Cara Budidaya Lobster Air Tawar dan Perkiraan Modalnya

budidaya lobster

Bukan rahasia lagi, harga jual lobster cukup menggiurkan. Tidak heran, jika banyak pebisnis muda yang mulai menggeluti budidaya lobster ini. Apalagi saat ini, banyak sekali budidaya lobster air tawar bermunculan bahkan di Indonesia bermunculan budidaya lobster air tawar berbasis kemitraan.

Perlu diketahui, ternyata dengan modal minim, Anda pun dapat melakukan budidaya lobster air tawar. Bagaimana cara melakukan budidaya lobster air tawar? Berikut akan dijelaskan budidaya lobster air tawar step by step beserta perhitungan modalnya.

7 Langkah Budidaya Lobster Air Tawar yang Perlu Anda Tahu

Kabarnya, cara budidaya lobster air tawar ini tidaklah rumit. Adapun kunci sukses budidaya lobster air tawar ini pada saat tahap pemilihan bibit lobster. Nah, bagaimana cara budidayanya? Mari, simak penjelasan berikut ini langkah demi langkah.

Tahap Pemilihan Bibit Lobster Air Tawar

Pada tahap pemilihan bibit ini, pastikan Anda memilih jenis lobster air tawar yang berkualitas. Selain itu, pilihlah jenis lobster air tawar yang bisa hidup di wilayah tropis, seperti di Indonesia. Adapun bibit lobster air tawar yang berkualitas dan mudah berkembangbiak di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Red Claw merupakan jenis lobster yang memiliki habitat mudah hidup di sungai, rawa dan danau daerah tropis. Ciri lobster air tawar ini memiliki capit merah.
  • Red Swamp Crayfish, memang lobster air tawar jenis ini berukuran kecil. Namun, lobster tersebut memiliki bobot yang cukup berat, yaitu 50 gram di usia 3 – 5 bulan. Lobster air tawar yang satu ini dapat berkembang biak dengan mudah.
  • Yabby merupakan jenis lobster air tawar yang cukup berbobot, yaitu memiliki berat 400 gram per ekor.

Tersebut adalah jenis lobster air tawar yang dapat mudah berkembangbiak di wilayah tropis. Anda dapat memilih salah satu jenis bibit lobster air tawar tersebut untuk dibudidayakan.

Tahap Mengembangbiakkan Lobster Air Tawar

Setelah tahap pemilihan bibit lobster air tawar, selanjutnya adalah tahap pengembangbiakkan. Di tahap ini, pilihlah indukan lobster air tawar yang berumur 6 bulan untuk dikembangbiakkan atau dikawinkan. Adapun cara pengembangbiakkannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan tempat pemijahan untuk indukan lobster air tawar jantan dan betina. Umumnya, tempat pemijahan ini berbentuk seperti pipa paralon berukuran 20 cm. 
  • Diamkan selama 2 – 3 minggu lobster air tawar bersembunyi di tempat pemijahan. Namun, jangan lupa untuk memberikan pakan.
  • Setelah tahap pemijahan usai dan lobster air tawar betina telah bertelur. Kemudian, pindahkan lobster betina ke tempat pembenihan. Sementara, lobster jantan dikembalikan ke kolam.

Tahap Pembenihan

Di tahap pembenihan ini merupakan tahap di mana lobster air tawar betina melakukan proses pengeraman. Umumnya, tahap pembenihan ini terjadi selama 3 – 5 minggu sampai dengan munculnya benih-benih lobster yang menempel pada induk lobster betina.

Tahap Persiapan Kolam Lobster Air Tawar

Setelah induk lobster betina bertelur, selanjutnya adalah tahap persiapan kolam. Siapkan kolam untuk proses pembenihan. Pastikan, suhu kolam berada pada suhu 24 – 31 derajat celsius dengan pH 6 – 8.

Tahap Perawatan

Sama halnya dengan budidaya ikan lainnya, di tahap perawatan ini, peternak lobster air tawar harus merawat kondisi kolam ikan dan benih lobster air tawar dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan di tahap perawatan.

  • Pastikan, selalu menjaga kebersihan kolam sebanyak 2 – 3 hari sekali. 
  • Tambahkan suplemen untuk menjaga kebersihan air kolam. Pastikan, Anda rutin memberikan cairan suplemen setiap 10 hari sekali.
  • Rutin mengganti air kolam dan pipa paralon yang berfungsi untuk perkembangbiakkan atau tempat pemijahan lobster air tawar.

Tahap Pemeliharaan hingga Pembesaran Lobster

Pastinya, supaya lobster air tawar tumbuh dengan baik dan berkualitas, Anda harus memeliharanya dengan baik. Adapun hal-hal yang harus dilakukan di tahap pemeliharaan sampai dengan pembesaran lobster air tawar adalah sebagai berikut.

  • Pisahkan benih dengan induk betina lobster air tawar pada saat benih sudah menetas.
  • Di tempat pembesaran benih, pastikan Anda rutin memberi suplemen dan pakan. Umumnya, pakan yang diberikan adalah cacing beku atau cacing sutra. Berikan pakan sebanyak 3% dari berat lobster air tawar.

Tahap Panen Lobster Air Tawar

Perlu diketahui, Anda membutuhkan waktu 6 – 8 bulan untuk budidaya lobster air tawar. Umumnya, setelah 6 bulan benih lobster air tawar akan tumbuh besar dan memiliki berat mencapai 100 gram. Nah, saat berat lobster air tawar mencapai 100 gram, Anda dapat melakukan panen. 

Perhitungan Modal Budidaya Lobster Air Tawar

Perlu diketahui, modal budidaya lobster air tawar cukup terjangkau. Itu karena harga bibit lobster air tawar terjangkau dan mudah di dapat di wilayah tropis ini. Adapun perhitungan modal untuk budidaya lobster air tawar adalah sebagai berikut.

  1. Biaya pemeliharaan kolam berukuran 1 m x 1 m @35 unit kolam Rp8.000.000,00.
  2. Harga bibit lobster air tawar untuk 30 paket adalah Rp2.700.000,00.
  3. Harga pipa paralon untuk budidaya lobster air tawar Rp2.500.000,00.
  4. Biaya peralatan untuk budidaya Rp1.500.000,00.
  5. Biaya pompa air Rp4.000.000,00.
  6. 3 unit water heater untuk pemeliharaan kolam lobster air tawar Rp1.500.000,00.
  7. pH kit untuk kolam lobster air tawar adalah Rp500.000,00.
  8. Biaya pakan induk lobster air tawar 30 kg Rp3.000.000,00.
  9. Biaya pakan benih lobster air tawar 1.700 kg adalah Rp17.000.000,00.
  10. Dana cadangan Rp1.000.000,00. Umumnya, dana ini digunakan untuk biaya listrik dan biaya operasional lainnya.

Berdasarkan rincian perhitungan tersebut, total perhitungan modal untuk budidaya lobster air tawar adalah sebesar Rp40.700.000,00. Tentu saja, perhitungan modal awal tersebut akan terbayar dengan hasil panen. Dipastikan, selama kurang lebih 3 – 4 bulan, Anda akan balik modal.

Bagaimana menurut pendapat Anda, apakah Anda ragu untuk budidaya lobster air tawar? Pastikan, Anda selalu mengikuti step by step budidaya lobster air tawar supaya Anda mendapatkan untung yang berlimpah.