Cara Cek E-KTP Online maupun Offline

cek e-KTP

Sering kali masyarakat mengalami kendala pada e-ktp mereka, contohnya seperti belum valid yang dikarenakan seseorang tersebut pindah ke kota lain dan belum mengurus dokumennya kembali, maka dari itu perlu cek e-KTP agar dapat mengetahui jika KTP tersebut sudah valid atau belum.

KTP elektronik merupakan kartu kependudukan yang mempunyai sistem informasi yang akurat, aman dan lebih tertib secara administrasi dibandingkan KTP lama. Hal tersebut dikarenakan databasenya akan langsung terintegrasi pada Kementerian Dalam Negeri. Sistem pada KTP elektronik bertujuan dalam mengurangi kemungkinan pada seseorang yang mempunyai KTP ganda.

Mempunyai KTP lebih dari satu seringkali disalahgunakan dalam tindak kejahatan. Maka dari itu pada saat perpindahan KTP lama ke KTP elektronik para masyarakat akan diminta agar mengembalikan KTP lama milik mereka. Melalui sistem pemerintah akan dapat mengetahui apabila seseorang memiliki dua database berbeda.

urus KTP hilang

Maka dari itu penting untuk kita agar mengecek data diri, apakah data tersebut sudah ada di DUKCAPIL atau belum dan perlu dipastikan data tersebut sudah benar serta tidak disalahgunakan orang lain.

Umumnya melakukan pengecekan NIK digunakan untuk persyaratan mendaftar sekolah, CPNS, adn pengurusan surat penting lainnya secara offline yaitu dengan mengunjungi kantor DUKCAPIL untuk mengkonfirmasi data, akan tetapi seringkali kita tidak sempat untuk pergi kesana.

Maka dari itu telah disediakannya layanan untuk pengecekan KTP elektronik tersebut bagi masyarakat tanpa perlu untuk mengunjungi kantor DUKCAPIL. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengecek e-KTP secara online, yaitu:

Cek KTP pada website DUKCAPIL

Salah satu cara yang sering kali digunakan untuk mengecek e-KTP yaitu dengan cara membuka website Kemendagri atau juga website pemerintah dan dapat diakses melalui laptop dan smartphone. Berikut cara mengecek e-KTP melalui website Dukcapil:

  • Langkah pertama yaitu membuka website dukcapil.kemendagri.go.id
  • Kemudian pilih menu ‘ragam’ yang tertera di menu bar
  • Kemudian pilih menu ‘data kependudukan’
  • Setelah memilih data kependudukan langkah selanjutnya yaitu memasukkan 16 digit angka pada NIK Anda.
  • Jika hasilnya valid maka data Anda akan terlampir dengan lengkap pada laman tersebut.

Cek KTP di website DUKCAPIL daerah

Selain melalui website kemendagri, dapat juga melakukan pengecekan KTP melalui website milik pemerintah daerah. Website tersebut berbeda-beda dan tergantung pada wilayah domisili kependudukannya. Cara ini dapat menjadi pilihan apabila merasa sulit untuk mengakses website kemendagri.  Berikut cara melakukan pengecekkan KTP untuk daerah Kendal:

  • Buka website dispendukcapil.kendalkab.go.id
  • Kemudian pilih ‘cek NIK’
  • Masukkan 16 digit angka yang tertera pada KTP
  • Kemudian klik tombol ‘Cek NIK’
  • Cek KTP melalui WhatsApp dan SMS
  • Jika Anda merasa pengecekan NIK pada website tidak praktis, maka masih ada beberapa layanan lainnya yang dapat dilakukan contohnya mengirimkan pesan melalui WhatsApp atau SMS langsung pada nomor Kemendagri.

Cek KTP melalui Aplikasi

Melakukan pengecekan KTP elektronik juga dapat diakses melalui aplikasi yang terdapat pada Playstore maupun AppStore. Aplikasi tersebut juga beragam, namun Anda dapat mengetikkan pada kolom pencarian yaitu Cek KTP ID, kemudian akan keluar beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk pengecekan Nomor Induk Kependudukan.

Akan tetapi sebelum hendak mengunduh aplikasi, terlebih dahulu melihat rating dan review mengenai aplikasi tersebut. pasalnya aplikasi untuk pengecekan KTP belum banyak dan sering kali terjadi error pada saat menggunakannya. Apabila masih ragu maka lakukan pengecekan menggunakan cara lain.

Cek KTP dengan Media Sosial

Untuk mengecek e-KTP menggunakan Media Sosial terdapat beberapa cara yaitu:

  • Melalui Twitter

Untuk kalangan anak muda yang aktif menggunakan sosial media, pada saat ini dapat melakukan pengecekan e-KTP melalui sosial media. Anda dapat mengirimkan direct message pada platform Twitter Disdukcapil melalui akun @ccdukcapil, kemudian mengetikkan format pesan yaitu:NIK#Nama lengkap#Nomor KK#Nomor Telepon dan #Keluhan. Jika telah mengirimkan pesan makan perlu menunggu responnya saja.

  • Melalui Facebook

Apabila Anda tidak memiliki akun Twitter maka dapat menghubunginya melalui Facebook resmi Dukcapil yaitu Halo Dukcapil. Anda dapat mengirimkan pesan melalui inbox dan menggunakan format yang sama seperti mengirimkan pesan melalui Twitter.

  • Melalui Email

Selain pengecekan melalui Twitter dan Facebook, Anda juga dapat melakukan pengecekan melalui email dengan mengetikkan format seperti berikut:

#NIK#Nomor KK#Nomor Telepon#Keluhan

Jika telah mengetikkan format dengan benar kemudian kirimkan pesan tersebut pada callcenter.dukcapil@gmail.com  kemudian pesan Anda akan dibalas dalam waktu 1×24 jam.

Kemudian masih terdapat beberapa cara lainnya untuk melakukan pengecekan Nomor Induk Kependudukan tersebut. contohnya seperti memakai card reader KTP yang mana hanya terdapat pada kantor dinas maupun dukcapil bersangkutan.

Mesin card reader tersebut bekerja dengan cara membaca chip yang terdapat pada KTP elektronik. Kemudian Anda dapat mengetahui tentang data-data tersebut secara lengkap dan mudah. Namun Anda perlu melakukannya dengan datang langsung pada kantor dukcapil.

Kesimpulannya agar dapat cek e-KTP dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi langsung kantor Dukcapil atau secara online melalui website resmi Dukcapil, Sosial Media hingga melalui email.