Biaya Steril Kucing di Klinik Hewan Jabodetabek

biaya steril kucing

Memiliki peliharaan adalah kesenangan tersendiri bagi setiap individu. Apalagi jika kita sudah menyukai satu jenis tertentu dan memiliki niat untuk memeliharanya. Sekarang ini kucing termasuk hewan favorit untuk dipelihara dan banyak pula pecinta kucing yang memilih untuk mensterilkan kucing mereka agar lebih sehat, tapi kira-kira berapa ya biaya steril kucing khususnya di wilayah Jabodetabek.

Syarat sebelum kucing disteril

 

Sekarang ini banyak sekali pemilik kucing, baik kucing ras maupun kucing domestik yang memilih untuk mensterilkan atau mengkebiri kucing kesayangan mereka dengan alasan agar lebih sehat dan tidak lagi pergi dari rumah mencari pasangan saat masa birahi. Sebelum melakukan steril atau kebiri pada kucing, tentu saja ada syarat yang wajib dilakukan, hal ini bertujuan agar selama menjalani operasi dan pasca operasi, kondisi kucing dalam keadaan yang baik.

Syarat sebelum steril :

  • Pastikan kucing dalam keadaan sehat. Ada baiknya jika 1 atau 2 minggu sebelumnya sudah diberikan obat cacing.
  • Usia yang bisa disteril atau dikebiri bagi betina maupun jantan adalah 6 bulan.
  • Untuk kucing betina, pastikan tidak sedang hamil. Karena akan membahayakan tidak hanya pada anak-anak kucing, tetapi juga pada induknya.
  • Ada baiknya jika ingin mensterilkan kucing, tidak dalam kondisi sedang birahi. Saat kondisi sedang birahi, kondisi metabolisme dan hormon sedang tidak baik. Hal ini dapat menyebabkan lamanya pemulihan dan kesembuhan luka pasca operasi.
  • Berat badan harus ideal, biasanya dokter akan menyarankan pada berat 3 kg. Ini dikarenakan, apabila kucing dalam kondisi baik akan mempercepat proses penyembuhan.
  • Puasakan kucing minimal 6 jam sebelum operasi steril dilakukan. Bertujuan agar usus kucing dalam keadaan kosong dan tidak muntah saat dilakukan tindakan pembiusan.

Lama operasi steril bagi kucing jantan adalah 30 menit dan betina memerlukan waktu 60 menit. Kucing betina memang membutuhkan waktu lebih panjang karena prosesnya yang lebih rumit dari operasi steril kucing jantan.

Kelebihan dan Efek Samping dari Steril Kucing

Setiap tindakan pasti ada kelebihan dan efek samping, begitu juga dengan steril atau kebiri pada kucing.

  • Kelebihan steril atau kebiri pada kucing
  • Menjaga jumlah populasi kucing, kenapa jumlah populasi ini harus dijaga? Bertujuan untuk mengurangi jumlah kucing yang terlantar, karena tidak dipungkiri. Masih banyak pemilik kucing yang kurang bertanggung jawab pada kesejahteraan hewan peliharaannya.
  • Kucing menjadi lebih sehat, untuk kucing jantan dapat mencegah adanya penyakit prostat dan kanker testi. Sedangkan untuk kucing betina akan terhindar dari kanker rahim dan rusaknya saluran air susu.
  • Kucing menjadi lebih lincah. Ini dikarenakan hormon untuk bereproduksi sudah menghilang dan beralih ke hormon tumbuh kembang, karena itu kucing menjadi lebih gemuk.
  • Mengurangi keinginan berkelahi memperebutkan betina atau wilayah kekuasaan bagi kucing jantan.
  • Berperilaku lebih baik dan lebih betah dirumah.
  • Efek samping bila kucing telah dikebiri atau steril adalah beberapa kucing menjadi lebih malas bergerak dan itu mengakibatkan dia menjadi obesitas, jika terjadi obesitas ditakutkan akan muncul penyakit lain, seperti diabetes, jantung dan sulit buang air.

Jadi, diharapakan untuk para pemilik kucing untuk tetap mengatur pola makan kucing anda dan ajaklah kucing bermain agar tidak menimbulkan penyakit lain dan kucing menjadi sakit.

biaya steril kucing

Perawatan Pasca Steril

Selesai operasi, pastikan anda sebagai pemilik selalu berada di sampingnya. Karena dengan begitu, kucing akan merasa jika dia disayang dan dicintai. Bagaimana perawatan pasca steril :

  • Konsultasi

Konsultasikan keadaan kucing anda dengan dokter, apa saja yang harus dilakukan sampai luka operasi menutup. Pastikan anda memotret perkembangan luka operasi sebagai dokumentasi perkembangan jika sewaktu-waktu anda ingin mengkonsultasikan pada dokter yang menangani si kucing.

Gunakan collar atau corong agar kucing tidak menjilati luka operasinya atau jika kucing betina, anda bisa memakaikan pakaian atau gurita, agar luka operasi tertutup dan tidak dijilat.

  • Biarkan kucing beristirahat

Batasi gerak kucing anda. Karena dikuatirkan jika terlalu banyak bergerak akan membuat luka operasi akan terbuka. Karena jika sampai terbuka, tentu saat menyebabkan infeksi dan harus mengulang jahitan.

Biasanya lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan antara 3 sampai 1 minggu bagi kucing jantan dan 2 minggu sampai 1 bulan bagi kucing betina.

Biaya Mensterilkan Kucing di Area Jabodetabek

Untuk biaya steril atau kebiri kucing di klinik, sebenarnya tergantung masing-masing klinik. Biaya steril juga berbeda tergantung jenis kucingnya, ras atau domestik, jantan atau betina. Ada juga steril bersubsidi dan non-subsidi. Namun rata-rata untuk biaya steril berkisar Rp. 600.000,- sampai dengan Rp. 1,500.000,- per ekor untuk kucing ras, tapi akan lebih murah untuk kucing domestik biayanya hanya Rp. 300.000,- saja.

Lalu untuk biaya steril kucing jantan dan betina juga memiliki selisih yang lumayan, contohnya saja di klinik hewan Depok untuk biaya steril kucing satu ekor betina bisa mencapai harga Rp. 1,000.000,- namun jika untuk jantan hanya Rp 600.000,-.Tapi jika beruntung, anda bisa mensterilkan kucing peliharaan tanpa mengeluarkan uang alias gratis. Biasanya baksos ini dilakukan di klinik hewan Ragunan bekerjasama dengan Dinas Pemerintahan.