Cara Cek Kuota 3

cek kuota 3

Provider di Indonesia ada banyak sekali, di mana setiap provider telah menyediakan kuota internet bagi pengguna smartphone. Salah satu provider yang banyak digunakan adalah 3 atau Tri. Sama seperti provider lainnya, Tri pun menyediakan kuota internet dan jaringannya pun dikenal luas. Apabila Anda menggunakan internet, sudah pasti akan mencari tahu cara cek kuotanya agar bisa mengontrol penggunaan. Lalu, bagaimana cara cek kuota 3 (Tri) ini? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Sekilas Tentang 3 (Tri)

Sebelum mengetahui cara untuk cek kuota provider 3 atau Tri, lebih baik Anda mengenal terlebih dahulu tentang provider yang satu ini. Jaringan provider Tri ini dikelola oleh perusahaan raksasa telekomunikasi asal Hongkong yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia. Tri berkomitmen memberikan pengalaman mobile internet yang berbeda untuk seluruh daerah di Indonesia dengan menyediakan layanan jaringan 4.5G.

Provider ini pun memberikan akses jaringan luas hingga 37.000 desa yang ada di beberapa daerah Indonesia dan menggunakan fiber optic sepanjang 16.000 km. Seiring dengan pertumbuhan internet pada tahun 2007, Tri pun berhasil masuk sebagai provider yang paling diminati. Di mana kala itu 95% penggunanya adalah anak muda.

cek kuota 3 tri

Hal inilah yang membuat Tri semakin dikenal luas dan mampu memberikan pengalaman mobile lifestyle provider yang mendapatkan nilai baik. Sekarang, penggunaan Tri sebagai salah satu provider di Indonesia pun terus berjalan dan semakin lama layanan yang diberikan juga membaik dan canggih.

Pilihan Cara Cek Kuota 3 (Tri)

Provider Tri memberikan banyak kemudahan untuk pelanggan dalam urusan cek kuota. Karena bagi pelanggan mengecek kuota secara berkala akan membantu mengontrol penggunaan internet setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kuota dari 3 (Tri):

  • Cek dengan SMS

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah dengan cek melalui SMS. Di mana cara yang satu ini tidak membutuhkan kuota internet. Caranya sangatlah mudah, Anda tinggal mengetik Info(spasi)data dan kirim ke 234. Tunggulah beberapa saat, nanti Anda akan mendapatkan balasan tentang rincian kuota yang tersisa berserta dengan jenis paket internet yang Anda pakai.

  • Cek dengan Dial Up

Cara selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk melakukan pengecekan kuota Tri adalah dengan Dial Up. Berikut ini adalah caranya:

  • Pertama, ketiklah *111# dan tekan tombol Call atau Hubungi.
  • Setelah itu akan muncul pilihan menu dan pilihan Cek Kuota dengan menekan tombol 2, lalu Send.
  • Kemudian, akan muncul pilihan menu lagi. Anda hanya tinggal memilih menu Kuota Data dengan menekan tombol 2, lalu tekan tombol Send.
  • Menu pilihan sekali lagi akan muncul dan Anda tekan tombol 1 untuk menu Cek Kuota.
  • Terakhir, pilihlah menu paket kuota internet yang Anda gunakan. Semisalnya Anda menggunakan paket Kuota Data Reguler, maka tekan tombol 1 dan Send.
  • Tunggulah beberapa saat, nanti akan ada SMS yang dikirimkan oleh pihak 3. Dalam SMS akan berisi sisa kuota yang ada serta masa berlakunya.
  • Cek Menggunakan Bima Tri

Untuk pengecekan kuota 3 (Tri) lainnya pun Anda dapat memanfaatkan aplikasi Bima Tri. Aplikasi ini memang dikhususkan bagi pengguna provider Tri. Untuk dapat mengecek sisa kuota, maka Anda dapat mengikuti cara berikut:

  • Download aplikasi Bima Tri di PlayStore atau AppStore
  • Setelah itu, lakukan registrasi dengan menggunakan nomor Tri yang Anda gunakan.
  • Anda akan menerima kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.
  • Masukan kode OTP dan klik Lanjutkan.
  • Anda pun bisa langsung melihat segala informasi dari sisa kuota, pulsa hingga bonus telepon dan SMS yang Anda miliki.
  • Cek Melalui Webiste Resmi

Anda juga bisa melakukan pengecekan kuota dengan melalui website resmi dari 3 (Tri). Berikut adalah caranya:

  • Masuk ke website bima.tri.co.id dan login ke akun yang Anda miliki. Apabila Anda belum mempunyai akun, maka Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  • Anda hanya perlu login dengan menggunakan nomor Tri yang digunakan.
  • Bila sudah masuk, maka Anda akan menemukan keterangan lengkap sisa kuota, pulsa yang dimiliki hingga SMS dan telepon yang Anda miliki.

Selain menggunakan 4 cara di atas, Anda juga bisa menghubungi customer service jika memang tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Anda dapat menghubungi CS Tri dengan menggunakan media sosial seperti Twitter, Instagram atau Facebook. Nanti Anda akan dibantu untuk bisa mengatasi masalah seperti tidak bisa melakukan pengecekan kuota dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara untuk cek kuota 3 (Tri). Perlu Anda ketahui bahwa provider yang satu ini menyediakan banyak paket internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahkan Anda bisa mendapatkan promo menarik mulai dari gratis SMS ataupun telepon. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.