Cara Belajar Trading Saham Online buat Pemula Plus Tipsnya

Trading saham merupakan aktivitas jual beli saham bertujuan agar mendapat keuntungan dari selisih harga beli awal dengan harga jual. Keuntungan ini di dunia pasar modal disebut capital gain.

Trading saham tidak sama dari investasi saham. Pada investasi saham, investor lebih memilih untuk membeli saham serta menahannya dalam jangka waktu yang lama. Maksudnya, transaksi saham investor tidaklah singkat seperti seorang trader.

Mengapa investor lebih memilih menahan sahamnya daripada menjual cepat saat harga saham naik? Karena harapan dan tujuan investor adalah untuk mendapat keuntungan dari pembagian dividen, yaitu laba perusahaan (emiten) yang biasanya dibagikan per kuartal, semester, atau tahun.

Tips belajar trading saham

Trading saham bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. walau begitu, tidak berarti Anda sepenuhnya berspekulasi. Namun, tetap ada pertimbangan dan perhitungan yang harus Anda lakukan sebelum menjual saham. Alih-alih untung, Anda malah mendapatkan rugi kalau tidak menggunakan perhitungan yang tepat.

Di bawah ini dasar-dasar trading saham yang perlu kamu pahami benar-benar.

  • Mengenal pasar modal dan saham

Belajar mengenai investasi saham dapat dimulai dengan memahami lebih dahulu tentang apa yang dimaksud pasar modal serta instrumen-instrumen. Anda sebagai pemain saham baru bisa mempelajarinya secara gratis di SPM (Sekolah Pasar Modal) yang memang difasilitasi langsung oleh BEI (Bursa Efek Indonesia).

BEI membagi SPM dalam dua levie, yaitu :

  • Level 1 yang berisi mengenai investasi di pasar modal, mekanisme dan efek perdagangan saham, struktur dari pasar modal di negara ini sampai dengan AKSes (Acuan Kepemilikan di Sekuritas).
  • Level 2, berisi materi yang berisi mengenai analisis teknikal dan fundamental.
  • Belajar analisis saham

Mempelajari tentang analisis saham dapat menuntun Anda dalam melakukan trading saham secara tepat dan meminimalkan kerugian. Di SPM level 2, Anda mendapatkan pelajaran dasar analisis saha, baik secara teknikal atau fundamental.

Anda akan mempelajari beberapa hal berikut pada analisis fundamental :

  • Analisis ekonomi
  • Analisis sektor/industri
  • Analisis mengenai rasio keuangan perusahaan

Sementara untuk analisis teknikal, Anda akan mempelajari :

  • Price pattern
  • Trend line
  • Moving average
  • RSI (Relative Strength Index)
  • Resistance and support
  • Overbought and oversold
  • Chart
  • Stochastic oscillator
  • Buka rekening saham online di perusahaan sekuritas

Selanjutnya adalah membuka rekening untuk saham online. Ini merupakan salah satu syarat dari trading saham. Anda dapat mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas dan dapat dilakukan secara online.

  • Mulai dari modal kecil

Walaupun ada trader yang bisa meraup banyak keuntungan dengan modal besar, Anda tidak perlu melakukan hal sama. Meminimalkan kemungkinan terjadinya kerugian melalui modal kecil, ini juga merupakan salah satu cara untuk mempelajari tentang kesalahan trading.

  • Pelajari cara beli dan jual lewat aplikasi online trading

Sekarang ini perusahaan sekuritas telah menyediakan aplikasi khusus untuk online trading, ini berguna bagi investor dan juga trader dalam memilih, menjual serta membeli saham. Kemudian aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan top stock, top broker, top summary, stock screener dan masih banyak lainnya.

  • Belajar dari pengalaman

Satu ataupun dua hari sebenarnya tidaklah cukup untuk Anda mempelajari tentang investasi saham. Anda harus bersabar dalam menjalankannya dan jangan patah semangat, walau mengalami kerugian. Anda harus belajar dari pengalaman. Sebab dengan begitu akan dapat membantu Anda dalam hal mempertajam analisis.

Panduan dan cara belajar trading saham untuk pemula

langkah yang harus Anda lakukan agar dapat menjadi seorang pemilik saham di pasar modal terbilang mudah. Ada 3 langkah utama yang wajib Anda laksanakan, yaitu:

  1. Membuka rekening

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai trading saham adalah mempunyai rekening, tabungan tersebut bukan tabungan biasa, melainkan rekening efek. Proses pembuatannya bisa dilakukan dengan datang langsung perusahaan sekuritas. Persiapkan beberapa syarat yang dibutuhkan, seperti fotocopy KTP, buku tabungan, NPWP, serta materai Rp 10.000 sebanyak 2 lembar. 

  1. Penyetoran dana

apabila proses membuka rekening efek berhasil, langkah selanjutnya menyetorkan dana. Nominal dana yang harus disetorkan untuk pertama kalinya bervariasi dan disesuaikan dengan dari ketentuan  masing-masing perusahaan sekuritas. Dengan adanya penyetoran dana ke rekening efek, investor pun dapat mulai melakukan proses jual beli saham.

  1. Mulai berinvestasi

Cara melakukan transaksi saham terbilang mudah. Anda tidak harus datang langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) terdekat. Tersedia pilihan praktis bertransaksi saham dengan cukup menggunakan akses internet. sekarang ini, sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan trading saham online untuk para investor.

Sekalipun Anda bisa mendapatkan keuntungan, namun dalam menjalankan trading tetap memiliki resiko. Jadi ada baiknya Anda mengatur waktu dan belajarlah dari orang-orang yang memang mengerti secara benar mengenai trading saham ini.