahkan tetangga untuk ikut turun tangan. Bagaimana dengan jasa mereka, apakah perlu memberikan uang sebagai ucapan terima kasih? Hal ini bisa Anda bicarakan pada sesi rapat keluarga.

Namun, pastinya pengeluaran yang harusnya untuk catering dan bisa mencapai angka jutaan rupiah tersebut, akan jauh lebih ringan bila memasak sendiri. Walau tetap jutaan, tetapi angkanya lebih murah bila dibandingkan katering dan semua tergantung dengan jumlah tamu undangan Anda.

  • Tidak perlu menyewa jasa fotografer untuk prewedding, manfaatkan kamera polaroid atau smartphone

Kebanyakan pasangan yang akan menikah pasti ingin melakukan sesi foto pra-pernikahan atau dikenal dengan prewedding. Dengan budget yang 10 juta rupiah tentu akan memberatkan jika harus menyewa jasa fotografer khusus prewedding.

Lalu, bagaimana cara untuk menyiasatinya? Gampang. Anda pastinya mempunyai smartphone dengan kamera yang sudah canggih. Manfaatkanlah gadget Anda tersebut untuk mengambil foto prewedding, aktivitas ini bisa dilakukan sendiri atau meminta tolong seseorang misalnya teman atau keluarga yang pintar memotret.

Atau Anda bisa meminjam/ menyewa sebuah kamera polaroid untuk melakukan sesi foto. Jika semua sudah selesai, selanjutnya Anda bisa mencetak semua hasil foto tadi sebanyak mungkin. Pilih hasil yang menurut Anda paling cantik, unik dan menarik.

  • Menyewa pakaian pernikahan yang sepaket dengan seragam untuk keluarga

Gaun/ pakaian pernikahan merupakan salah satu elemen paling penting bagi mempelai, khususnya pihak wanita. Anda pasti ingin menggunakan gaun atau pakaian impian, entah dengan adat maupun modern. Tetapi untuk membuatnya tentu akan memakan banyak dana, belum lagi seragam untuk anggota keluarga.

Karena itu, Anda dapat menggunakan cara menyewa pakaian pengatin yang sudah satu paket dengan seragam keluarga. Di zaman sekarang, tentu sudah banyak sekali tempat penyewaan pakaian pengantin yang juga memberikan paket seperti ini.

  • Tidak perlu menyewa rias pengantin, lakukan sendiri atau minta orang terdekat untuk membantu

Berikutnya adalah masalah rias pengantin. Jika, Anda memang mempunyai keahlian dibidang tata rias, tidak ada salahnya untuk merias wajah sendiri untuk acara pernikahan Anda. Bahkan, bisa menyesuaikan dengan keinginan dan pastinya Anda akan lebih puas.

Atau jika tidak bisa, maka bertanyalah kepada teman, keluarga atau kerabat lainnya. Apakah ada yang bisa membantu untuk merias Anda, tentunya masalah harga bisa dibicarakan. Dibandingkan bila Anda harus menyewa jasa MUA yang sudah pasti dapat mencapai angka jutaan.

Belum lagi, bisa MUA ini memiliki tim yang nanti akan membantu untuk merias anggota keluarga lainnya. Jadi, jika memang ada teman, saudara dan kerabat yang mempunyai bakat merias. Mintalah tolong padanya untuk membantu Anda serta keluarga.

  • Tidak perlu menggunakan fotografer, minta tolong saja pada kerabat atau teman

Terakhir adalah tidak perlu menyewa jasa fotografer untuk mengabadikan momen Anda, karena bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara yang mempunyai keahlian dibidang tersebut. Tentunya bantuan tersebut juga tidak gratis, hanya saja pasti akn jauh lebih murah dibandingkan jasa fotografer profesional.

Bila menyewa jasa profesional, budget yang dikeluarkan pastilah mencapai angka jutaan rupiah. Anggaplah untuk jasa termurah dalam sehari saja 2 juta rupiah, bahkan ada yang menghitung dengan cara 1 roll film dibanderol Rp 65.000 – Rp 70.000, jadi bisa dibayangkan berapa ratus ribu yang harus Anda keluarkan ditambah dengan jasanya.

Maka, jika Anda ingin menggelar acara nikahan yang sederhana dan meminta bantuan kepada saudara atau teman yang memang ahli dibidang fotografi, tentu bisa dibicarakan mengenai budgetnya dan biasanya akan lebih murah.