Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

BPJS kesehatan dengan NIK

Selama Anda menjadi bagian atau peserta BPJS tentu akan memegang kartu BPJS yang menjadi bukti sebagai salah satu peserta dari program tersebut serta sebagai identitas keikutsertaan BPJS. Kartu ini wajib Anda simpan dan jangan dihilangkan, sebab untuk bisa menggunakan jaya layanan kesehatan dari program BPJS, Anda wajib menunjukan kartu peserta BPJS ini terlebih dahulu. Banyak diantara orang-orang yang ingin mengetahui cek nomor BPJS Kesehatan.

Di kartu tersebut sudah tersedia nomor BPJS dari setiap peserta BPJS yang biasanya digunakan untuk membayar iuran BPJS rutin tiap bulan. Nomor BPJS turut dipakai untuk bisa mengecek iuran BPJS serta mendapatkan informasi terkait BPJS. Jika Anda lupa, Anda bisa melihat nomor BPJS milik Anda di kartu BPJS yang dimiliki. Akan tetapi, apabila kartu tersebut hilang bagaimana cara untuk cek nomor BPJS ?

Anda tidak perlu cemas dengan hal tersebut, sebab di artikel kali ini akan mengulas dan memberi informasi terkait cara untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang dimiliki. Tentunya cara tersebut dapat Anda lakukan apabila lupa berapa nomor BPJS milik Anda. Ketika lupa dengan nomor BPJS, kondisi ini hanya butuh NIK pribadi Anda, yang dimana NIK bisa Anda temukan di KTP.

Lantas, apakah dengan hanya menggunakan NIK saja, apakah bisa menggunakan nomor lain? Banyak cara untuk bisa melakukan mengecek nomor BPJS Kesehatan yang Anda miliki. Akan tetapi mengecek nomor BPJS Anda lewat NIK merupakan metode yang sangat mudah untuk diterapkan, seab apabila Anda menggunakan NIP atau Nomor Induk Pegawai tentu harus memiliki profesi sebagai seorang pegawai setelah itu baru Anda bisa mengecek nomor BPJS lewat NIP. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara cek nomor BPJS melalui NIK yang ada di KTP berikutnya.

 

Cara Mengecek Nomor BPJS Melalui NIK

BPJS kesehatan

1.       Mengecek Nomor BPJS dengan NIK memakai aplikasi

Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi bernama Mobile JKN. Caranya sebagai berikut :

  •         Membuka aplikasi serta login akun terlebih dahulu
  •         Jika berhasil masuk pilihlah menu peserta
  •         Pilihlah jenis kartu yang Anda gunakan serta masukkanlah nomornya
  •         Pilih cari, nantinya nomor BPJS yang Anda butuhkan akan segera muncul

2.       Mengecek Nomor BPJS menggunakan NIK melalui situs

Situs dari BPJS Kesehatan tentu dapat diakses agar bisa Anda bisa cek nomor BPJS milik Anda sendiri lewat NIK KTP. Caranya seperti berikut :

  •         Masuk ke situs resmi BPJS Kesehatan lalu pilihlah menu “Cek Iuran BPJS”
  •         Tahap berikutnya Anda dapat menggunakan NIK, jika tidak Anda dapat memakai nomor BPJS dari anggota keluarga yang ada di KK
  •         Masukkanlah nomor yang ada dengan benar serta lengkapi dengan mengisi  tanggal lahir
  •         Langkah selanjutnya yaitu masukan kode validasi yang akan muncul pada layar lalu klik Cek.

3.       Mengecek nomor BPJS dengan NIK menggunakan SMS

SMS merupakan cara berikutnya untuk Anda yang ingin mengetahui nomo BPJS Kesehatan milik Anda pribadi. Berikut cara yang bisa Anda terapkan :

  •         Masuk ke tulis pesan lalu mengetik NIK (Spasi) NIK
  •         Pesan tersebut kirimkan ke Nomor layanan dari BPJS Kesehatan

4.       Mengecek nomor BPJS dengan NIK melalui social media serta call centre

Untuk mengetahui nomor BPJS milik Anda juga dapat dicek dengan melakukan pengiriman pesan lewat Instagram dengan format, mulai dari tanggal lahir, nama lengkap, serta NIK KTP pastinya.

Selain itu Anda juga dapat mengecek nomor BPJS dengan NIK lewat call centre. Anda bisa melakukan dengan menghubungi nomor call centre dan menyebutkan nama lengkap, NIK hingga tanggal lahir Anda.

5.       Mengecek nomor BPJS dengan NIK dengan mendatangi kantor BPJS langsung

Melakukan pengecekan nomor BPJS bisa Anda lakukan dengan datang ke kantor BPJS dan membawa NIK KTP pastinya. Ini bisa menjadi alternatif terakhir untuk Anda yang mungkin punya banyak kendala ketika menggunakan metode-metode sebelumnya diatas. Dengan menggunakan metode ini terdapat beberapa alur yang perlu Anda ketahui, yakni :

  •         Pertama Anda datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat
  •         Lalu mengambil nomor untuk antri serta menggu giliran Anda
  •         Jika sudah dipanggil, Anda bisa menyampaikan tujuan Anda datang ke kantor BPJS tersebut
  •         Setelah itu, Anda akan diminta untuk memperlihatkan NIK dari KTP
  •         Tidak lama dari itu, petugas akan menunjukan nomor BPJS Anda

 Itulah informasi  tentang  cara cek nomor BPJS Kesehatan yang mungkin akan berguna bagi Anda dan membantu banyak orang yang masih merasa bingung ketika ingin mengecek nomor BPJS ketika banyak orang-orang yang lupa atau kartu BPJS rusak dan sejenisnya. Dengan informasi yang ada pada artikel ini diharapkan bisa membantu Anda dalam hal pengecekan nomor BPJS kesehatan.