Cara Berinvestasi Saham Untuk Jangka Panjang

Apabila Anda merupakan seorang pemula, lebih baik mengenal tentang profil resiko terlebih dahulu sebelum memulai investasi. Karena untuk diketahui, apabila Anda hanya menabung dalam jangka pendek nantinya nilai dari saham tersebut akan fluktuatif, tetapi bila jangka panjang akan berpeluang besar untuk naik.

Umumnya, ketika Anda melakukan investasi jangka panjang, maka ada kemungkinan dana Anda bisa berkembang secara signifikan. Karenanya akan lebih tepat bila mempertimbangkan untuk menabung salam dalam waktu lama.

Cara Menabung Saham

Kini semua kalangan bisa menabung saham, Anda pun bisa menjadi investor di perusahaan besar. Berikut ini cara menabung saham.

Membuka Rekening Efek

Memiliki sistem yang sama dengan ketika membuka rekening pada bank konvesional pada umumnya. Dalam berinvestasi saham Anda juga harus memiliki rekening, karena semua investor pemula diwajibkan untuk mempunyai rekening saham.

Untuk membuka rekening jenis ini, Anda hanya cukup datang ke kantor/ perusahaan/ bank yang secara resmi memiliki izin untuk menjadi sekuritas. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak perusahaan sekuritas yang terbaik dan terpercaya.

Membuka rekening sekuritas online

  • Akses ke website perusahaan atau bank sekuritas yang Anda diinginkan

Masuk ke situs website serta masukan email beserta kata sandinya. Kemudian cek email Anda yang dikirim oleh pihak perusahaan sekuritas, selanjutnya klik pada “link aktivasi.” Setelahnya Anda akan langsung diarahkan pada halaman login. Lalu, lakukan login kemudian mengisi formulir.

  • Lakukan pengisian formulir dan lampirkan berkas yang diminta

Terdapat empat langkah dalam pengisian formulir dan harus Anda iewati ketika melakukan registrasi. Semuanya harus sesuai dan benar, selanjutnya mengunggah NPWP, KTP serta tanda tangan.

Registrasi offline 

  • Mintalah form registrasi pada petugas

Anda bisa mendatangi kantor dari perusahaan atau bank sekuritas terdekat dan melakukan registrasi dengan bantuan petugas apabila ada yang tidak dimengerti.

  • Siapkan berkas

Ketika Anda mendatangi kantor dari perusahaan sekuritas jangan lupa untuk membawa berkas-berkas, seperti :

  • Salinan KTP
  • Salinan NPWP
  • Salinan dari halaman pertama buku tabungan
  • Kartu pegawai (apabila Anda merupakan seorang karyawan)

Bila seluruh form telah Anda isi, silahkan serahkan kepada petugas yang membantu Anda untuk di proses lebih lanjut.

  • Tunggu Permohonan Diproses

Apabila semua berkas serta dokumen yang Anda serahkan telah terpenuhi dan sesuai, maka selanjutnya hanyalah menunggu hingg rekening saham Anda di proses. Biasanya tidak memerlukan waktiu lama.

Setelahnya Anda akan mendapatkan user ID beserta password untuk login ke aplikasi yang disediakan oleh pihak perusahaan sekuritas. Anda bisa mendownloadnya melalui PC, Lpatop< tablet atau smarthphone. Setoran awalnya tergantung kebijakan dari perusahaan.

  • Top up Sejumlah Dana 

Bila rekening sudah jadi, selanjutnya adalah mengisi saldo untuk digunakan membeli saham yang Anda inginkan di BEI. Setelah melakukan pengisian, perusahaan sekuritas akan memberikan ID agar Anda bisa masuk ke aplikasi dan mulai bertransaksi jual-beli melalui perangkat pintar yang miliki.

Tips Meraih Keuntungan Dalam Investasi Saham

Supaya investasi Anda bisa memberikan profit yang memuaskan, Anda harus memperhatikan hal berikut ini sebelum memulai berinvestasi saham :

  • Selalu mengamati perkembangan perekonomian

Saham adalah sebuah instrumen investasi yang dipengaruhi perkembangan ekonomi. Ketika ekonomi mulai tumbuh kearah yang baik maka itu adalah waktu yang pas bagi Anda untuk berinvetasi dan sebaliknya jika pertumbuhan ekonomi menurun.

Maka, sebaiknya Anda keluar, kecuali Anda telah mempunyai jam terbang tinggi. Oleh sebab itu Anda wajib untuk selalu update mengenai berita seputar ekonomi. Hal ini juga pastinya akan memiliki manfaat bagi Anda saat terjadi perkembangan ekonomi secara signifikan.

  • Mempelajari mengenai saham

Perdalamlah pengetahuan Anda mengenai investasi saham. Karena tanpa Anda memahami tentang dasar investasi, akan menyebabkan Anda mendapatkan kerugian yang besar. Bila pengetahuan tentang investasi saham Anda terbatas.

Anda bisa mencari informasi lebih dengan cara membeli buku khusus pemula, mencari informasi melalui internet, mengikuti kelas-kelas online dan masih banyak lagi. Termasuk belajar langsung dari orang-orang yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia saham.

  • Mempelajari keadaan perusahaan

Sebelum membeli saham, ada baiknya Anda mempelajari tentang analisa fundamental secara sederhana, mengenai keadaan perusahaan saham pilihan Anda. Selalu melakukan monitoring tentang berita yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. 

Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi terkini dari perusahaan yang sahamnya akan Anda beli. Apakah perkembangannya memang sehat dan memperoleh keuntungan atau malah sebaliknya, dengan melakukan hal tersebut maka Anda bisa terhindar dari resiko kerugian.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk berinvestasi pada saham dengan jangka panjang. Selalu usahakan agar Anda memonitoring pergerakan saham dari perusahaan yang ingin Anda beli dan jangan terlalu ambisius juga. Karena hal tersebut malah akan membuat Anda jadi tidak dapat melihat kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi.