Cara Belanja Online yang Aman dan Nyaman

cara belanja online

Semakin majunya zaman semakin maju juga dunia digital, bahkan untuk belanja pun bisa kita lakukan dari mana saja termasuk dari rumah. Cukup mengunduh salah satu platform e-commerce dan kita bisa memilih barang apa yang diinginkan. Namun, berbelanja secara online selalu aman, karena banyak juga yang tertipu dan barang pesanan saat sampai tidak sesuai keinginan. Lalu, bagaimana cara belanja online yang aman dan nyaman?

Cara aman berbelanja online

Berbelanja secara online memang sudah menjadi kegemaran banyak orang, bukan hanya karena praktis, namun kebanyakan barang yang dijual secara online memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko-toko fisik. Tapi, kalian juga harus waspada, karena banyak juga kasus dimana para konsumen tertipu. Misal saat pesan gambar yang dipasang sangat bagus, tapi begitu diterima tidak sesuai dengan yang ditampilkan. Berikut adalah tips agar berbelanja online menjadi aman dan nyaman.

  • Baca ulasan toko

Baca semua ulasan toko yang diberikan oleh pembeli, apakah barang-barang yang mereka beli sesuai dengan keinginan atau malah berbeda.

  • Pastikan toko memiliki rating baik

Lihat rating rata-rata yang toko tersebut dapatkan dari para pembeli. Jika, kebanyakan pembeli memberikan rating yang baik, anda dapat mempercayai toko tersebut.

  • Cek harga

Perhatikan juga harga yang diberikan, apakah masuk akal atau tidak. Cek ke toko-toko lainnya tentang harga asli dari barang tersebut, jika perlu cek langsung ke toko-toko fisik yang kemungkinan menjual barang yang kalian inginkan, jika harganya tidak terlalu beda jauh maka silahkan dipesan.

  • Baca deskripsi barang

Baca dengan benar deskripsi barang, jangan sampai anda melewatkan yang satu ini. Cermati baik-baik apakah judul dan isi deskripsi sudah sama, biasa pada deskripsi penjual akan menjelaskan tentang barang yang dijual. Jika masih belum puas, anda dapat chat langsung dengan penjual.

  • Tidak bertransaksi langsung dengan toko

cara belanja online

Jangan mau jika diminta untuk membayar langsung ke penjual, biasa jika anda berbelanja pada salah satu e-commerce, anda akan diarahkan bagaimana cara untuk membayar barang yang dipesan. Jika, penjual meminta untuk langsung transfer ke rekening pribadi, silahkan cari toko lain dengan barang yang sama.

  • Bukti pembayaran disimpan

Selalu simpan bukti transaksi anda, itu bisa digunakan sebagai bukti apabila barang yang datang ternyata berbeda dengan yang dipesan. Hubungi pihak e-commerce tempat anda bertransaksi dengan melampirkan bukti tersebut, nanti pihak e-commerce akan membantu anda menyelesaikan masalah anda bahkan mengembalikan uang yang sudah ditransfer.

  • Jangan gunakan perangkat umum

Pastikan saat anda berbelanja secara online, perangkat yang digunakan adalah milik pribadi bukan perangkat umum. Ini bertujuan agar tidak ada kejadian dimana akun anda digunakan oleh yang tidak diinginkan. Jika hal ini sampai terjadi tentu akan merugikan anda.

  • Tracking paket anda

Selalu cek paket yang anda pesan. Saat tiba, pastikan jika kurir memberikan langsung kepada anda. Pastikan nomor handphone yang ada pada paket memang milik anda dan masih digunakan, ini untuk mempermudah kurir menghubungi anda jika paket sudah tiba.

  • Robek alamat sebelum membuang bungkus

Jika sudah menerima paket dan anda ingin membuang bungkusannya, selalu coret-coret atau ambil bagian dimana tertulis alamat tinggal anda. Tujuannya agar tidak disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips bertransaksi online yang aman

Tidak memilih toko yang aman saja yang harus diperhatikan jika anda lebih suka berbelanja online, saat melakukan transaksi juga harus anda perhatikan agar tidak ada pihak lain yang berusaha menggunakan akun e-commerce anda.

  • Pastikan akun e-commerce anda memiliki email dan password yang berbeda dengan akun media sosial dan sosial chat. Hal ini penting, agar tidak terjadi peretasan ke hal-hal yang bersifat pribadi.
  • Rajinlah mengganti password akun anda secara berkala.
  • Jangan pernah tautkan debit atau kartu kredit anda. Jadi, saat ingin melakukan pembayaran, gunakan dompet digital atau melalui gerai yang bekerja sama dengan e-commerce tersebut.
  • Jangan pernah membagikan OTP sembarangan atau menggunakan nomor ponsel orang lain untuk masuk ke akun e-commerce.
  • Gunakan perangkat gadget pribadi, jangan menggunakan milik umum (warnet) untuk menghindari akun e-commerce anda digunakan oleh orang tidak dikenal.
  • Gunakan keamanan ganda. Agar anda tahu bila ada yang mencoba menggunakan akun e-commerce milik anda.

Apabila anda termasuk orang yang hobi berbelanja secara online, jangan pernah tergiur dengan harga yang murah atau hanya membaca judul dari toko online tersebut. Selalu pastikan melalui deskripsi yang tertera, rating yang diberikan dan yang terpenting selalu cek ketersediaan barang dengan cara chat atau hubungi langsung penjual untuk menanyakannya.

Jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, langsung laporkan toko tersebut ke bagian admin di e-commerce tempat anda berbelanja. Demikian tips dan cara belanja online yang aman dan nyaman. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki hobi berbelanja online.