Cara Atur Keuangan Bagi Freelancer

Ketika freelancer meningkatkan minat mereka pada pekerjaan, mereka akan diunggah ke situs  freelance online. Meskipun menjadi  freelancer menguntungkan, itu juga membawa berbagai risiko. Salah satunya adalah tingkat pendapatan yang sangat fluktuatif. Hal ini disebabkan oleh, besaran penghasilan freelancer ditentukan pada jumlah penawaran dan pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan. Jika proyek tidak dapat diselesaikan atau dipertahankan, freelancer tidak dapat menerima penghasilan apa pun. Selain itu, para pekerja lepas tidak mempunyai berbagai fasilitas yang biasa digunakan oleh pekerja kantoran, seperti Asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan serta berbagai tunjangan sosial. Tak perlu dikatakan, freelancer perlu menyiapkan alat kerja mereka sendiri. Oleh karena itu, para freelancer perlu bijak dalam mengelola keuangannya agar keuangannya tetap sehat. Perencanaan keuangan yang cermat diperlukan untuk dapat hidup dengan baik atau berlebihan sebagai pekerja lepas. Melalui Penjelasan berikut menawarkan berbagai cara mengelola keuangan para freelancer untuk menjalani kehidupan yang sejahtera. 

  • Menabung adalah kewajiban 

Ketika Anda merupakan seorang freelancer, sangat penting agar selalu mempunyai dana darurat. Dengan bentuk fluktuasi besar dalam pendapatan Anda, maka Anda tidak memiliki jaminan bahwa Anda akan mempunyai cukup uang untuk bulan  atau bulan berikutnya. Oleh sebab itu, jika penghasilan Anda terlalu tinggi, Anda harus menabung lebih banyak agar Anda dapat mengharapkan penghasilan Anda  bulan depan. Tabungan atau dana darurat yang direkomendasikan untuk freelancer adalah 4-6 kali gaji bulanan rata-rata. 

  • Tempatkan diri Anda terlebih dahulu 

Saat bekerja sebagai pekerja lepas, tampaknya bijaksana untuk mengutamakan kebutuhan Anda. Mendahulukan diri sendiri tidak berarti mengabaikan tanggung jawab lain, tetapi Anda harus terlebih dahulu mencukupi kebutuhan Anda dan kemudian memikirkan kebutuhan lainnya. 

  • Akun pribadi dan bisnis telah dipisahkan 

Anda dapat menggunakan rekening bank yang berbeda untuk menangani pengeluaran berlebih dan dengan mudah memeriksa status keuangan bulanan Anda. Gunakan akun bisnis Anda khusus untuk penghasilan dari semua pekerjaan paruh waktu, menggunakan rekening pribadi Anda untuk penghasilan pribadi lainnya. Apabila memungkinkan, Anda  bisa membuat akun lain khusus pajak dan tabungan di masa mendatang. Ingatlah bahwa keuangan  setiap rekening agar tidak bingung. Jika tidak, tujuan awal pengelolaan keuangan tidak akan mencapai tujuan awalnya.

  • Hasilkan lebih banyak uang daripada 

Penghasilan freelance berfluktuasi. Artinya penghasilan Anda bisa fluktuatif setiap bulannya. Untuk mengatasinya, Anda harus menabung sebanyak mungkin untuk bertahan hidup dengan pengeluaran bulanan yang rendah. Anda juga harus bekerja untuk menabung. Dengan mencari apartemen yang lebih murah dan menghemat hal-hal kecil seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari. Banyak sekali penghematan yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya, dan itu bisa berdampak besar pada keuangan Anda. 

  • Kelola keuangan Anda sesegera mungkin 

Mengelola keuangan bisa menjadi beban untuk sebagian orang. Banyak orang menganggap manajemen keuangan membosankan dan sulit. Tetapi semakin cepat Anda menjalaninya, maka semakin cepat pula Anda akan mencapai situasi keuangan yang nyaman dan sejahtera. Dengan bantuan banyak aplikasi dan financial planner seperti Finansialku, perencanaan dan pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. 

  • Hindari penundaan pembayaran 

Salah satu kekurangan freelancer lainnya merupakan klien sering terlambat membayar  karena tidak memiliki tenggat waktu yang pasti. Anda mungkin tidak merasakan banyak pengaruh, tetapi pembayaran yang tidak sesuai dengan tenggat waktu akan mempengaruhi arus pendapatan Anda. Tetapkan tenggat waktu pembayaran untuk setiap proyek untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

  • Peringkat dan peningkatan 

Anda tidak akan pernah berpikir bahwa banyak dari biaya Anda tidak terlalu berguna. Lakukan penilaian pengeluaran rutin untuk mengidentifikasi, mengurangi, atau menghilangkan pengeluaran yang tidak masuk akal. Saya tidak tahu berapa banyak yang bisa saya hemat dengan menilai dan meningkatkan pengeluaran saya.

  • Manfaatkan teknologi finansial 

Apabila Anda malas mengelola keuangan sebab merasa sulit atau susah, makan janganlah Anda menghindarinya. Di dunia sekarang ini, dimulai dengan situs web dan aplikasi keuangan yang selalu dapat diakses, ada banyak teknologi untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda.  

  • Meminimalkan risiko 

Salah satu cara jitu untuk pekerjaan lepas adalah mitigasi risiko. Bagaimana? Cadangan hingga 30% dari materi yang Anda beli untuk klien Anda dan kumpulkan semua faktur terkait proyek untuk menghindari biaya tak terduga.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan bagi freelance agar memiliki derajat finansial yang sejahtera. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebagai  freelancer, seperti dana pensiun, dana darurat, dana kesehatan, dan pajak. Sebelum Anda bingung dengan semua itu, Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas untuk mendapatkan awal yang lebih baik dalam kehidupan freelance Anda. Atur dan memaksimalkan arus pendapatan Anda sejak dini agar menjadi freelancer yang sukses. Semoga membantu!