Biaya Universitas Terbuka Pekanbaru

biaya kuliah di Universitas Pekanbaru

Sebagai informasi, Universitas Terbuka dibuat dengan tujuan memberi kesempatan yang luas untuk semua masyarakat Indonesia, mau dimanapun mereka berada, agar mendapatkan pendidikan tinggi yang sangat layak. Selain itu Universitas Terbuka bermaksud untuk memberi layanan pendidikan untuk mereka yang memiliki alasan bekerja atau alasan lainnya atau tidak bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi secara tatap muka.

Universitas Terbuka turut mengembangkan sektor pendidikan  akademik serta profesional berdasarkan kebutuhan nyata untuk pembangunan yang sejauh ini belum terlalu banyak dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi khususnya di Indonesia.

Universitas Terbuka menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Jarak jauh disini yang berarti belajar dapat dilakukan meski tidak langsung bertatap muka. Akan tetapi menggunakan media, entah itu media cetak atau non cetak seperti video dan audio, siaran radio, internet (komputer, gadget) dan televisi. Sedangkan makna terbuka disini yaitu tidak adanya batasan usia, masa belajar, tahun ijazah, waktu registrasi, serta frekuensi mengikuti ujian, dan yang menjadi batasan yakni seluruh mahasiswa UT wajib sudah menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat.

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Pekanbaru

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya berapa biaya pendidikan di Universitas Terbuka? Nah, biaya pendidikan sendiri adalah iuran yang dikenakan kepada para mahasiswanya sebagai biaya operasional pembelajaran dan layanan administrasi perkuliahan. Sebab sistem belajar di UT sendiri tidak tatap muka secara langsung, jadi Anda tidak akan dikenakan biaya uang masuk atau biaya gedung.

Untuk biaya perkuliahan di UT Pekanbaru sendiri yang harus Anda bayar terdiri dari biaya kuliah serta biaya akademik lain. Nominalnya pun berdasarkan skema layanan yang mahasiswa pilih, yaitu SIPAS atau Sistem Paket Semester dan skema Non-SIPAS.

Dibawah ini terdapat rincian biaya pendidikan di Universitas Terbuka Pekanbaru untuk tahun ajaran 2021/2022 dan berlaku untuk mahasiswa lama ataupun mahasiswa baru. Sekedar informasi tambahan, Universitas Terbuka saat ini sudah ada di beberapa kota besar daerah di Indonesia. Jika berbicara biaya, tentunya biaya perkuliahan di Universitas terbuka baik itu berbeda wilayah kurang lebih biaya yang dikenakan tetap sama karena memang masih dalam satu manajemen.

Biaya Program Diploma

  1.       Perpajakan (D3) : SIPAS non-TTM 1.1 juta
  2.       Perpustakaan (D2) : SIPAS non-TTM 1.1 juta, SIPAS Semi 1.6 juta, SIPAS Penuh 2.2 juta, SIPAS Plus 2.4 juta, SIPAS Online tidak tersedia.
  3.       Kearsipan (D4) : SIPAS non-TTM 1.1 juta, SIPAS Semi 1.6 juta, SIPAS Penuh 2.2 juta, SIPAS Plus 2.4

Biaya Program Sarjana

  1.       PGSD AKPMM : SIPAS non-TTM 1.6 juta, SIPAS Semi 1.7 juta
  2.       PGPAUD Masukan Sarjana : Sipas Penuh 3.3 juta
  3.       PGPAUD AKPMM : SIPAS non-TTM 2.2 juta, SIPAS Semi 2.5 juta
  4.       PGSD Masukan Sarjana (BI) : SIPAS Penuh 2.7 juta
  5.       Sistem Informasi : SIPAS non-TTM 1.8 juta
  6.       PGPAUD : SIPAS Semi 1.6 juta, SIPAS Penuh 1.9 juta
  7.       Pariwisata : SIPAS non-TTM 1.9 juta, SIPAS Semi 2.6 juta, SIPAS Penuh 3.2 juta, SIPAS Plus 3.4 juta
  8.       Perencanaan Wilayah dan Kota : SIPAS non-TTM 1.7 juta, SIPAS Plus 2.4 juta
  9.       Program Sarjana Lain (FST, FHISIP, FE, FKIP) : SIPAS non-TTM 1.3 juta, SIPAS Semi 1.7 juta, SIPAS Penuh 2.2 juta, SIPAS Plus 2.4 juta, SIPAS Online 1.9 juta.

Biaya Program Pascasarjana

  1.       Untuk biaya pendidikan jenjang Pascasarjana terdiri dari biaya tes masuk, biaya kuliah semester satu sampai lima dan lain sebagainya.
  2.       Biaya tes masuk sebesar 750 ribu         
  3.       Biaya untuk Program Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik sebesar Rp7.450.000 per semester
  4.       Biaya untuk Program Magister Manajemen sebesar Rp7.450.000 per semester
  5.       Biaya untuk Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris sebesar Rp7.450.000 per semester
  6.       Biaya untuk Program Magister Pendidikan Dasar sebesar Rp7.450.000 per semester
  7.       Biaya untuk Program Magister Pendidikan Matematika sebesar Rp7.450.000 per semester
  8.       Biaya Program Magister jurusan Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan sebesar Rp7.450.000 per semester
  9.       Biaya kuliah Program Magister Online sebesar 7.5 juta per semester

Biaya Program Doktor

Untuk biaya di program doktor Universitas Terbuka Pekanbaru, yang mana biaya perkuliahannya terdiri dari beberapa program termasuk harga per semester. Jika Anda ingin mengambil perkuliahan untuk Program Doktor, dibawah ini terdapat perkiraan rincian biaya yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  1.       Biaya Admisi Rp1.000.000.
  2.       Program Matrikulasi RP6.000.000.
  3.       Biaya pendidikan dari semester 1-8 Rp12.500.000 untuk setiap semester
  4.       Tarif sidang tugas akhir bagi Program Doktor Rp8.000.000
  5.       Tarif registrasi dari mata kuliah yang diulang Rp1.000.000 dari setiap mata kuliah

Biaya-biaya diatas adalah perkiraan tarif yang memang ditawarkan oleh manajemen Universitas Terbuka dan data yang diambil juga diperoleh dari website resmi dari universitas Terbuka itu sendiri. Jadi biaya-biaya yang sudah dituliskan diatas adalah informasi terakhir yang diberikan oleh pihak terkait dan sewaktu-waktu bisa berubah.