Cara Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

beberapa tips wfh

Kerja di rumah atau remote work sudah menjadi tren baru di Indonesia, terlebih saat pandemi Covid-19 yang terus menyebar luas. Cara ini sebenarnya bukanlah hal baru dan sudah diimplementasikan sejak lama oleh banyak perusahaan. Bekerja dari rumah tentunya memberikan beberapa keuntungan kepada pekerjanya, seperti tidak merasakan lelahnya kemacetan lalu lintas, tempat bekerja lebih fleksibel karena bisa dimana saja, tidak menghabiskan banyak waktu untuk pulang pergi, bisa bekerja sambil menjaga anak-anak, dan bahkan bisa mengatur jam kerja sendiri.

Namun, tahukah Anda bahwa bekerja di rumah atau istilah kerennya work from home memberikan tantangan baru? Bekerja dimanapun pasti memberikan rintangan tersendiri, sama halnya seperti bekerja di kantor. Nah, kali ini kami akan memberikan tips tentang cara supaya tetap fokus saat bekerja dari rumah. Simak, yuk!

Tantangan WFH Zaman Sekarang        

tips wfh

Bagi Anda yang sekarang bekerja di rumah akibat pandemi Covid-19, boleh saja merasa bebas dan senang sesaat karena tidak ada lagi bos yang mengawasi. Tapi ingat, jangan sampai terlena dengan kebebasan tersebut. Meskipun memberikan keuntungan dalam hal mengatur waktu, tempat, dan pakaian kerja, akan tetapi Anda tetap dituntut menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Tantangan WFH memang cukup besar, bayangkan saja suasana rumah atau kosan yang lebih santai dari kantor sangat menggoda Anda untuk rebahan di kasur saja. Selain itu juga ada godaan untuk terus-terusan nonton drama atau online di sosial media saat jam kerja. Jangan sampai mengabaikan pekerjaan hanya untuk kesenangan diri sendiri, ya!

Ingat, Anda tidak sedang liburan tetapi lagi kerja. Jangan terlalu santai dan berleha-leha jika tidak ingin kualitas kerja menjadi menurun. Lalu, bagaimana cara tetap fokus saat work from home? Mudah saja, hanya perlu mengikuti tips berikut ini.

  1.     Buat Daftar Prioritas Tugas

Jangan campur adukkan urusan pekerjaan rumah dengan kantor, selesaikan tanggung jawab Anda dengan baik supaya tidak menumpuk. Kebiasaan ini dapat membuat semuanya menjadi kacau balau. Untuk itu, buatlah daftar prioritas tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu, baik itu pekerjaan rumah atau kantor. Misalnya, di jam 9 pagi – 5 sore Anda bekerja seperti biasa, lalu di jam istirahat antara pukul 12 – 1 siang bisa mengambil waktunya untuk memasak atau membeli makanan.

  1.     Tetap Disiplin

Belajarlah disiplin selama bekerja dari rumah. Anda harus tetap bisa mengatur jam kerja sendiri meskipun tidak ada bos yang mengawasi. Batasi penggunaan sosial media selama jam kerja, jadi fokus saja pada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Kebebasan waktu memang menjadi tantangan terbesar ketika Anda bekerja di rumah. Dimana di situasi tersebut Anda tergoda bermalas-malasan hingga banyak menghabiskan waktu berharga. Mulai dari sekarang, tentukan jam kerja seperti biasa dan tetaplah disiplin melaksanakannya. Selesaikan semua pekerjaan dengan baik dan sesuai deadlinenya.

  1.     Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Jangan biasakan diri menunda-nunda pekerjaan karena terlalu asyik mengerjakan hal-hal tidak bermanfaat. Semakin lama pekerjaan ditunda, maka semakin banyak pula tanggung jawab yang menumpuk. Anda harus bekerja dengan disiplin waktu, dengan begitu akan lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu. Jangan rugikan diri sendiri dengan membiasakan hal buruk ini. Jadilah produktif dan buat hal-hal apa saja yang harus diprioritaskan saat itu juga.

  1.     Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman         

Tentu akan sangat menyenangkan jika memiliki ruang kerja khusus di rumah atau kosan, karena dengan begitu Anda bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu hal-hal lain. Anda bisa menata ruangan sesuai keinginan dan membuatnya senyaman mungkin untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Apabila tidak memiliki ruangan sendiri, Anda bisa menciptakan pojok kerja dari salah satu sudut rumah yang jarang dilalui banyak orang. Jadilah kreatif di sini, karena Anda bisa mendapatkan ruang kerja yang nyaman saat work from home.

  1.     Terapkan Gaya Hidup Sehat

Jangan melewatkan sarapan sebelum bekerja. Biasakan diri tetap menjalankan gaya hidup sehat seperti berolahraga rutin, bangun bagi, dan kegiatan lainnya yang membantu menambah energi. Jagalah kebersihan dengan senantiasa mencuci tangan sebelum makan, lalu minum air putih yang cukup untuk memastikan kondisi tubuh tetap sehat selama WFH.

  1.     Ciptakan Mood Positif

Tidak dipungkiri perasaan seseorang dapat mempengaruhi kinerjanya. Jika tidak ingin terganggu dengan hal ini, Anda dapat menciptakan mood yang positif di pagi hari. Caranya mudah, bangun pagi-pagi dan segeralah membersihkan diri. Kemudian pakai pakaian yang nyaman dan jangan lupa sarapan. Semakin pagi mulai bekerja, maka semakin cepat pekerjaan terselesaikan.

Anda juga bisa membangun mood positif dengan mendengarkan musik atau membaca buku motivasi sambil menikmati kopi atau the. Atau juga bisa dengan mensyukuri pekerjaan yang dimiliki dengan tidak bermalas-malasan terlalu lama.

Jadi, itulah beberapa cara tetap fokus kerja dari rumah yang bisa dipraktekkan secepatnya. Tetap semangat dan bertanggung jawablah terhadap urusan pekerjaan Anda.