Bisnis Online Biaya Minim yang Patut Dicoba

bisnis online minim budget

Saat ini bisnis online menjadi salah satu alternatif usaha yang dipilih banyak masyarakat Indonesia. Tak dipungkiri penyebabnya adalah kemajuan teknologi yang begitu pesat dan membawa pengaruh baik terhadap pelaku usaha kecil dan menengah. Di tahun 2017 saja, jumlah pembeli di Indonesia mencapai angka 24,7 juta jiwa. Bagaimana dengan tahun 2022 nanti?

Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang sedang mencari sumber penghasilan tambahan. Tak perlu ragu memulai karena terbatas modal, karena ada salah satu jenis bisnis online yang membutuhkan biaya minim seperti dropshipper. Apa itu bisnis dropship? Bagaimana cara melakukannya? Apa saja keuntungan yang didapat?

Mengenal Bisnis Dropshipper

Anda layak mempertimbangkan bisnis dropship sebagai pilihan utama. Tentu karena modal yang dibutuhkan sedikit bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu mencari supplier yang memasok produk dan menjual kembali dengan harga yang lebih besar kepada konsumen. Bisa dibilang berperan sebagai perantaranya saja, jadi tak harus menyetok atau membeli barang terlebih dahulu. Anda hanya melakukan pemesanan barang kalau ada orang yang beli, dan untuk pengiriman akan diproses oleh supplier atas nama merk Anda.

Modal yang dibutuhkan dalam bisnis dropship adalah keahlian atau kemampuan menjual barang dalam jumlah besar. Semakin banyak barang yang terjual maka semakin tinggi komisi yang diberikan oleh supplier. Tentu komisi inilah yang akan menggemukan tabungan di bank. Umumnya konsep dropshipper ini dipakai oleh para pemilik usaha yang memproduksi langsung barang, sehingga mereka butuh penjual online untuk memasarkan dan menjualnya. 

Walau tampak mudah, menjadi dropshipper ternyata cukup beresiko karena Anda mengemban tanggung jawab sampai barang tersebut diterima pembeli. Kalau terjadi ketidaksesuaian atau kerusakan terhadap barang yang dikirim supplier, maka Anda lah yang mengurus penukaran atau penggantian produk ke suplier tersebut. Ingat bahwa peran Anda di sini sebagai perantara, jadi pembeli tidak tahu menahu dari mana barang tersebut berasal. Pihak yang bertanggung jawab sepenuhnya adalah Anda yang mengambil dan menjualnya produk supplier pada pelanggan.

Cara Memulai Bisnis Online Dropship

Jika merasa bingung untuk memulai bisnis ini, silahkan simak panduan berikut. Kami telah menyiapkan skema yang memudahkan Anda dalam memahami dan mempelajari kegiatan bisnis dropshipper. Perlu diketahui bahwa bisnis ini memang tampak sama dengan reseller, namun untuk mekanismenya sendiri berbeda.

Kalau reseller membutuhkan modal yang besar dan mengharuskan Anda untuk memiliki stok barang, sedangkan dropshipper tidak harus punya inventori dan biaya yang dibutuhkan pun sangat minim. Dropshipper lebih mudah dan unggul karena tidak perlu mengurus pengiriman barang sampai ke konsumen, para pelakunya bisa menjual berbagai jenis katalog barang sekaligus. Berikut tahapan dalam menjalankan bisnis dropship:

Memilih Jenis Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Membangun bisnis dropshipper bisa dimulai dengan menentukan jenis barang yang hendak dijual. Anda harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar guna memastikan pendapatan. Silahkan pakai analisis SWOT yang membantu mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman bisnis ini. Kalau bisa pilih lebih dari satu produk supaya keuntungan bisnis meningkat.

Mencari Pemasok Produk Terpercaya dan Berkualitas

Pengecekan kualitas barang yang dibeli pelanggan tidak mendapat campur tangan dari pihak dropshipper. Bahkan wujudnya saja tak diketahui, karena barang tidak distok terlebih dahulu. Hanya pihak pemasok produk yang mengurusnya sampai ke tahap pengiriman barang ke konsumen.

Untuk mendapat kepercayaan pelanggan, Anda harus mencari supplier terpercaya dan tidak asal dalam menjual barang. Hal ini sangat mempengaruhi penilaianan pelangan terhadap bisnis Anda. Kalau mereka puas dengan kualitasnya, pasti akan melakukan repeat order. Mempertahankan pelanggan lama lebih menguntungkan dari mencari pelanggan baru. Jadi, jangan abaikan tahap ini.

Memberikan Nilai Jual Unik dan Membangun Merek

Minat pembeli terhadap produk yang dijual dapat bertambah kalau punya nilai unik. Maka dari itu Anda harus mencari nilai unik tersebut misal dalam hal pelayanan pelanggan, bonus produk, gratis ongkos kirim, atau jaminan kualitas dan sebagainya. Iringi dengan membangun identitas bisnis dropship. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Mereka tidak hanya akan membeli produk Anda karena murah saja.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Bisnis dropship menawarkan banyak keuntungan. Untuk membantu meyakinkan Anda, berikut kami jelaskan keuntungan menjadi dropshipper satu per satu.

  •       Sangat mudah dalam proses operasional.
  •       Dapat dimulai dengan modal minim.
  •       Waktu dan lokasi jualan fleksibel karena dilakukan secara online.
  •       Pilihan produk jualan bervariasi.
  •       Lebih hemat tenaga, waktu, serta pikiran.
  •       Tak perlu menyewa inventory atau gudang untuk stok barang

Selain dropshipper, Anda bisa mencoba beberapa jenis bisnis online modal minim lainnya seperti affiliate marketer dan jual produk dan jasa melalui website, marketplace, atau juga bisa di sosial media. Silahkan informasi di atas dijadikan referensi Anda dalam memulai bisnis sendiri.