Cara Berhemat Dalam rumah tangga

Tiba tiba sadar  uang di dompet sudah habis? Bingung kemana aja “larinya“ uang-uang yang seakan menguap begitu saja ?. Sadar pengeluaran  bulan ini sangat banyak dan setelah ditelusuri  ternyata ada banyak  pembelian barang barang dan pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu, seperti untuk jajan atau membeli barang barang di e commerce yang pada akhirnya cuma jadi pajangan saja karena sangat jarang digunakan.

Wah,  kalau begini terus bisa bisa keuangan keluarga bisa terus defisit dan pada akhirnya cuma akan menimbulkan masalah antara suami istri . Keuangan dalam rumah tangga memang perlu dikelola dengan baik gaar tetap terjaga dans stabil. Gaya hidup boros harus cepat cepat ditinggalkan karena sekarang hidup bukan cuma untuk seorang saja melainkan dua orang apalagi jika sudah punya anak

Berhemat! Itulah kata kunci yang perlu dilakukan saat menyadari bahwa pengeluaran terlalu banyak sementara gaji atau penghasilan cenderung tetap. Gaya hidup dan tuntutan kebutuhan yang terus menerus berubah dan bertambah membuat banyak pasangan dalam rumah tang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangannya hingga kemudian terjebak pada  pemborosan dan  gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan/pendataan keluarga

Terus bagaimana cara untuk menerapkan gaya hidup hemat yang bisa menyelamatkan keuangan keluarga dari pengeluaran yang sia-sia  ?

  1. Kurangi jajan diluar 

Hal paling sering yang jadi penyebab keuangan keluarga jadi boros adalah kebiasaan jajan  dan membeli barang barang yang tidak pokok . Jajan yang tidak terkontrol; apalagi pada masa pandemi corona yang memaksa banyak keluarga stay dirumah dan menggantungkan kebutuhan makannya dengan membeli lewat online akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang terbawa hingga sekarang. Kebiasaan jajan dan membeli makan diluar ini tentu saja kan sangat mengurus keuangan keluarga jika tidak terkontrol dengan baik.  

Maka mumpung sekarang PPKM  sudah longgar meski  pandemi covid-19 belum berakhir ada baiknya untuk mengurangi beli untuk  jajan  Makan di luar sekali kali boleh sebagai bagian refreshing keluarga namun jangan jadikan kebiasaan. Selain itu tanamkan dalam pikiran kebutuhan keluarga harus jadi prioritas daripada mentingin ego dan rasa malas untuk memasak sendiri.

  1. Buat anggaran keuangan bulanan dengan cermat

Membuat anggaran keuangan adalah hal yang harus  dilakukan bagi yang telah berkeluarga. Dengan membuat anggaran keluarga bulanan , setiap pendapatan dan pengeluaran bisa terkontrol dengan baik .Anggaran keuangan bulanan juga bisa membuat hidup jadi lebih hemat karena terhindar dari pemborosan akibat pengeluaran yang tidak perlu.

  1. Belanja bulanan dengan daftar belanjaan

Membuat dan membawa daftar belanjaan setiap kali belanja di supermarket maupun pasar akan menghindarkan para ibu ibu rumah tangga dari “lapar mata “ yang akhirnya membeli barang barang yang  sebenarnya tidak dibutuhkan.

Sebelum berangkat belanja rencanakan apa yang hendak dibeli dengan menuliskannya di daftar belanja. Patuhi dan disiplin dengan daftar belanja saat tiba di tempat belanja, Segera penuhi kebutuhan belanja sesuai yang tertera dalam daftar dan setelah itu  pulang.. Jangan lagi ada kata kata siapa tau besok butuh, mumpung lagi diskon, mumpung barangnya ada dan seterusnya saat  melihat barang yang membuat tertarik padahal sebenarnya itu bukan barang yang dibutuhkan untuk saat ini ataupun sebenarnya tidak perlu dibeli. Jika terus membiasakan diri menuruti kata kata itu , maka lupakan saja  niat untuk berhemat.

  1. Hemat dalam menggunakan listrik dan internet

Hal lain dalam keluarga yang membuat jebol pengeluaran adalah penggunaan listrik dan  internet  yang semena mena dan akhirnya membuat tagihan jadi melonjak. Bijaklah dalam penggunaan listrik . Mematikan lampu saat siang atau malam di tempat yang tidak perlu penerangan . menghemat air pompa, dan membeli barang barang elektronik yang  hemat listrik adalah solusi untuk berhemat listrik. Sedangkan mengurangi terpaku pada hp ataupun surfing di dunia maya  untuk menonton  secara online adalah solusi untuk mengurangi pemborosan untuk biaya internet. Selain tidak sehat untuk tubuh karena terus terusan terpaku di dunia maya ,  juga membuat hubungan sosial maupun komunikasi antar keluarga jadi terganggu

  1. Menjaga Gaya Hidup

Salah satu tantangan  dalam kehidupan rumah tangga  terutama bagi mereka yang hidup di kota kota besar dlh Gaya Hidup Yang mengharuskan mengikuti gaya hidup kota yang serba glamor dan hanya biar bisa diterima atau diakui sebagai orang sukses  adalah sebuah jebakan yang mengantarkan pada pemborosan dan pengeluaran yang tak terkontrol  dan  tidak perlu.

Hiduplah sesuai dengan kemampuan pendapatan yang dimiliki, jangan memaksakan diri untuk tampil hebat di mata tetangga atau lingkungan sosial  dengan membeli barang barang dengan cara berhutang atau mencicil yang akhirnya memberatkan diri sendiri karena tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh,  akhirnya kebutuhan pokok  yang seharusnya jadi prioritas jadi dikorbankan demi menutup biaya untuk mendukung gaya hidup yang tidak sesuai keadaan. Lebih baik gunakan uang sisa dari pendapatan untuk ditabung daripada untuk memenuhi gaya hidup hanya demi dilihat sebagai orang sukses.