Cara Bikin Surat Izin Usaha

cara bikin surat izin usaha

Pada artikel kali ini segera dibahas mengenai cara bikin surat izin usaha atau SIUP. Menjadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin membuat atau membangun sebuah bisnis perdagangan yaitu mendaftar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan izin untuk bisa menjalankan usaha tersebut.

Izin tersebut biasa dikenal dengan sebutan SIUP. Dimana SIUP sendiri merupakan dokumen yang sangat wajib dimiliki badan usaha atau perseorangan yang akan membangun sebuah bisnis perdagangan. Hal tersebut juga berlaku baik pedagang dengan skala kecil sampai pedagang skala besar hingga pedangan lintas daerah atau bahkan negara.

Alasan Mengapa SIUP Wajib Dimiliki oleh Setiap Usaha

Apabila usaha Anda sudah terdaftar serta mempunyai surat izin usaha, itu berarti usaha milik Anda sudah resmi dan bisa melakukan aktivitas bisnis dengan lebih aman. SIUP sendiri begitu penting agar bisa menghindarkan Anda dari berbagai jenis persoalan, yang salah satunya adalah perizinan lokasi usaha.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara untuk membuat surat izin usaha atau SIUP, bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

ide bisnis kekinian

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Ternyata membuat surat izin usaha tidak seribet yang banyak dipikirkan orang-orang. Asal Anda sudah menyiapkan berbagai dokumen sebagai kebutuhan administrasinya, maka Anda sudah bisa untuk membuat dan mengurus SIUP. Berikut ini merupakan panduan dalam membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), yakni:

1. Mengambil formulir Pendaftaran

Jika Anda seorang pemilih sebuah usaha, Anda dapat langsung mengunjungi kantor miliki Dinas Perdagangan atau ke Kantor Pelayanan Perizinan untuk mengambil sebuah formulir pengajuan untuk Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP.

Akan tetapi, bila Anda berhalangan, Anda tetap dapat mengurusnya lewat orang yang sudah Anda berikan kuasa.  Kemudian lampirkan surat kuasa tersebut beserta materai dan sudah ditandatangani oleh Anda sendiri. Dengan begitu peran Anda bisa digantikan oleh orang tersebut untuk mengurus segala macam keperluan untuk proses pembuatan surat izin usaha tersebut.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak kantor dari Dinas Perdagangan dengan lengkap dan tepat. Setelah itu Anda perlu menandatangani formulir tersebut tepat diatas materai seharga 6 ribu. Formulir tersebut hanya dapat ditandatangani oleh Direktur, pemilik, penanggung jawab dari perusahaan. Jika sudah selesai, silahkan fotokopi formulir ini sebanyak dua rangkap lalu gabungkan dengan persyaratan administrasi pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Selanjutnya lampirkan surat yang sudah diberi materai, apabila Anda menggunakan jada dari pihak ketiga yang diusung untuk mengurus proses pembuatan SIUP milik perusahaan Anda.

3. Membayar Biaya Pembuatan SIUP

Jika sudah melengkapi isian dari formulir permohonan SIUP tersebut, Anda perlu melakukan pembayaran beban biaya untuk pembuatan SIUP, yang mana beban biaya pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan ini di setiap wilayah atau kota tarifnya berbeda-beda sebab ketentuannya diatur dari masing-masing pemerintah daerah setempat.

Maka dari itu, jika Anda ingin membuat SIUP sebaiknya tanyakan terlebih dahulu biaya pembuatan yang harus dibayar. Hal ini terlihat sepele bagi sebagian orang namun jika Anda tidak membuat uang yang cukup meski semua berkas atau dokumen sudah terpenuhi tentu proses pembuatan SIUP akan terhambat. Agar bisa terhindar dari kejadian tersebut, alangkah baiknya menggali informasi dahulu mengenai biaya yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

4. Mengambil SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) tersebut umumnya akan siap dan dapat Anda terima dalam jangka waktu sekitar dua minggu dari waktu pertama kali mengajukan. Pada proses, para petugas dari kantor Dinas Perdagangan segera menghubungi Anda terkait pemberitahuan bahwa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) perusahaan milik Anda sudah selesai dan sudah dapat diambil. Pastinya Anda mengambil ke kantor Dinas Perdagangan di tempat Anda saat mengurus SIUP tersebut

Nah, itulah berbagai macam prosedur yang wajib Anda lakukan dan penuhi agar bisa memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Dengan mempunyai surat izin seperti SIUP ini itu berarti bisnis atau usaha milik Anda sudah tercatat secara resmi atau legal dan sudah tercantum namanya di bawah pemerintah.

Mempunyai surat izin usaha berupa SIUP juga membuat usaha Anda bisa berjalan dengan tenang, aman dan nyaman. Memiliki SIUP dari sebuah perusahaan tentu mempunyai kekuatan hukum, apabila ada sejumlah pihak yang baik disengaja maupun tidak, yang mana memiliki niat untuk mengganggu aktivitas operasional perusahaan Anda. Pastinya Anda bisa dengan mudah meminta tolong aparat berwajib untuk bisa mengatasi berbagai gangguan-gangguan tersebut.

Jadi demikianlah cara bikin surat izin usaha yang biasa dikenal dengan sebutan SIUP. Siapapun dan mengurus dan membuat surat izin tersebut asal memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada.