Cara Berbisnis Online Shop Bagi Pemula

bisnis online shop

Saat ini menjalankan bisnis online sudah cukup memberikan peluang besar, sebab sedang banyak diminati masyarakat luas. Kondisi ini disebabkan karena orang-orang merasa berbelanja secara online jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan cara konvensional atau mendatangi toko nya langsung.

Dari pihak penjual pun, dengan memiliki toko online tentunya bisa menghemat budget, yang mana tidak membutuhkan yang namanya sewa tempat atau ruko agar bisa membuka bisnis dalam bentuk fisik. Jika Anda berminat membuka toko online, sebelum Anda memutuskan berbisnis online shop, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Nah, berikut ini merupakan cara paling efektif ketika Anda ingin memulai usaha online shop khususnya bagi para pemula.

1.       Memperhatikan Jenis Produk yang Akan Dijual

Anda harus ingat bahwa ada berbagai risiko yang bisa terjadi saat Anda berbisnis secara online, khususnya pada proses pengiriman barang. Anda harus memahami apakah barang atau produk yang Anda jual bisa aman saat sampai ke konsumen.

Selain itu, Anda juga harus tahu kurir mana yang tepat untuk produk Anda. Misalnya Anda menjual baju, memakai jasa kurir yang durasi pengiriman dua hari tentunya akan aman.

Akan tetapi, lain halnya saat Anda menjual makanan yang mana tidak bisa tahan lama. Anda berarti membutuhkan jasa pengiriman yang bisa mengirimkan makanan Anda dengan cepat serta tepat waktu atau hanya dalam durasi beberapa jam saja, supaya ketika makanan sudah sampai ke konsumen, mulai dari rasa dan bentuk tidak berubah dan tetap nikmat untuk disantap

2.       Menentukan Platform Bisnis Online Shop

Jika Anda seorang pemula, ketika akan membuka bisnis online shop Anda juga harus menentukan platform yang  akan Anda gunakan untuk menjadi wadah promosi produk dari bisnis Anda. Dengan begitu Anda dapat menyusun strategi yang jitu untuk Produk yang dijual.

Usahakan untuk tidak menjual produk di platform yang tidak tepat dengan target Anda. Pastikan juga platform tersebut bisa mempermudah para konsumen Anda. Contohnya, Anda menjual alat elektronik dengan harga mencapai jutaan, Anda bisa memilih jenis platform yang memang telah menyediakan sistem pembayaran secara kredit

3.       Membuat Brand yang Meyakinkan Konsumen

Tidak sedikit orang yang mengawali bisnis online shop dengan cara yang dapat dikatakan sembarangan. Mulai dari memberikan nama brand bisnis, sampai logo yang mereka gunakan. Padahal, kepercayaan para calon konsumen yang ingin membeli barang, mintanya terbangun dari apa yang mereka lihat, dengan kata lain citra dari bisnis yang Anda miliki.

Anda bisa melihat contoh dari brand-brand terkenal, mulai dari Nike atau Pepsi. Nama serta loga brand tersebut sangat melekat di ingatan masyarakat luas. Ditambah lagi dengan kualitas produk yang mereka jual, membuat orang orang semakin yakin jika produk mereka benar-benar terpercaya dan layak untuk dibeli.

4.       Foto Produk Semenarik Mungkin

Dengan menjual produk secara online, ada baiknya Anda membuat foto untuk produk Anda semenarik mungkin. Upaya ini dilakukan supaya dapat menghipnotis dan menarik para calon konsumen.

Sebelum Anda membuat foto produk, Anda bisa mencari dahulu contoh atau gambar produk yang Anda rasa sesuai untuk menarik hati para pembeli. Tidak ada salahnya Anda sedikit menirukan konsep gambar tersebut, akan tetapi tidak lupa untuk Anda memfokuskan foto atau gambar tersebut di produk Anda sendiri.

5.       Memberikan Promosi dalam Bentuk Reward

Siapapun pasti sangat tertarik dengan yang namanya promo ataupun potongan harga. Apabila menerapkan metode ini, tentu akan dapat menarik perhatian para calon pelanggan, minimal mereka melihat produk Anda serta mengetahui terkait brand yang Anda miliki. Tidak sedikit orang-orang yang tidak bisa menahan diri saat mengetahui ataupun melihat bahwa adanya diskon di sebuah toko online atau online shop yang menjual produk tertentu.

6.       Memperhatikan Kualitas Produk

Menjual barang secara online itu berarti pelanggan hanya bisa melihat produk Anda dari gambar yang dibagikan serta keterangan Anda tulis terkait produk yang ditawarkan. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kepercayaan para pelanggan dengan terus memperhatikan kualitas barang yang Anda jual.

Perlu diingat, bahwa untuk menarik hati pelanggan tidak hanya dilakukan dari platform Anda saja, melainkan bisa dari mulut ke mulut. Saat produk yang Anda jual memang berkualitas dan berhasil membuat puas pelanggan, besar kemungkinan para konsumen Anda nantinya akan memberi rekomendasi dari produk Anda kepada teman-temannya untuk membeli barang atau produk dari yang Anda jual.

Apabila sebaliknya, jika produk yang sampai tidak sesuai dengan apa yang para pelanggan harapkan. Jangan terkejut bila nama brand atau nama toko online Anda akan tercoreng, sehingga angka penjualan Anda semakin hari bisa semakin menurun. Maka dari itu, sebagai seorang pemula  di bisnis ini, Anda harus benar-benar memperhatikan poin tersebut.