Cara Buat SIM Internasional dan Syaratnya

Apakah Anda mempunyai rencana untuk keliling dunia menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil? Untuk bisa mewujudkan impian tersebut, maka Anda harus mempersiapkan sim internasional terlebih dahulu sebagai legalitas untuk melakukan perjalanan. Hal ini menjadi dokumen penting, apabila Anda tidak mempunyai akan ada permasalahan  selama perjalanan nantinya. 

Untuk bisa mengendarai kendaraan dari beberapa wilayah di Indonesia bisa Anda lakukan, asal mempunyai dokumen penting dan pendukungnya tersebut. Apalagi untuk syarat sim internasional tidak begitu sulit dan bisa Anda lakukan dengan aman serta sangat nyaman. Jika Anda ingin mendapatkan sim tersebut, maka penting untuk memahaminya secara menyeluruh berdasarkan artikel kali ini. 

Apa Itu Sim Khusus Internasional? 

Mungkin Anda sendiri sudah tidak asing dengan SIm atau surat izin mengemudi tersebut, karena di Indonesia sendiri setiap pengguna kendaraan bermotor wajib memilikinya. Lantas, bagaimana untuk sim khusus internasional tersebut? Sesuai dengan namanya kalau sim tersebut diperuntukkan untuk melakukan perjalanan di luar negeri dan terhindar dari permasalahan. 

Dalam kata lain jika Anda hendak melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil menggunakan sim internasional tersebut akan terbebas dari permasalahan. Karena hal ini termasuk dalam legalitas jalanan yang penting untuk dipahami secara menyeluruh. Tentunya hal ini berdasarkan pada kesepakatan bersama melalui PBB pada tahun 1968. 

Perjanjian ini dilakukan pada Vienna Convention on Road Traffic yang memberikan kalau setiap bangsa atau negara yang penduduknya ingin melakukan perjalanan dan mengendarai kendaraan pribadi harus memiliki dokumen pendukung atau sim khusus internasional. Tentunya setiap warga negara Indonesia bisa mendapatkannya asal memenuhi syarat sim internasional

Lembaga Mengurus dan Mengeluarkan SIM Internasional 

Untuk proses pembuatan SIM tersebut hanya diterbitkan dan dikeluarkan oleh lembaga Korps Satuan Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas RI). dengan demikian Anda harus langsung melakukan pendaftaran atau registrasi langsung ke gedung NTMC baik secara online atau datang langsung. Dalam tahap ini proses pembuatannya tidak hanya ke pembuatan SIM pada umumnya. 

Proses penerbitan SIM khusus internasional ini sudah relatif lama dan sudah ada sejak Desember 2010 yang membuat dan memuat kebutuhan untuk SIM tersebut. Sebelum diatur dan ditentukan oleh Korlantas RI, sebelumnya untuk mendapatkannya hanya dikeluarkan oleh Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia, sehingga tanggung jawabnya langsung dibawah Ikatan Motor Indonesia (IMI). 

Syarat Pembuatan SIM 

Untuk syarat SIM internasional itu sangat mudah dan tidak begitu sulit untuk pengaplikasiannya, prosesnya juga Anda bisa dengan sangat praktis melakukan pendaftaran langsung melalui online. Kegiatan ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan dan dipahami secara menyeluruh, dengan demikian Anda bisa langsung melakukannya. 

Berikut ini proses untuk melakukan pendaftaran pembuatan SIM tersebut, simak ulasannya secara lengkap dan menyeluruh. 

1. Syarat Dokumen 

Tentunya Anda harus mempersiapkan SIM Umum terlebih dahulu, tidak lupa untuk membawa KTP asli, dan Paspor yang asli. Selanjutnya anda harus memiliki hasil bukti print mengenai bukti pembayaran, dan apabila Anda status sebagai WNA atau warga negara asing harus menyertakan KITAS atau Kartu Izin Tinggal Tetap secara menyeluruh untuk dilakukan. 

Pada tahap ini Anda harus benar-benar bisa memahaminya, sehingga semua dokumen tersebut wajib disertakan dengan baik dan lengkap. Pastikan Anda sudah memperhatikan semuanya agar prosesnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. 

2. Melakukan Registrasi Online 

Untuk proses pendaftarannya tersebut Anda langsung mengunjungi situs https://siminternasional.korlantas.polri.go.id/, selanjutnya Anda tinggal melengkapi nama lengkap, golongan pada SIM Umum atau nasional, selanjutnya memasukan nomor SIM nasional, dan memilih gerai internasional untuk kedatangannya dan sekaligus memilih tanggalnya. Langsung saja klik lanjut dan isi formulir nya secara lengkap dan menyeluruh, terakhir tinggal langsung klik daftar dan jangan lupa untuk melakukan screenshot sebagai bukti pendaftaran. 

3. Tinggal Melakukan Pembayaran 

Proses ini bisa Anda lakukan dengan langsung transfer saja melalui bank langsung, menggunakan ATM, mobile banking dan sebagainya untuk biaya buat SIM internasional tersebut. 

4. Datang ke NTMC Polri 

Apabila semua prosesnya sudah dilakukan, maka Anda tinggal langsung menuju ke gerai NTMC Polri tersebut, tentunya harus membawa persyaratan yang ada. Untuk proses registrasi sendiri Anda bisa melakukannya hanya sampai pukul 2 siang saja. Lalu pada tahap ini Anda tinggal menunggu petugas memverifikasi semua dokumen, melakukan sidik jari, foto, dan tanda tangan elektronik. 

Lalu, tidak lama membutuhkan waktu 3 menit SIM internasional Anda tersebut sudah bisa Anda dapatkan dan terima dengan sangat baik. 

Biaya Buat SIM Internasional 

Untuk pembuatan SIM Internasional ini berdasarkan pada PP Nomor 60 Tahun 2016 mengenai biaya buat SIM Internasional ini untuk pembuatan tarif yang diberikan 250 ribu rupiah dan untuk perpanjangan tarifnya 225 ribu rupiah. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pembuatan SIM Internasional yang dapat Anda pahami dan ketahui secara menyeluruh.