Brand Identity: Pengertian, Keuntungan, hingga Cara Membangunnya

pengertian brand identity

Salah satu masalah krusial yang perlu dilakukan pengusaha adalah membentuk persepsi khalayak umum terhadap bisnis yang dijalankan. Hal ini dikenal dengan istilah brand identity, suatu value yang hendak disampaikan kepada para penggunanya. Brand identity juga bisa menjadi pembeda usaha Anda dengan merek perusahaan lain, membuat bisnis lebih unik dan melekat di benak orang-orang.

Supaya lebih jelas, kami telah merangkum informasi seputar brand identity, mulai dari pengertian, keuntungan, hingga cara membangunnya. Dengan belajar, Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk kepentingan perusahaan.

Apa Itu Brand Identity?

Ketahui terlebih dahulu definisi dari istilah brand identity sebelum membahas keuntungan dan cara membangunnya. Menurut situs 99designs, brand identity merupakan sekumpulan unsur yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi para pelanggannya. Merek akan mudah dikenali banyak orang kalau memiliki brand identity yang kuat. Karena persepsi baik telah terbentuk, pelanggan bisa menjadi sangat loyal.

Jadi brand identity itu bukan sekedar nilai unik atau pembeda perusahaan Anda dengan pesaing, namun juga merupakan cara yang dapat diperbuat perusahaan untuk menciptakan kesetiaan pelanggan. Hanya saja pada praktiknya sekarang pun masih kurang dimengerti orang-orang. Tak sedikit dari mereka bahkan menyamakan brand identity dengan kegiatan branding.

Walau terkesan mirip, branding lebih tepat disebut sebagai praktik pemasaran yang secara aktif dilakukan untuk membentuk suatu brand. Sementara untuk brand identity merupakan kumpulan unsur yang diciptakan perusahaan supaya tampak khas dan lain dari pesaing sehingga dapat menciptakan anggapan khusus bagi konsumennya. Unsur tersebut antara lain ada desain, warna, logo, dan lain sebagainya.

Keuntungan Membentuk Brand Identity bagi Perusahaan

Membentuk persepsi adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan setiap perusahaan atau bisnis. Sebab hal ini dapat mempengaruhi nilai yang hendak diberikan kepada para konsumen. Tentu ada banyak keuntungan yang diperoleh ketika Anda memutuskan memperkuat brand identity bisnis. Seperti berikut ini.

1. Mendapat Kesetiaan Pelanggan

Semua perusahaan tentu ingin memiliki pelanggan yang selalu setia membeli produk-produknya. Walaupun begitu, bukanlah hal yang mudah untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Butuh waktu cukup lama dan usaha keras agar bisa menjaga kepuasan konsumen. Dalam menggaet pelanggan setia, memang ada banyak strategi yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membangun brand identity yang kuat. Melalui hal ini, bisnis Anda bisa menjalin hubungan emosional yang kuat dengan para pelanggan, sehingga kecil kemungkinan mereka akan berpaling pada bisnis pesaing.

2. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Brand yang memiliki sesuatu yang unik mampu dikenali pelanggan lebih cepat dan mereka akan mendukung brand tersebut. Kalau sebuah perusahaan berhasil memperkuat identitas brandnya, maka daya saing juga akan meningkat. Bisnis bisa lebih tahan terhadap segala inovasi yang dibuat pesaing Anda. Tentu hal ini memberikan value menarik agar brand Anda tetap di atas brand pesaing.

3. Mempermudah Pelanggan Mengenali Brand

Pelanggan yang mengenali bisnis Anda secara umum cenderung akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka tentu sudah menaruh kepercayaan kuat, sehingga enggan membeli produk dari brand yang berbeda. Ini tentu berpotensi meningkatkan penjualan, keuntungan perusahaan pun akan terus bertambah.

4. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Setiap merek yang telah memiliki banyak pelanggan setia lebih berpeluang melejitkan penjualan dan hasilnya tentu mempengaruhi profit perusahaan. Brand identity yang menguat telah menciptakan kepercayaan dan membuat bisnis tampak kredibel. Pembeli pun tidak hanya datang dari pelanggan lama tapi juga mudah mendapatkan pelanggan baru.

Semakin layanan atau produk bisnis dikenali khalayak luas, tentu profit akan ikut bertambah. Kegiatan pemasaran, pengiklanan, penjualan, dan kegiatan lainnya juga semakin gampang dilakukan sebab brand Anda sudah memiliki nama. 

Cara Membangun Brand Identity yang Kuat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun brand identity yang kuat. Berikut diantaranya:

1. Melakukan Riset Pasar

Rencana dan strategi brand identity bisa dimulai dari riset pasar. Anda harus paham siapa target pembeli atau pengguna produk brand yang dibuat, apakah layanan dan produk yang diberikan sesuai keinginan mereka. Kemudian lakukan analisis terhadap kompetitor untuk mengetahui strategi yang mereka gunakan dalam mengembangkan usaha. Setelah itu baru Anda bisa menentukan strategi sesuai dengan brand identity yang akan dibangun.

2. Susun Strategi yang Tepat Sasaran

Tanpa strategi yang tepat, Anda tidak mungkin bisa membangun brand identity yang kuat. Prosesnya juga tidak akan berlangsung secara instan, karena membutuhkan waktu cukup panjang serta konsistensi agar identitas brand bisa disampaikan secara tepat sasaran. Maka dari itu, para pebisnis disarankan untuk menyusun rencana yang dapat menjangkau konsumen dari berbagai kalangan dengan brand identity.

3. Menentukan Nilai Unik yang Ingin Disampaikan

Menentukan nilai uni pada merk merupakan cara selanjutnya yang perlu dilakukan ketika membangun brand identity. Anda bisa memulainya dari membuat visi misi ataupun nilai yang akan diberikan bisnis pada pelanggan sehingga mampu mempengaruhi pandangan mereka. Menetapkan nilai unik juga menjadi pondasi penting dalam menentukan strategi kedepannya.

Sekian mengenai pengertian brand identity, keuntungan, hingga cara membangunnya. Silahkan pelajari dan pahami dengan seksama agar Anda lebih mudah membangun brand identity bisnis sendiri.